Menu

Daftar Hari Libur 2018 Plus Peringatan Hari Besar Nasional dan Hari Internasional

Mau ngapain di 2018? Youthmanual memberikan daftar hari libur serta hari-hari besar sebagai pegangan kamu dalam menyusun rencana sepanjang tahun. Info ini juga bisa memperluas wawasan dan kreativitas kamu, lho. Siapa tahu kamu mau bikin kegiatan di sekolah/kampus untuk memperingati 110 tahun Hari Kebangkitan Nasional atau menyambut Hari Buku.  

Tanggal merah di hari besar nasional dan liburan Sekolah/kampus 2018

Bakalan ada 7 long weekend serta hari libur lainnya untuk kamu pelajar dan mahasiswa. Bisa dong, cek promo tiket jalan-jalan dari sekarang. Cus!

Januari

* Tahun Baru 2018, Senin, 1 Januari. Long weekend (1)

* Sebagian kampus libur setelah semester ganjil di sepanjang Januari.

Februari

* Imlek, Jumat 16 Februari. Long weekend (2)

Maret

* Hari Raya Nyepi, Minggu, 18 Maret

* Hari Jumat Agung, Jumat 30 Maret. Long weekend (3)

April

* Paskah, Minggu, 1 April (Minggu)

* Karena awal akhir SMA dan SMK akan menyelenggarakan Ujian Nasional, maka kelas 10 dan 11 biasanya bakalan libur setidaknya 4 hari. Hore!

* Peringatan Isra’ Mi’raj,  Jumat, 13 April 2018. Long weekend (4)

Mei

* Hari Buruh, Selasa 1 Mei

* Kenaikan Isa Almasih, Kamis 10 Mei

* Libur awal puasa di sebagian sekolah, 16-19 Mei. Yang kuliah mah nggak, jangan ngarep. Hehe!

* Hari Raya Waisak, Selasa 29 Mei

Juni-Juli

* Hari Lahir Pancasila, Jumat 1 Juni. Long weekend (5)

* Hari Raya Idul Fitri, Jumat dan Sabtu 15-16 Juni. Long weekend (6), tapi umumnya berbarengan dengan libur sekolah hingga pertengahan Juli, plus cuti bersama untuk yang sudah kerja. Jadi yang mau pulang kampung bisa agak lega.

* Sebagian besar kampus libur semester mulai minggu ke 2 atau 3 bulan Juni. Umumnya libur berlangsung lebih dari 2 bulan. Jadi kamu bisa ikutan semester pendek, maraton film/game sampe bosen, atau kalau ada rejeki lebih, kamu bisa keliling dunia… fantasi.

Agustus

* Hari Kemerdekaan RI 2018, Jumat 17 Agustus. Ini merupakan peringatan HUT RI yang ke-73. Long weekend (7) 

* Hari Raya Idul Adha, Rabu, 22 Agustus

September

* Tahun Baru Islam 1 Muharam, Rabu 12 September

(Oktober nggak ada tanggal merah atau hari jadwal libur sekolah/kampus. CRY!)

November

* Maulid Nabi Muhammad SAW, Selasa 20 November

Desember

* Minggu ke-3 Desember liburan semester.

* Hari Raya Natal, Selasa 25 Desember

kalender dinding

Peringatan Hari Penting Nasional dan Hari Internasional

Januari

* Hari Gizi dan Makanan, 25 Januari

Februari

* Hari Pers Nasional, 9 Februari

* Hari Pekerja Indonesia, 20 Februari     

Maret

* Hari Musik Nasional, 9 Maret 

* Hari Film Nasional, 30 Maret   

* Hari Kehakiman Nasional, 1 Maret                       

* Hari Perempuan Internasional, 8 Maret                            

* Hari Kebahagiaan Internasional, 20 Maret. Hari tersebut ditetapkan oleh PBB tahun 2012, sebab kebahagiaan dinilai merupakan salah satu goal dalam mencapai kesejahteraan global.

* Hari down syndrome, 21 Maret yang ditetapkan bersama WHO tahun 2006.

* Hari Air Sedunia, 22 Maret

* Hari Meteorologi Sedunia, 23 Maret                   

April

* Hari Kesehatan Dunia, 7 April

* Hari Penerbangan Nasional, 9 April

* Hari Konsumen Nasional, 20 April         

* Hari Kartini, 21 April

* Hari Bumi, 22 April

* Hari Buku Sedunia, 23 April

Mei

* Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei. Bertepatan dengan hari lahirnya Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara pada 2 Mei 1889.           

* Hari Buku Nasional, 17 Mei

* Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei. Tahun 2018 ini merupakan peringatan Harkitnas ke-110.

* Hari Peringatan Reformasi, 21 Mei. Tahun 2018 merupakan peringatan reformasi yang ke-20.

Juni

* Hari Anak-Anak Sedunia, 1 Juni

* Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 5 Juni               

* Hari Laut Sedunia, 8 Juni           

* Hari Anti Narkoba Sedunia, 26 Juni

* Hari Keluarga Nasional, 29 Juni

Juli

* Hari Cokelat Sedunia, 7 Juli

* Hari Anak Nasional, 23 Juli

* Friendship Day, 30 Juli

Agustus

* HUT ASEAN, 8 Agustus

* Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, 10 Agustus

* International Youth Day, 12 Agustus

* Hari Pramuka, 14 Agustus

September

* Hari Polisi Wanita (Polwan), 1 September.  Tahun ini, Polwan berulang tahun ke-70. Polwan  terbentuk di Bukit Tinggi Sumatera Barat saat Indonesia menghadapi Agresi Militer II.

Kalau pengen tahu lebih banyak soal Polwan, cek di sini.

* Hari Aksara Internasional,  8 September

* Hari Olahraga Nasional, 9 September 

* Hari Palang Merah Indonesia, 17 September

* Hari Perdamaian Dunia, 21 September

* Hari Maritim Nasional, 23 September

* Hari Tani, 24 September

* Hari Kereta Api Nasional, 28 September. Pada tanggal  tersebut di tahun 1945 Angkatan Muda Kereta Api mengambil alih perkeretaapian  dari pihak Jepang.         

* Hari Sarjana Nasional, 29 September                  

* Hari Peringatan Gerakan 30 September 1965, 30 September. Memperingati wafatnya Pahlawan Revolusi. Masih terdapat perbedaan pendapat mengenai kejadian G30S tersebut.

Oktober

* Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober

* Hari Batik Nasional, 2 Oktober               

* Hari Kesehatan Jiwa, 10 Oktober           

* Hari Hak Asasi Hewan, 15 Oktober       

* Hari Pangan Sedunia, 16 Oktober

* Hari Dokter Nasional, 24 Oktober         

* Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa, 24 Oktober Memperingati Piagam PBB yang dideklarasikan pada tahun 1947       

* Hari Blogger Nasional, 27 Oktober      

* Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober. Tahun ini merupakan peringatan Sumpah Pemuda ke-90.

November

* Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional,  5 November

* Hari Pahlawan, 10November. Merupakan peringatan pertempuran Surabaya yang dipimpin Bung Tomo.

*  Hari Ayah, 12 November

* Hari Ikan Nasional, 21 November

* Hari Guru Nasional, 25 November

* Hari Menanam Pohon Indonesia, 28 November

Desember

* Hari AIDS Sedunia, 1 Desember

* Hari Anti Korupsi,  9 Desember

* Hari Hak Asasi Manusia, 10 Desember

* Hari Belanja Online Nasional, 12 Desember. Biasanya, online shop menggelar diskon yang lumayan, lho.

* Hari Bela Negara, 19 Desember             

* Hari Ibu Nasional, 22 Desember

* Hari Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad),    22 Desember    

(sumber gambar: htcampus.com, simpleshapes.com)

LATEST COMMENT
Maulida Nur Perdani | 3 jam yang lalu

bantu jawab ya.. kalau memang hanya minat di rumpun soshum, ambil soshum saja bisa kok, gak harus ipc ^^

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Anisa | 13 jam yang lalu

Kk aku kan dari jurusn ipa, tapi pas mau kuliah mau ngambil soshun, itu apakah harus utbk nya sohsun atau ipc kk?

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Tisam Ali | 20 jam yang lalu

Apakah masih bisa diubah? Jika ya, silakan coba di prodi yang lain. Namun apabila telah telanjur dan tidak bisa diubah, maka saran saya coba jalani. Bulatkan tekad untuk menjalani perkuliahan. Dari situ, kamu benar-benar dapat mengetahui apakah salah jurusan atau ternyata bisa dijalani.

Balada Salah Jurusan Kuliah dan Solusinya. Nggak Harus Pindah Jurusan, Kok!
Tisam Ali | 20 jam yang lalu

Hai Kristin, untuk teknis pengisian, bisa kamu tanyakan ke pihak kampus. Kebanyakan kampus sudah menerapkan pengisian berbasis komputer secara online. Ada pula yang masih mengisi secara manual (tertulis).

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©