7 Kampus dengan Perpustakaan Terkeren di Dunia. Kamu Mau Mengunjungi yang Mana Nih?

Kalau udah di kampus, salahsatu spot yang paling sering disambangi oleh mahasiswa pasti adalah perpustakaan. Entah itu untuk belajar, atau sekedar nongkrong sambil baca buku bareng temen-temen, perpustakaan menjadi tempat yang asyik untuk menghabiskan waktu luang kamu di kampus. Apalagi kalau kampusnya adalah kampus-kampus yang terkenal dan favorit, nggak cuma jadi tempat belajar untuk mahasiswanya tapi perpustakaan juga bisa menjadi atraksi wisata, lho.

Makanya nih, gaes, nggak heran kalau banyak kampus yang membuat perpustakaan mereka se-cantik dan se-keren mungkin. Dan kali ini, Youthmanual mau merangkum 5 kampus top yang memiliki gedung perpustakaan terkeren di dunia! Cekidot.

1. Tama Art University Library – Tokyo, Jepang

Tama Art University Library menjadi salahsatu perpustakaan kamppus terbaik di dunia. Alasannya? Tentu karena desain bangunan dan arsitekturnya yang super ciamik, dong! Didesain oleh arsitektur kenamaan dari negeri sakura, Toyo Ito, bangunan perpustakaan ini terbuat dari perpaduan struktur beton dan kaca yang menghasilkan desain perpustakaan yang artsy dan estetik abis.

Well, namanya juga kampus seni. Nggak heran deh kalau perpustakaan ini bakal memberikan pengalaman yang super keren bagi pengunjungnya. Tertarik main ke sini?

2. Magdalen College Old Library, Oxford University – Oxford, Inggris

Salahsatu universitas paling beken di seluruh dunia ini ternyata nggak cuma terkenal karena prestasi dari mahasiswa dan alumninya yang cemerlang. Tapi, Universitas Oxford juga memiliki perpustakaan yang nggak main-main nih kerennya. Magdalen College Old Library, begitu nama perpustakaan ini, memiliki koleksi 11 juta buku. Wuih!

Nggak cuma itu, perpustakaan yang mendapat julukan sebagai permata mahkota perpustakaan dunia ini juga menyimpan hampir 20.000 buku-buku langka dan manuskrip tua yang kesemuanya terbit sebelum tahun 1800. Para book nerds di luar sana pasti puas banget deh kalau main ke perpustakaan ini.

3. Beinecke Rare Books & Manuscript Library, Yale University – Connecticut, Amerika Serikat

Perpustakaan ini merupakan sumber utama untuk mendapatkan arsip, manuskrip awal dan buku langka. Gutenberg Bible dan beberapa koleksi langka dari penulis terkenal seperti Charles Dickens, Erasmus, Rudyard Kipling, dna Goethe bisa kamu temukan di perpustakaan kece yang satu ini nih, gaes.

Kayaknya belajar sejarah di Beinecke Library asyik juga, ya?

4. Klarchek Information Commons, Loyola University – Chicago, Amerika Serikat

Berada di tepi danau Michigan yang terkenal itu, Klarchek Information Commons (KIC) menjadi perpustakaan dengan view terbaik yang pernah kamu temui. Dengan jendela besar yang menghadap ke arah danau yang tenang, mahasiswa dari Universitas Loyola—tempat perpustakaan ini berada—bisa menikmati sensasi belajar maupun ngerjain tugas yang nggak biasa.

Apalagi perpustakaan ini juga memiliki teknologi-teknologi canggih yang pastinya memudahkan pengunjungnya untuk mengakses setiap fasilitas dan koleksi yang ada. Cakep!

5. Philological Library, Free University of Berlin – Berlin, Jerman

Perpustakaan yang satu ini punya desain bangunan yang keren banget nih, gaes! Nggak main-main, didesain oleh Norman Foster, perpustakaan milik Free University of Berlin ini berbentuk sepertu otak manusia lho. Wuidih, kece banget ya?

Merupakan gabungan dari beberapa perpustakaan kecil, Philological Library kini memiliki koleksi manuskrip dari beragam bidang seperti: Sejarah Yunani Kuno dan Modern, Filsafat, Sastra Klasik Dunia, Sejarah Jerman, Sejarah Inggris, dan masih banyak lagi.

6. Gheorghe Asachi Technical University Library, Technical University of Iasi – Iasi, Romania

Pernah mendapat predikat sebagai Perpustakaan Terindah di Dunia, Gheorghe Asachi Technical University Library memiliki hampir 1 juta koleksi buku di dalamnya. Kalau melihat arsitekturnya yang sangat kental dengan nuansa klasik romawi kuno sih, nggak heran ya kalau perpustakaan ini pernah mendapat predikat tersebut.

7. James B. Hunt Jr. Library, North Carolina State University – North Carolina, Amerika Serikat

Percaya nggak, perpustakaan utama di North Carolina State University (NSCU) ini dibangun dengan 31% material yang berasal dari barang bekas. Kerennya lagi, perpustakaan ini juga menggunakan energi terbarukan yang pastinya ramah lingkungan banget nih.

Oh ya, buat para gamers atau calon game developer, James B. Hunt Jr library juga menyediakan laboratorium game yang bisa dimanfaatkan untuk studi mengenai pembuatan game dan... main game. Hehe.

(sumber: flickr.com, ritebook.in, pinterest.com, hermanmiller.com)

Baca juga:

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1