Menu

Profesi-Profesi Unik yang Dimiliki Barbie

Gaes, tahu nggak, sih? Tahun ini, Barbie merayakan hari jadinya yang ke-60. Ruth Handler, sang pendiri Barbie, pertama kali mendapat ide untuk membuat Barbie, ketika dia mengamati putrinya bermain dengan boneka kertas. Kemudian, dia mulai membuat versi 3D.

Nah, baru pada tahun 1959-an, Barbie pertama kali diciptakan. Ruth mengatakan bahwa Barbie adalah representasi dari pilihan yang dibuat dan ditentukan oleh para wanita.

Boneka favorit di kalangan anak perempuan ini telah memiliki lebih dari 200 profesi sejak debutnya tahun 1959. 200 jenis profesi ini membuat Barbie memiliki citra kuat sebagai wanita karier, wanita sukses, bukan hanya sebatas boneka favorit bagi anak-anak perempuan aja, gaes. Ragam profesi Barbie juga dimaksudkan untuk memberikan inspirasi bagi anak-anak perempuan untuk memilih dan mengejar profesi impian mereka saat dewasa nanti.

Itulah kenapa, sejak awal, Barbie memiliki beragam profesi yang seru. Mulai dari perawat, dokter, instruktur aerobik, hingga presiden. Berikut ini adalah 12 profesi unik yang dimiliki Barbie.

1. Fashion Designer 

Perancang Busana

Sejak memulai debutnya, profesi pertama Barbie adalah seorang perancang busana, gaes.

2. Ballerina

Ballerina

Pada 1961, dia memakai sepatu dansa untuk menjadi balerina. Seluruh filosofi Barbie yang Ruth buat adalah, dari boneka itu, anak-anak perempuan di dunia bisa menjadi apa pun yang diinginkannya. Dan Barbie selalu mewakili fakta bahwa seorang wanita memiliki pilihan, salah satunya menjadi Ballerina.

3. Pramugari

 Pramugari

Pada tahun yang sama (1961), Barbie juga mencoba karier di dunia lain—yaitu menjadi seorang Pramugari. Menjadi seorang Pramugari dituntut untuk selalu cantik, tinggi dan cerdas.

Menjalani profesi ini merupakan sebuah pilihan yang nggak sulit dan ngggak jauh dari gaya hidup Barbie yang fashionable dan glamour. Barbie pun menyukai profesi ini, sehingga dalam kisahnya menyebutkan bahwa Barbie sebagai seorang Pramugari terus diproduksi hingga tahun 1970-an. Gosip-gosipnya, nih.. Barbie bertemu Ken (sang Pangeran) saat menjadi Pramugari, lho.

Oyaa, di tahun tersebut, menjadi seorang Pramugari adalah profesi yang bergengsi.

4. Perawat

Perawat

Karier awal yang membuat Barbie disukai anak-anak perempuan adalah menjadi perawat. Pada tahun 1961 pula, Barbie dirancang menjadi perawat profesional.

Di masa itu, perawat masih didominasi oleh para wanita dan menjadi profesi favorit para wanita di seluruh dunia. Perawat adalah profesi yang nggak mudah dan sangat dihormati pada saat itu.

Pengabdian Barbie pada profesinya ini membuatnya semakin disukai banyak orang. Pilihan karier ini menjadi salah satu karier terbaik yang pernah dilakukan Barbie.

5. Wanita Karier

Wanita Karier

Tahun 1963 tampaknya menjadi tahun yang sangat sibuk bagi Barbie. Setelah menjadi Pramugari, Barbie dibuat menjadi seorang Wanita Karier yang cantik.

Tugas Barbie kali ini, nggak cuma mengejar karier atau untuk mencapai posisi pada puncak kariernya, gaes. Ada misi mulia dari profesi yang Barbie jalani. Hah? Misi apaan, tuh?

Saat menjadi wanita karier, Barbie dikaitkan dengan kampanye penyamarataan upah dan gaji bagi pegawai wanita di masa itu. Upaya tersebut semakin menguatkan Perusahaan Mattel, tempat Barbie diproduksi,  sebagai perusahaan yang mendukung penyamarataan hak pegawai perempuan di seluruh dunia. Wahh, keren, ya?

6. Astronot 

Astronot

Di tahun 1965, pihak Amerika Serikat dan Uni Soviet sama-sama sedang gencar melakukan misi ke luar angkasa dengan awak pesawat manusia. Maka di tahun tersebut, Barbie memutuskan untuk menjadi seorang Astronot. Sebuah pilihan yang sangat berani bagi seorang wanita cantik bukan?

Sayangnya, di masa itu, semua astronot yang melewati tes hanya diungguli oleh para pria aja. Nggak ada Astronot wanita yang lolos untuk terbang ke luar angkasa.

Fyi, Astronot wanita pertama justru muncul di Uni Soviet, yaitu Valentina Tereshkova. Sedangkan Amerika Serikat baru memiliki kandidat Astronot perempuan pada tahun 1983.

7. Dokter Bedah

Dokter Bedah

Siapa yang bercita-cita jadi Dokter? Barbie juga memiliki cita-cita mulia itu, lho. Dan Barbie berhasil mewujudkannya menjadi Dokter Bedah profesional.

Pada tahun 1973, profesi sebagai dokter masih didominasi para pria. Jumlah dokter wanita hanya 10 persen pada saat itu.

Maka bisa dikatakan, dengan adanya boneka Barbie sebagai Dokter, menjadi jalan bagi anak-anak perempuan yang memiliki cita-cita sebagai dokter untuk benar-benar terjun di bidang kedokteran.

Pada tahun 2007-2008-an, baru lah jumlah pelamar wanita di sekolah kedokteran mencapai angka 48,3 persen.

8. Atlet Olimpiade

Atlet Olimpiade

Tahun 1976, Barbie diminta untuk mempromosikan acara Olimpiade. Dia menjadi salah satu atlet yang memenangkan medali emas dalam bidang skating, ski dan berenang. Sebuah prestasi yang membanggakan bagi seorang boneka cantik seperti Barbie.

Selain memenangkan emas, Barbie mendorong para wanita untuk tidak takut berolahraga atau berkotor-kotor di lapangan. Pada masa itu, tidak banyak wanita yang mau terjun ke dunia olahraga. Namun Barbie membuktikan bahwa dia bisa mendapat medali emas dan tetap cantik sebagai wanita.

9. Instruktur Senam

Instruktur Senam

Dengan profesi yang sangat keren di tahun-tahun sebelumnya, keputusan Barbie menjadi seorang Instruktur Senam pada tahun 1984 dianggap sebagai kemunduran. Ini sebenarnya bukan keputusan mudah, karena banyak orang menganggap Barbie hanya mau bekerja di bidang yang mewah dan populer.

Akhirnya, Barbie memutuskan bahwa semua profesi itu menyenangkan—asal dilakukan dengan hati bahagia. Apapun pendapat orang tentang profesinya, Barbie tetap happy sebagai seorang instruktur senam.

Hal tersebut terbukti, hingga saat ini makin banyak wanita yang bangga sebagai Instruktur Senam atau Aerobik.

10. Tentara Militer

Tentara Militer

Pada tahun 1992, Barbie mengawali karier sebagai seorang tentara. Nggak tanggung-tanggung, boneka cantik ini langsung mengambil bagian di Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Yang lebih kerennya lagi, semua seragam yang dipakai Barbie sudah mendapat persetujuan Pentagon (markas besar tentara Amerika Serikat).

Barbie menunjukkan bahwa wanita punya peranan besar dalam menjaga perdamaian dunia dan bisa terjun ke dunia militer. Selain itu, hal ini juga menjadikan jalan bagi para wanita untuk mengikuti jejaknya.

11. Pembalap Mobil

Pembalap Mobil

Nggak banyak, lho, wanita yang mau menjadi pebalap mobil. Apalagi dii masa kini, cuma sedikit wanita yang mau.

Namun, di tahun 1998 Barbie mengambil langkah besar. Tepat pada perayaan ulang tahun NASCAR ke 50 tahun, Barbie memperkenalkan ke para wanita bahwa menjadi pebalap bisa menjadi karier menjanjikan.

Untuk mengangkat profesi ini di kalangan wanit, Barbie masih perlu bekerja keras. Salah satunya dengan memakai seragam pembalap. Nggak menyerah, Barbie kembali berkampanye di tahun 2009 dengan tema Barbie I Can Be... a Race Car Driver.

12. Calon Presiden

Presiden

Dari semua karier yang sudah bisa dinikmati wanita, salah satu karier yang masih sulit adalah menjadi Presiden. Coba kamu hitung, berapa banyak presiden di dunia yang berjenis kelamin wanita? Sangat sedikit sekali bukan?

That’s why, di tahun 2008, Barbie membuat gebrakan sebagai calon presiden. Boneka ini nggak tanggung-tanggung, dia sudah melakukan kampanye presiden pada tahun 1992, 2004, dan 2008.

Dia menjadi boneka yang berani menggebrak dunia sebagai calon Presiden. Semoga di masa yang akan datang, wanita lebih berani mengambil langkah karier di bidang politik, seperti Barbie, ya.

***

Itulah 12 profesi menarik yang dimiliki Barbie. Semoga bisa menginspirasi para kaum wanita untuk menggapai cita-citanya.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: arti.j-plus.co, businessinsider.co.za, cnn.com)

LATEST COMMENT
Shahfa Ananda | 9 menit yang lalu

apa aja sih kak jurusan yang berkaitan dengan fisika selain teknik sipil?

Daya Tampung SNMPTN 2019 di Universitas Brawijaya
Arif Alfon Gordon | 11 jam yang lalu

Jadi, ketika saya lulus sbm, harus saya lepaskan kak??

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
Achmad Choirul Huda | 13 jam yang lalu

Min jadi univ mau nerima kita dipilihan kedua kan? Banyak kabar hoax yg bilang gitu :(

Strategi Menentukan Pilihan Pertama dan Kedua pada SBMPTN 2019
Azizah Nur | 15 jam yang lalu

Bismillah maba oseanografi itb 2021:)). O iya kalo oseano di itb tesnya saintek atau soshum?

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
bae eristhaaak | 15 jam yang lalu

Wahh :') aku tahun ini gak keterima sma negeri walaupun nem bagus tapi karena zonasi dan kurangnya perkiraan. Tapi aku berusaha untuk yakin bahwa semua sekolah sama yang membuat beda adalah isinya atau diri kita sendiri walaupun bakalan masuk swasta semoga ini merupakan jalan terbaik dari tuhan.

Masuk SMA Favorit dan Unggulan, Penting Nggak, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©