Menu

7 Dampak Positif yang Didapat dari Mengikuti Perlombaan

Selama kamu bersekolah dan berkuliah, apakah kamu sering mengikuti berbagai macam perlombaan, gaes? Lomba apa saja yang sering kamu ikuti? Pada tingkatan apa kamu mengikuti perlombaan tersebut? Terus, hasil akhirnya, bagaimana, gaes? Apakah menang atau malah sebaliknya?

Well, ketika saya masih berkuliah dulu, saya nggak pernah ikutan perlombaan apapun. Dan akhirnya, setelah saya lulus, saya baru merasakan bahwa perlombaan itu suatu hal yang perlu saya rasakan di masa-masa kuliah. Nah, buat kamu yang masih berkuliah atau baru mau berkuliah, kamu wajib banget, at least, mengikuti satu kali perlombaan.

Tanpa disadari, perlombaan dapat memberikanmu banyak dampak positif, lho. Hmm… Apa saja, ya, dampak positif yang akan kamu dapatkan dari perlombaan? Yuk, cek artikel berikut ini!

1. Belajar percaya diri

percaya diri

Yap, ketika kamu mengikuti suatu lomba, hal pertama yang harus kamu miliki ialah rasa percaya diri. Bagaimana kamu akan berkompetisi dan mengalahkan kompetitormu, jika kamu sendiri nggak memiliki rasa percaya diri? Dengan mengikuti berbagai macam perlombaan, secara nggak langsung, rasa percaya dirimu diasah, lho.

Untuk tampil di depan banyak orang, untuk mengirimkan tulisan ke orang lain untuk mengikuti lomba, untuk berbicara di depan banyak orang dan sebagainya bukanlah persoalan yang mudah. Nah, kalau kamu terbiasa mengikuti perlombaan, hal-hal seperti ini tentunya akan menjadi suatu hal yang sangat biasa terjadi. Nah, karena sudah terbiasa, maka tingkat kepercayaan dirimu pun akan bertambah.

2. Belajar berkompetisi secara positif

Selain mengajarimu untuk percaya diri, perlombaan pun dapat mengajarimu berkompetisi secara positif, lho. Maksudnya berkompetisi secara positif, tuh, apa, ya? Kompetisi positif adalah suatu keadaan dimana kamu merasa tertantang dan mau menjawab tantangan tersebut. Kamu akan berlomba untuk mencapai suatu kemenangan dengan cara yang baik, nggak melakukan kecurangan, nggak membenci kompetitormu dan lain sebagainya.

Kalau kamu terbiasa mengikuti perlombaan, pasti kamu pun akan terbiasa untuk melakukan kompetisi secara positif. Perlu kamu ketahui, nih, gaes, apapun statusnya, baik itu seorang mahasiswa atau seorang pekerja, kamu akan selalu menemukan kompetisi dalam kehidupanmu, lho.

3. Memberikan pengalaman

memberikan pengalaman

Yes, selain mengajarkanmu untuk berkompetisi secara positif dan percaya diri, perlombaan tentunya akan memberikanmu pengalaman. Misalnya, nih, kamu ikutan lomba basket antar sekolah. Kalau kamu nggak ikutan lomba tersebut, pasti kamu nggak akan tahu bagaimana rasanya pengalaman mengikuti lomba basket tersebut.

Contoh lainnya, kamu ikutan lomba menulis. Kalau kamu nggak pernah mau ikutan lomba menulis, pasti kamu nggak akan tahu apa saja yang harus dipersiapkan dalam perlombaan tersebut, kamu nggak akan tahu kriteria pemenang lomba tersebut seperti apa dan lagi-lagi, kamu nggak akan tahu bagaimana sensasinya mengikuti lomba menulis tersebut.

4. Meningkatkan kualitas diri

Baik kamu menang maupun kalah, kamu akan meningkatkan kualitas dirimu, kok. Kenapa bisa begitu? Karena di setiap perlombaan, kamu akan dituntut untuk selalu memberikan yang terbaik daripada yang sebelumnya.

Misalnya, nih, kamu ikutan lomba sepak bola. Kalau kamu menang, kamu akan melawan kompetitor yang tentunya lebih sulit dibandingkan dengan yang sebelumnya. Maka dari itu, kamu pasti akan berusaha lebih keras dan latihan lebih sering untuk memenangkan lomba tersebut. Kalau pun kamu kalah, saya yakin kamu akan termotivasi untuk melatih dirimu agar menjadi pesepakbola yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

5. Belajar kalah

Dulu, ketika saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar, guru olahraga saya selalu membuat pertandingan baik itu antar teman sekelas maupun antar kelas. Pertandingan tersebut ada banyak jenisnya, ada tanding main kasti, basket atau sepak bola. Ketika sudah ditentukan siapa yang menang dan siapa yang kalah, saya ingat betul, ada banyak teman-teman saya yang nggak terima dengan kekalahan.

Nah, karena sejak awal saya dan teman-teman saya dibiasakan untuk berkompetisi, akhirnya, kami pun sadar bahwa dalam kompetisi itu ada yang menang dan yang kalah. Kami nggak bisa selalu menang dalam suatu kompetisi. Akhirnya, kita pun belajar untuk menerima kekalahan.

Well, belajar menerima kekalahan ini nggak cuma anak Sekolah Dasar saja, lho, yang mempelajarinya. Bahkan, kamu-kamu yang sudah SMP, SMA bahkan kuliah pun harus belajar kalah agar kamu bisa menerima kekalahan.

6. Membantu menilai kekurangan dan kelebihan diri

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa dalam kompetisi pasti ada yang menang dan yang kalah. Ketika kamu menang dalam suatu kompetisi, hal tersebut tentunya dapat membantumu untuk menemukan kelebihanmu. Ketika kamu kalah dalam suatu pertandingan, kamu bisa jadikan momen tersebut sebagai ajang introspeksi untuk menemukan hal apa yang kurang dari dirimu.

7. Menjadi lebih tekun

tekun

Sang juara dapat meraih kemenangan tentunya dikarenakan kerja kerasnya dan juga ketekunan. Kalau kamu terbiasa mengikuti perlombaan, pasti kamu pun akan terbiasa untuk menekuni hal yang akan dilombakan. Nah, biasanya, sifat tekun ini akan terbawa ke kehidupan sehari-harimu.

Saya memiliki teman yang sering sekali mengikuti perlombaan. Kebetulan, teman saya yang satu ini merupakan atlet olahraga air dari Jakarta. Nah, karena ia terbiasa menekuni olahraga air tersebut agar keluar menjadi pemenang, kebiasaan ini pun akhirnya terbawa ke tempat kerja. Ia selalu mengerjakan semua tugas-tugasnya dengan tekun dan rapi.  

***

Wah, ternyata dengan mengikuti perlombaan, ada banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan, ya. Nah, kalau sudah tahu bahwa perlombaan akan memberikan banyak dampak positif pada dirimu, apakah kamu akan rutin mengikuti perlombaan di setiap tahun, gaes?

Baca juga:

(Sumber gambar: bbc.co.uk, allmindtools.com, diginomica.com, wordpress.com)

LATEST COMMENT
Intan Nur Septiani | 7 jam yang lalu

Opem endorse @tane.id

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

doa kok diumbar kentoddd

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

pataatttt

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

doa kok diumbarr

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©