Menu

8 Manfaat Minum Kopi—Ternyata Bukan Cuma Supaya Kuat Begadang!

Di Indonesia, kopi identik dengan kehidupan malam karena di negara kita ini, kopi sering diasosiasikan dengan begadang demi belajar, lembur kerja, nonton sepakbola, hingga ngeronda siskamling.

Kopi juga identik dengan berbagai pengaruh negatif untuk tubuh, seperti menaikkan asam lambung, membuat jantung deg-degan, dan memicu kan-ker alias kantong kering. Ngopi-ngopi cantik mahal, gaes!

Nah, berita baik, nih, untuk kamu para pecinta kopi. Penelitian membuktikan bahwa minum kopi ternyata lebih banyak manfaatnya dibandingkan ruginya, lho. Bahkan ada lebih dari 20 penelitian yang menunjukkan bahwa peminum kopi dapat hidup lebih lama daripada mereka yang bukan.

Kalau saat ini kamu cuma minum kopi ketika harus begadang, baca, deh, delapan manfaat rutin minum kopi berikut ini.

Minum kopi bisa mencegah stroke

Sebuah studi terbaru dari American Heart Association menyatakan bahwa orang yang minum secangkir kopi per hari memiliki 20% penurunan risiko mengalami stroke selama satu dekade berikutnya. Penelitian ini adalah terobosan baru, karena sebelumnya teori ini identik dengan minuman teh.

Minum kopi bisa mencegah penyakit jantung

youthmanual - kopi

Selama dalam dosis yang sesuai, kafein ternyata bagus untuk jantung, lho, karena kafein bisa berefek positif pada sistem metabolisme kita. Soalnya kafein nggak hanya merangsang sistem saraf pusat tubuh, tetapi juga membantu melepaskan asam lemak dari jaringan lemak tubuh.

Dosis yang sesuai, tuh, segimana, sih? Sekitar dua cangkir kopi per hari, lah.

Minum kopi bisa mencegah bunuh diri

Sebuah studi yang dirilis oleh Universitas Harvard pada tahun 2013 menunjukkan hubungan antara minum kopi dengan risiko bunuh diri yang rendah.

Studi ini menemukan bahwa orang dewasa yang minum 2-4 cangkir kopi per hari mempunyai resiko bunuh diri 50% lebih kecil dibandingkan orang-orang yang nggak minum kopi. Kenapa? Soalnya kafein—dalam dosis yang sehat—bisa berfungsi seperti antidepresan ringan, karena kafein membantu otak kita memproduksi lebih banyak dopamine, serotonin dan noradrenalin, yang membuat tubuh jadi lebih santai.

Minum kopi bisa mencegah penyakit saraf

Minum kopi bisa membantu kamu menangkal penyakit saraf yang sering muncul seiring dengan bertambahnya usia. Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko 65% lebih rendah untuk terkena penyakit demensia dan Alzheimer. Peminum kopi juga memiliki risiko 32-60% lebih rendah terkena penyakit Parkinson.

Minum kopi bisa mencegah diabetes tipe 2

Sebuah studi di tahun 2004 menunjukkan bahwa minum kopi sebelum makan dapat menghasilkan glukosa yang lebih tinggi dalam tubuh kita. Hal ini pun menghasilkan resistensi insulin yang lebih tinggi, sehingga baik untuk pencegahan diabetes.

Minum kopi bisa membantu kamu membakar lemak

Kafein ternyata juga bisa meningkatkan 3-11% metabolisme tubuh, sehingga tubuh jadi lebih mudah membakar kelebihan lemak. Hore!

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi kafein dapat membantu membakar 10% lemak bagi mereka yang obesitas, dan membakar 29% lemak bagi mereka yang berat badannya normal. Dengan catatan, kalau kopi kamu nggak ditambahin gula dan susu ya, gaes, apalagi dalam jumlah berlebihan. Nah, minum kopi aja bisa bantu bakar lemak, gimana kalau ditambah olahraga? Yuk, ah, menuju singset 2016!

Minum kopi bisa membantu melindungi liver

Liver alias hati adalah organ vital yang sangat penting namun rentan penyakit (apakah itu sebabnya kita sering sakit hati? Huffft…. #bedasob). Kalau fungsi liver kamu sering terganggu oleh pengakit-penyakit hati, lama-lama kamu bisa terkena sirosis, alias terhentinya fungsi liver. Biasanya, sirosis bisa berkembang menjadi kanker liver.

Nah, rutin minum kopi bisa membuat liver kamu terlindung dari sirosis. Bahkan orang yang mengkonsumsi seenggaknya empat cangkir kopi sehari memiliki risiko sirosis 80% lebih rendah daripada mereka yang jarang minum kopi.

Minum kopi cantik bareng geng = anak muda kekinian

tanamera coffee

Suasana di Tanamera Coffee

Tetap nggak doyan kopi? Ah, mungkin karena kamu belum pernah nyobain seduhan kopi segar yang sesungguhnya! Makanya, ngopinya jangan kopi sasetan mulu, dong. Kalau lagi tanggal muda, coba, deh, kunjungi gerai-gerai kopi specialty seperti 1/115 Coffee, Tanamera Coffee, Goni Coffee, St Ali, dan gerai-gerai sejenis yang menghadirkan kopi Arabika berkualitas tinggi dan eksotis, baik dari Indonesia maupun negara-negara lain. Kamu pasti ketagihan! Lagipula, selain memang masih nge-tren, mengkonsumsi kopi specialty asal Indonesia bisa membantu kesejahteraan petani kopi dan memajukan industri kopi Indonesia.

Yang penting kamu harus selalu ingat, apapun yang terlalu banyak dikonsumsi pasti akan berdampak negatif. Jadi meski kopi punya segudang manfaat, jangan jadi dikonsumsi dengan lebay juga. Apalagi kalau dikonsumsinya bareng sianida. Amit-amit!

Disadur dari http://www.lifehack.org/355555/7-reasons-why-coffee-lovers-live-longer

(sumber gambar: www.hyhoi.com, www.innovativeos.com, majalah.ottencoffee.co.id)

LATEST COMMENT
Betta Agustina | 4 jam yang lalu

Kurang suka menghitung tapi suka lebih suka cari kesalahan atau suka memacahkan masalah

13 Ciri Kamu Cocok Kuliah di Jurusan Teknologi dan Komputer
Dwisat Wulandari | 6 jam yang lalu

Iya bener tuh lebih baik UTBK diadakan tahun depan biar siswa gak pusing "

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©