Menu

Malas Menulis Blog? Lihat 10 Manfaatnya Dulu, Deh!

Gaes, pernahkah kamu mendengar kata “blog”? Wah, pastinya, kamu sering sekali, dong, mendengar kata tersebut. Tetapi, apakah kamu tahu, apa arti dari blog? Blog adalah sebuah singkatan dari web log. Web log atau blog ini merupakan bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Nah, aplikasi web ini tentunya dapat kamu akses menggunakan internet.

Mungkin, ada banyak orang yang apabila mendengar kata “blog”, mereka akan langsung berpikir tentang salah satu situs blog seperti blogger.com. Tetapi, perlu kamu ketahui, gaes, bahwa situs blog ada banyak, lho, misalnya seperti wordpress.com, weebly.com, tumblr.com dan sebagainya.

Nah, kamu sudah punya blog belum? Kalau sudah, apakah kamu sering mem-posting artikel di blog-mu? Harus kamu ketahui, nih, gaes, menulis di blog dapat memberikanmu banyak manfaat, lho. Oh iya? Ada apa saja, ya?

1. Blog bisa menjadi tempat untuk kamu belajar menulis

belajar menulis

Apakah menurutmu menulis merupakan suatu kemampuan yang semua orang bisa, gaes? Eits… Jangan salah. Ada seorang dosen yang bercerita kepada saya bahwa, ada, lho, anak kuliahan yang masih kurang bisa menuliskan apa yang dia pikirkan. Hal tersebut terlihat dari bagaimana kerapihan susunan katanya, apakah pembaca dapat menangkap maksud dari tulisannya dan sebagainya.

Menurut sang dosen, mahasiswa kesulitan dalam menulis karena jarang membaca buku dan juga jarang sekali melatih dirinya dalam hal menulis. Nah, dengan blog, kamu bisa banget, kan, gaes, belajar menulis sambil curhat-curhat? Hehe.

2. Blog merupakan tempat untuk melatih kreativitas

Wah, yang satu ini benar banget, gaes. Kalau kamu memilih blog untuk menulis cerpen, menulis artikel tentang self-development dan sebagainya, tentunya, blog menjadi tempat yang cocok untukmu. Bahkan, kalau kamu sering menulis blog, walaupun kamu tidak memiliki tema tertentu, tetap saja, kamu akan berpikir tentang tema apa yang ingin kamu tuliskan. Nah, kegiatan ini tentunya akan membiasakanmu untuk berpikir kreatif, gaes.

3. Dengan sering posting di blog, kamu tidak akan kaget dengan tugas kuliah

tugas kuliah

Tugas kuliah penuh dengan tulis-menulis, gaes, baik itu bikin makalah, menulis paper atau hanya sekedar essay. Kalau kalau kamu tidak terbiasa menulis, kamu pun akan merasa kesulitan ketika harus memaparkan pendapatmu atau hal yang kamu pikirkan ke dalam tugas-tugasmu.

Dengan sering posting tulisan di blog, kan, sama saja, seperti kamu mengasah kemampuan dalam hal memaparkan apa yang kamu pikirkan dalam bentuk tulisan. Nah, ketika kamu kuliah, kamu pasti menjadi terbiasa, dong, ketika menulis essay, paper, makalah bahkan skripsi.

4. Belajar disiplin dari blog

Nah, biasanya, ketika kamu menulis blog, kamu akan menargetkan jumlah artikel yang ingin kamu post dalam seminggu. Hal tersebut dilakukan, tentunya, agar traffic atau pembaca blog-mu tidak menurun. Nah, kamu pasti membuat jadwal untuk mem-post artikelmu, kan? Kalau kamu terbiasa mengikuti jadwal tersebut, maka, dapat dikatakan kalau kamu pun sedang belajar disiplin, lho.

5. Dapat membantu orang lain

membantu orang lain

Kalau kamu sering mem-post artikel tentang cara memasak suatu makanan, cara membuat sesuatu atau bahkan memberikan berbagai informasi kepada pembaca, well, bisa dikatakan kalau kamu membantu orang lain, lho.

Kok bisa? Ya, iya dong. Ketika kamu mem-posting berbagai macam informasi di internet, pastinya, informasi tersebut akan cepat sampai kepada orang-orang yang sedang membutuhkannya.

6. Diary yang tidak akan hilang

Hayo ngaku… Siapa yang punya diary bergembok? Hah? Diary bergembok? Hmm… itu, lho, buku diary yang punya gembok dan kalau kamu mau menulis atau mebaca sesuatu harus buka gemboknya dahulu dengan menggunakan kunci kecil.

Well, mungkin banyak orang memiliki diary semacam ini, dan pastinya, banyak juga, dong, diantara kalian yang suka lupa menaruh kuncinya? Nah, diary di blog ini, nggak akan hilang kayak kunci gembok buku diary, gaes. Apapun yang ada di internet, akan selalu ada di internet dan nggak akan hilang, jadi, kalau pun kamu mau curhat di blog, hati-hati, ya, gaes. Hehe.

7. Blog bisa menjadi sarana “personal branding

personal branding

Personal branding tuh, apa, sih? personal branding adalah ketika kamu memasarkan diri atau imej-mu secara individu. Nah, everything that you post in social media is your personal branding, gaes. apapun yang kamu post di media sosial adalah personal branding-mu. Kalau kamu menulis banyak informasi yang menarik dan berguna untuk orang banyak, berarti imej yang kamu tampilkan ialah kamu adalah seseorang yang suka membantu orang lain dan hal inilah yang menjadi personal branding-mu. Psst… Hal ini penting, lho, ketika kamu melamar kerja.

8. Blog bisa menjadi bahan introspeksi diri

Apapun yang kamu post di blog-mu dapat menjadi bahan introspeksi diri, gaes. Kalau kamu sering curhat hal-hal yang galau dibandingkan senangnya, maka, kamu bisa introspeksi dan memperbaiki diri untuk menjadi individu yang lebih bersyukur. Selain itu, kamu juga bisa mengintrospeksi kemampuan menulismu. Kamu bisa mengecek tulisan-tulisanmu di awal dan lihatlah, peningkatan apa yang terjadi dalam kemampuan menulismu dan hal apa saja yang perlu kamu tingkatkan.

9. Blog bisa memotivasi diri sendiri dan orang lain

dapat memotivasi

Yap, kalau kamu suka menulis hal-hal yang memotivasi, tentunya tulisanmu menjadi suatu bahan untuk orang lain dalam memotivasi dirinya. Kamu pun bisa menjadikan tulisanmu sebagai self-reminder atau suatu bahan untuk memotivasi dirimu. Misalnya, nih, ketika kamu sedang down, kamu bisa baca-baca ulang tulisanmu dan ingatkan kepada dirimu, bahwa kamu menulis hal tersebut untuk memotivasi orang lain dan tentunya hal tersebut harus berlaku juga untuk dirimu.

10. Blog bisa menjadi sumber penghasilan

Kalau kamu menulis blog-mu dengan kualitas yang bagus, tidak bolong-bolong alias rajin menulis sesuai jadwal yang kamu tetapkan dan menetapkan tema yang menarik untuk semua orang, pastinya, blog kamu bisa menjadi sumber penghasilanmu, gaes. Sumber penghasilan yang nantinya kamu dapatkan diperoleh dari AdSense. Kalau kamu merasa bahwa kamu memiliki konten yang bagus dan juga disiplin dalam mem-post artikel, kamu boleh, kok, untuk coba mendaftarkan akun blog-mu ke perusahaan AdSense seperti google AdSense.

***

Sebenarnya masih banyak, gaes, manfaat dari menulis blog, tapi cukup segini dulu, ya. Karena, menulis blog memiliki manfaat yang banyak, yuk, gaes, bikin blog dan rajin-rajinlah dalam mem-posting artikelmu. Semangat!

 

Baca juga:

(Sumber gambar: orangewebsite.com, gointothestory.blcklst.com, footage.framepool.com, thrieveglobal.com, brandyourself.com, realtyleadership.com)

LATEST COMMENT
Ryan Lissabilla | 2 jam yang lalu

Ga suka Matematika,Tapi suka otak atik

13 Ciri Kamu Cocok Kuliah di Jurusan Teknologi dan Komputer
Aditya Guntur | 8 jam yang lalu

Open endorse pria Instagram @guntur_g9

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Shahfa Ananda | 14 jam yang lalu

apa aja sih kak jurusan yang berkaitan dengan fisika selain teknik sipil?

Daya Tampung SNMPTN 2019 di Universitas Brawijaya
Arif Alfon Gordon | 1 hari yang lalu

Jadi, ketika saya lulus sbm, harus saya lepaskan kak??

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
Achmad Choirul Huda | 1 hari yang lalu

Min jadi univ mau nerima kita dipilihan kedua kan? Banyak kabar hoax yg bilang gitu :(

Strategi Menentukan Pilihan Pertama dan Kedua pada SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©