Menu

Cara Menyikapi 10 Years Challenge Anti-Mainstream

Dari beberapa minggu yang lalu, ten years challenge menjadi suatu hal yang viral di media sosial. Mulai dari Instagram, Facebook dan Twitter, nggak ada satu pun media sosial yang nggak membahas challenge yang satu ini. Ten years challenge adalah sebuah tantangan yang mengharuskan kamu mem-posting fotomu yang sekarang dan fotomu sepuluh tahun yang lalu.

Pasti banyak dari kamu yang tertawa jika melihat ten years challenge dari teman-temanmu atau malah tertawa karena melihat ten years challenge dirimu sendiri. Memang, melihat perubahan drastis dari dirimu sendiri atau dari teman-temanmu dapat membuatmu tertawa terbahak-bahak . Gaya yang dulu menurut kita keren, di masa sekarang, gaya tersebut pasti dikata alay dan juga ketinggalan jaman.

Mungkin, untuk sekarang ini, ten years challenge terlihat menjadi sebuah ajang lucu-lucuan, ikut-ikutan hal yang sedang trend dan sebagainya. Tapi, tahu kah kamu? Ten years challenge juga bisa menjadi ajang untuk hal-hal lainnya, lho. Ada apa saja, ya?

1. Sebagai ajang memperbaiki diri

kembangkan diri

Yah, namanya juga ten years challenge. Dalam challenge tersebut pasti kamu flashback atau inget-inget ke masa lalu, kan? Nah, dengan flashback ke masa lalu, pasti kamu akan mendapatkan perbedaan-perbedaan di masa lalu dan di masa sekarang.

Misalnya, nih, umurmu dua puluh tahun, lalu kamu flashback ke sepuluh tahun yang lalu. Ketika umurmu masih sepuluh tahun, kamu masih merupakan seorang anak yang manja, masih belum mengerti tanggung jawab, nggak akan belajar kalau belum disuruh dan sebagainya.

Setelah kamu flashback ke masa lalu, coba kamu pikirkan dirimu di masa sekarang. Apakah hal-hal yang ada di masa lalu masih kamu lakukan hingga sekarang? Apakah kamu masih menjadi seseorang yang manja, belum mengerti tanggung jawab dan sebagainya? Kalau kamu masih memiliki sifat tersebut, yuk, perbaiki sifat-sifat tersebut.

2. Sebagai pengingat akan tujuan-tujuan yang belum tercapai

tujuan tercapai

Well, sebelum kamu berpikir jauh ke sepuluh tahun yang lalu, yuk, coba deh, kamu ingat-ingat hal-hal yang telah terjadi tiga atau lima tahun yang lalu. Dari tiga sampai lima tahun yang lalu, apakah ada tujuan-tujuanmu yang masih belum tercapai?

Kalau masih ada hal-hal yang belum tercapai, yuk, mulai dari sekarang usahakan untuk mencapai tujuan tersebut. misalnya, nih, tiga tahun yang lalu kamu memiliki tujuan yaitu ingin memulai suatu usaha kecil-kecilan. Namun, sampai saat ini, kamu masih belum juga mencapai tujuanmu tersebut. Nah, karena cita-citamu sudah tertunda selama tiga tahun, kamu mau menunggu apa, lagi? Segeralah memulai usaha kecil-kecilanmu.

3. Sebagai ajang untuk terus bersyukur

bersyukur

Dengan adanya ten years challenge, tantangan ini bisa menjadi ajangmu untuk bersyukur, lho. Kok bisa? Ya, bisa dong, gaes. Hal yang paling terlihat dan yang paling bisa kamu syukuri ialah kamu masih bisa mengikuti perkembangan zaman dan masih bisa memiliki smartphone untuk ikutan challenge ini.

Bagi kamu yang sudah berkuliah, tentunya kamu bisa bersyukur bahwa kamu telah merasakan pendidikan hingga tingkat tertinggi yaitu perguruan tinggi. Kamu harus tahu, lho, gaes, masih banyak orang di luar sana yang ingin berkuliah akan tetapi mereka tidak bisa merasakannya karena adanya keterbatasan.

4. Sebagai ajang untuk lebih maju

memajukan diri sendiri

Ketika kamu melihat masa lalumu, pasti kamu ingin menjadi orang yang lebih baik dan lebih maju dibandingkan dirimu di masa lalu, kan? Misalnya, nih, buat kamu yang berkuliah, sepuluh tahun yang lalu, kamu masih menjadi seorang anak kecil.

Ketika kamu masih kecil, pasti, kamu lebih suka bermain dibandingkan belajar, kan? Nah, karena kamu dulu lebih suka bermain daripada belajar, kamu pun akhirnya mendapatkan nilai yang nggak begitu bagus. Apakah kamu mau mengulang hal tersebut, gaes? Pastinya nggak, dong. Maka dari itu, sekarang kamu harus lebih maju dibandingkan di masa lalu. Kamu harus suka belajar atau paling nggak, dalam sehari kamu harus memiliki waktu untuk belajar.

5. Sebagai ajang untuk belajar hal baru

ajang untuk belajar hal baru

Yap! Di masa lalu, pasti kamu memiliki kemampuan yang lebih sedikit dibandingkan di masa sekarang. Misalnya, nih, sepuluh tahun yang lalu, mungkin, kamu nggak jago banget dalam hal menggunakan microsoft office. Tetapi sekarang, pasti kamu lebih ahli dalam menggunakan Microsoft office.

Hal tersebut tentunya dapat terjadi dikarenakan kamu yang terus belajar. Nah, coba deh dengan melakukan ten years challenge, kamu juga memikirkan hal-hal apa yang masih belum kamu kuasai. Misalnya, nih, sepuluh tahun yang lalu, kamu nggak bisa bahasa Inggris. Dan sekarang, kamu juga belom bisa-bisa banget, nih, dalam bahasa Inggris. Nah, karena hal tersebut, cobalah untuk terus belajar bahasa Inggris di level tertentu.

***

Ten years challenge nggak harus tentang upload foto di Instagram atau media sosial yang lain, kok, gaes. Ten years challenge bisa juga menjadi suatu ajang untuk flashback tentang diri sendiri. Dengan flashback ke masa lalu, kamu bisa memperbaiki dirimu yang sekarang dan kamu pun dapat lebih mensyukuri apa yang kamu miliki saat ini.

Baca juga:

(Sumber gambar: dribble.com, wordpress.com, withmartijn.com, indraconsulting.com, eduk8.esn.com, news4c.com)

LATEST COMMENT
Tisam Ali | 17 jam yang lalu

Yup, tapi jangan lengah. Harus tetap nge-gas alias semangat menyiapkan UTBK dari sekarang.

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Yusuf Cahyadi | 17 jam yang lalu

Akhirnya bisa bernapas lega :3

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dhea rahma | 20 jam yang lalu

Ka aku aliyah jurusan agama aja, bisa ga ngambil ipc? Aku pengen prodi psikologi kk bisa ga ya?

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Izzatin Nuriyah | 1 hari yang lalu

Kalau dari MAN terus dari jurusan keagamaan, apakah bisa masuk akpol?

Bercita-Cita Menjadi Polisi? Simak Cara dan Persyaratannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©