Menu

7 Akibat Sering Menunda Pekerjaan

Banyak dari orang-orang yang suka menunda-nunda pekerjaannya. Ada yang menunda pekerjaan dikarenakan rasa malas, merasa memiliki waktu lebih, kurang disiplin dan masih banyak alasan-alasan lainnya. Nah, kalau kamu, termasuk orang yang suka menunda-nunda pekerjaan, bukan?

Sebenarnya, menunda-nunda pekerjaan atau bahasa kerennya yaitu procrastination, merupakan suatu permasalahan yang dimiliki oleh semua orang.  Ketika kamu memiliki suatu pekerjaan dan kamu malah memilih untuk melakukan sesuatu yang tidak begitu penting terlebih dahulu dibandingkan mengerjakan tugasmu, itu lah procrastination.

Walau pun kamu memilih untuk mengecek Instagram selama lima menit dibandingkan untuk mengerjakan tugas, tetap saja, gaes, kamu telah melakukan penundaan terhadap pekerjaanmu. Padahal, waktu lima menit itu bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan tugasmu, lho.

 Memang, sih, procrastination atau menunda-nunda pekerjaan merupakan masalah untuk semua orang, tapi, bukan berarti hal tersebut merupakan permasalahan yang remeh, ya, gaes. Dengan menunda-nunda pekerjaan, kamu bisa terkena beberapa dampak negatif, lho. Nah lho, ada apa saja ya?

1. Kerjaanmu semakin menumpuk

Ketika kamu tidak mengerjakan tugasmu secepatnya, yang ada kamu akan “menabung” tugas, lho, gaes. Yang tadinya tugasmu hanya satu, tiba-tiba bisa menjadi dua atau lebih. Misalnya, nih, di hari Senin, gurumu memberikanmu tugas untuk dikumpulkan di hari Jumat. Mungkin kamu akan berpikir kalau kamu masih memiliki empat hari untuk mengerjakannya, akhirnya kamu menunda untuk mengerjakan tugas tersebut.

Setelah melewati hari Selasa, Rabu, Kamis, ternyata, gurumu yang lain pun memberikanmu tugas-tugas yang baru. Seharusnya kamu hanya mengerjakan satu tugas saja, eh, malah jadi banyak karena kamu menunda tugasmu. Kalau seperti itu, siapa lagi yang direpotkan? Tentunya dirimu sendiri, kan?

2. Tidak mengerjakan tugas secara maksimal

tidak mengerjakan tugas secara maksimal

Kalau kamu menunda pekerjaanmu, pekerjaan-pekerjaanmu akan semakin menumpuk. Kalau sudah menumpuk, kemungkinan, kamu akan mengerjakannya di waktu yang sama. Ketika kamu mengerjakan beberapa pekerjaan di waktu yang sama, pasti kamu tidak mengerjakannya semaksimal mungkin karena tujuanmu yaitu untuk segera menyelesaikan semua pekerjaanmu.

Misalnya, nih, beberapa ujianmu di kampus merupakan paper atau essay yang bisa dikerjakan di rumah dan kamu diberikan tenggat waktu sekitar dua minggu. Kamu berpikir kalau tugasmu dapat dikerjakan nanti. Tanpa disadari, dosen-dosen lain pun memberikan ujian yang sama dengan tenggat waktu yang sama pula.

 Pastinya, kamu akan merasa pusing dengan tugas-tugas tersebut, kan? Bukannya mengerjakan tugasmu sebaik mungkin, eh, kamu malah mementingkan semua tugasmu selesai dan tidak memikirkan bagaimana hasilnya. Kalau seperti itu, siapa lagi yang dirugikan? Tentunya dirimu sendiri, kan?

3. Merasa semakin malas

Ketika kamu menunda pekerjaanmu, sama saja seperti kamu “menabung” tugas. Karena pekerjaan yang menggunung, akhirnya kamu pun merasa malas dan bingung untuk memulai pekerjaanmu. Selain itu, yang tadinya kamu memiliki ide dan motivasi untuk mengerjakan tugasmu, karena penundaan, akhirnya ide dan motivasi tersebut hilang dimakan waktu.

Misalnya, nih, kamu punya tugas kuliah yaitu membuat paper dan kamu bebas memilih tema apapun. Kamu memiliki tenggat waktu yang cukup lama, namun kamu menundanya. Pada saat dosenmu memberikan tugas, pasti kamu sudah mulai memikirkan tema apa yang ingin kamu bahas.

Karena kebiasaan menunda pekerjaan, akhirnya, ide yang nggak segera kamu tulis pun, segera terlupakan. Kamu pun pasti kehilangan motivasi karena sudah terlalu lama menunda pekerjaanmu. Setelah kehilangan ide dan juga motivasi, lalu apa yang terjadi selanjutnya? Yap! Kamu akan merasa malas untuk mengerjakan tugasmu. Kalau seperti itu, siapa yang akan merasa capek karena harus berpikir dua kali? Tentunya, dirimu sendiri, kan?

4. Tidak menggunakan waktu secara maksimal

tidak menggunakan waktu secara maksimal

Ketika kamu menunda pekerjaanmu, dengan mudah dikatakan kalau kamu tidak menggunakan waktumu secara maksimal. Lho, kok, gitu? Ya, iya dong. Kamu diberikan tenggat waktu untuk mengerjakan sesuatu, akan tetapi kamu tidak segera mengerjakannya, maka waktu yang kamu miliki telah terbuang sia-sia.

Misalnya, nih, ketika kamu mengerjakan tugas sekolah, kamu masih menyempatkan diri untuk buka Instagram, facebook bahkan Youtube. Pada awalnya, kamu akan berjanji untuk mengecek semuanya dalam lima menit, tapi nyatanya? Pasti kamu mengeceknya lebih dari lima menit. Dengan lima menit, kamu bisa mengerjakan satu atau dua soal, lho. Tapi, karena kamu keasyikan mengecek media sosial, akhirnya kamu belum menyelesaikan satu soal pun. Kalau seperti itu, siapa yang akan merasakan kerugiannya? Tentunya, dirimu sendiri, kan?

5. Panik dan stres

Karena sering menunda pekerjaanmu, tanpa disadari, pekerjaanmu sudah menumpuk. Setelah kamu melihat tugasmu yang menggunung, akhirnya kamu merasa panik dan tertekan. Lalu, kamu bingung harus memulai pekerjaanmu dari yang mana dahulu karena saking banyaknya.

Karena panik dan banyaknya pekerjaan yang harus kamu selesaikan, hal tersebut bisa membuatmu stres, lho. Ya, siapa, sih, yang nggak stres ketika melihat pekerjaan yang menggunung? Pasti semua orang merasakannya. Kalau seperti itu, siapa yang akan merasakannya? Tentunya, dirimu sendiri, kan?

6. Kesehatan menurun

kesehatan menurun

Dengan menunda pekerjaanmu, kamu akan menumpuk pekerjaanmu. Setelah menumpuk pekerjaanmu, akhirnya kamu panik dan stres karena melihat banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Mau tidak mau, kamu harus mengerjakan semua pekerjaanmu dengan sistem kebut.

Demi mengerjakan pekerjaanmu, akhirnya kamu rela untuk bergadang. Panik, stres dan ditambah bergadang, pasti akan berdampak buruk pada kesehatanmu. Menurut sebuah penelitian yang dilansir dari kompas.com, dengan menunda pekerjaan  dapat meningkatkan resiko insomnia hingga tiga kali lipat. Dengan begadang, yang biasanya otakmu harus beristirahat, malah dipacu untuk terus bekerja. Kalau seperti itu, siapa yang akan merasakan sakit? Tentunya dirimu sendiri, kan?

7. Menjadi tidak disiplin

Nah, dengan semua pekerjaanmu yang ditunda-tunda, akhirnya semuanya mempengaruhi dirimu mulai dari kesehatan yang menurun, penggunaan waktu yang tidak maksimal, pekerjaanmu yang tidak maksimal dan sebagainya. Karena hal tersebut, akhirnya kamu menjadi seseorang yang tidak disiplin. Memangnya enak menjadi seseorang yang disiplin? Tentunya, nggak dong.

***

Ternyata, menunda pekerjaan yang mungkin menurut banyak orang merupakan suatu hal yang sepele, bisa memberikan dampak negatif yang banyak sekali, ya. Nah, mulai dari sekarang, jangan tunda-tunda lagi pekerjaanmu, ya!

Baca jgua:

(Sumber gambar: blogspot.com, corporatefinanceinstitute.com, globalestik.com, stcolmcilles.ie)

LATEST COMMENT
Ahmad Faidoli Siregar | 6 jam yang lalu

Apa bisa modal jago gambar kita masuk jurusan arsitektur?

5 yang harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Arsitektur
Cindy Tan | 9 jam yang lalu

Semoga lolos dan keterima SBMPTN ke UI 2019

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Hawwa 'Ainaa | 11 jam yang lalu

Saya sma jurusan ipa, apakah bisa masuk fsrd lewat jalur snmptn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau bertanya. Boleh nggak mengambil 1 prodi saja di 2 PTN berbeda?

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau tanya. Boleh nggak mengbila 1 prodi pada 2 PTN yang berbeda? Sekian terima kasih!

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©