Menu

Data Pengguna Internet Tahun 2017 dan Apa Kesimpulan yang Bisa Diambil dari Data Tersebut

Penggunaan internet yang gila-gilaan di seluruh dunia bikin semua hal berubah dengan sangat cepat di era digital ini. Nah, berikut data penggunaannya.

Pengguna internet secara global: 

Lebih dari 3,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan internet, jumlahnya meningkat 38 juta orang sejak Januari 2017. Kenaikan ini menandakan bahwa penetrasi internet di seluruh dunia mencapai 51%, atau bisa dibilang orang yang pakai internet udah lebih banyak daripada orang yang nggak pakai internet.

Memang, sih, tahun 2017 peningkatan jumlah pengguna internet jauh lebih lambat daripada tahun 2016.

Dari 3,8 milyar orang, 2,9 milyarnya aktif menggunakan media sosial! Wow!

Pengguna media sosial secara global:

Sebanyak 110 juta orang mulai menggunakan media sosial selama tiga bulan belakangan. Ini artinya, pengguna media sosial terus meningkat sekitar 1 juta orang perhari, alias ada 14 orang yang bikin media sosial baru setiap detik! Gokil ya, sob?!

Dari total 2,9 milyar pengguna media sosial, sekitar 2,6 milyarnya mengakses media sosial mereka via mobile phones.

Pengguna perangkat mobile secara global:

Berdasarkan laporan dari GSMA Intelligence, pengguna perangkat mobile saat ini sudah mencapai 4,96 milyar. Sebentar lagi mencapai angka cantik 5 milyar, lho!

Penggunaan perangkat mobile udah jadi hal biasa hampir di semua negara. Bahkan, 2/3 dari populasi manusia di seluruh dunia, menggunakan perangkat mobile untuk kebutuhan sehari-hari. Smartphone udah menjadi kebutuhan primer, gaes. Hal ini juga berlaku buat kamu, kan? Ngaku deh!

Pengguna internet pada perangkat mobile:

Banyaknya smartphone dengan harga terjangkau yang dikeluarkan oleh berbagai brands, bikin penyebaran smartphone meningkat. Ini otomatis bikin pengguna internet pada perangkat mobile juga semakin meningkat. Saat ini, jumlahnya sudah mencapai 3.4 milyar di seluruh dunia.

Artinya, 93% dari pengguna internet secara keseluruhan sekarang udah “go online” via perangkat mobile.

Pembagian akses internet berdasarkan perangkat:

Nah, penggunaan internet dari laptop dan desktop terus menurun hingga hampir 20% dalam setahun belakangan. Jumlahnya hanya 43% dari total keseluruhan pengguna internet.

Penggunaan tablet juga terus menurun, lho. Ini bisa disebabkan karena orang semakin terbiasa “go online” dengan layar smartphone yang lebih kecil.

Karena jumlah pengguna internet via beberapa perangkat ini berubah, maka jumlah pengguna media sosial via perangkat tersebut juga berubah, gaes.

Pengguna aktif dari beberapa media sosial:

Menurut analisa Simon Kemp, seorang marketer di dunia digital, pengguna platform WeChat terus meningkat. Bahkan, aplikasi buatan Tencent ini udah mengungguli QQ menjadi platform media sosial yang paling aktif di Cina. WeChat menempati posisi ke-5 secara global. Padahal, pengguna paling banyaknya adalah warna negara Cina.

WhatsApp melaporkan punya 1,2 milyar penggguna aktif setiap bulan di seluruh dunia. Meskipun WhatsApp diklaim jauh lebih stabil dari Facebook Messanger, tapi penggunaannya masih jauh ketinggalan daripada platform media sosial punya Mark Zuckerberg ini, sob.

Sementara, Twitter yang katanya udah banyak ditinggalkan, masih bertengger di posisi 10 besar. Hampir menusul twitter, adalah Sina Weibo – sebuah plaform mikro blogging paling populer di Cina – sekarang punya pengguna aktif yang hampir sama ama Twitter setiap bulan (313 juta vs. Twitter 319 juta).

Ujung-ujungnya, Facebook terus mendominasi dunia media sosial dengan tambahan 97 juta pengguna dalam waktu tiga bulan terakhir. Artinya, Facbook punya lebih dari sejuta pengguna baru setiap harinya.

Analisa pengguna Facebook:

Setiap bulan, pengguna aktif Facebook mencapai 1,9 milyar orang dan 89% mengakses facebook lewat perangkat mobile. Sebanyak 61% dari total pengguna Facebook membuka aplikasi ini SETIAP HARI!

Negara dan kota pengguna Facebook terbanyak:

Lihat deh, gaes, Indonesia menempati negara keempat pengguna Facebook terbanyak. Sementara Jakarta adalah kota ketiga paling aktif dalam pemakaian Facebook. Orang Indonesia memang susah lepas dari media sosial, ya!

Meskipun Bangkok didaulat sebagai kota yang paling aktif, tapi titel ‘world’s most social country’ masih diklaim sama Filipina. Berdasarkan data dari GlobalWebIndex, orang-orang Filipina menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk aktif di berbagai media sosial, nggak hanya Facebook.

 

(Sumber gambar: in.techradar.com, linkedin.com)

LATEST COMMENT
Yunda Pazira | 44 menit yang lalu

Kalo tahub ini diambil, terus tahun depan ikut sbmptn gimana?? Takutnya aku bakalan sulit menjalani kehidupan kampus yg gak aku minati

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Muhamad Fauzi Permana | 1 jam yang lalu

Mau tanya juga kak, Saya kan dari SMK Jurusan Komputer Jaringan, Saya bingung mau ngambil Saintek/Soshum Test UTBK nya..

Q & A SBMPTN: Jadwal, Pilihan Prodi, dan Serba-Serbi SBMPTN 2018
Monica Sri | 2 jam yang lalu

Stress gua sama pelajaran biologi, padahal gua masuk ini supaya menghindari itungan, ternyata busetdah itungan nya seabrek, laporan gak kelar-kelar, berusaha enjoyed tapi stress gk ketulungan, dan buat badan ekstrak pegel banget

Serba-Serbi Menjadi Mahasiswa Biologi
Kenny Anaga | 2 jam yang lalu

Kak, kalau membatalkan pendaftaran UTBK gelombang 2, bisa mendaftar lagi nggak?

Panduan dan Jadwal Lengkap UTBK SBMPTN 2019
Dito Savero | 3 jam yang lalu

Anak ipa bisa masuk fsrd gak?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©