6 Toko Tak Terduga Untuk Mendapatkan Pernak-Pernik Pesta dan Kerajinan Tangan

Di Indonesia, toko yang menjual dekorasi pesta, perlengkapan crafting, dan pernak-pernik DIY memang nggak banyak. Seenggaknya, nggak sebanyak di luar negeri. Kalaupun ada toko yang khusus menjual barang-barang tersebut, harga barang-barangnya relatif mahal. Tapi ternyata, dekorasi pesta, perlengkapan crafting, dan pernak-pernik DIY bisa kamu temukan di tempat-tempat tak terduga, lho, seperti di…

Toko Bahan Kue

Nope, kamu nggak cuma bisa belanja di toko bahan kue untuk bikin dessert. Di toko bahan kue, kamu bisa beli cup kertas untuk kue atau cokelat, muffin cup, piring dan gelas kue, kertas doily (kertas dengan potongan berenda yang sering dipakai untuk alas kue), dan sebagainya. Semua dalam berbagai ukuran, warna, serta motif.

Kertas doily yang cantik.

Nah, perlengkapan tersebut bisa kamu kreasikan menjadi banner, garland (hiasan yang digantung dengan tali), dekorasi pesta, hingga pajangan kamar.

Kalau mau dapat perlengkapan yang harganya lebih murah, coba kunjungi toko bahan kue yang nggak terlalu besar. Soalnya, barang-barang di toko yang sudah beken biasanya agak mahal, meskipun tokonya memang lebih nyaman, teratur, dan memberikan lebih banyak pilihan.                     

Toko Buku

Yes, di toko buku lah kamu bisa berburu kertas lucu! Dari mulai kertas kado, kertas lipat motif, karton, krep, hingga kertas daur ulang. Kalau di toko scrapbook, aneka kertas begini harganya jauh lebih mahal!

Kertas-kertas ini bisa kamu kreasikan jadi macam-macam, mulai dari pompom, latar belakang serta properti photo booth, dan sebagainya.

pompom diy

Pompom dari tissue paper. Saya sempat kebingungan mencari tissue paper, karena nggak tersedia di semua toko buku, tapi ternyata bisa diakali dengan memakai kertas krep untuk membuat pompom.

Selain aneka kertas, kamu pun bisa mendapatkan washi tape alias selotip dalam berbagai motif, gunting dengan permukaan zig-zag, dan bermacam peralatan DIY lainnya di toko buku. Tips dari saya, jangan cuma hunting di bagian stationary aja. Di pojok perlengkapan anak atau kartu ucapan juga suka ada juga pernak-pernik lucu, lho.

Washi tape.

Pasar

Yup! Di pasar juga ada craft supplies bagus, lho, seperti perlengkapan pesta, balon, kertas kue serta kertas kado. Harganya lebih miring, pula! Pokoknya siapkan diri aja untuk ngubek-ngubek lorong pasar dan melakukan sesi tawar-menawar harga.

Stall atau Gift Shop

Di mal ‘kan sering ada booth yang menjual aneka kado, aksesoris, dan pernak-pernik, tuh. Nah, siapa tahu kamu menemukan “harta karun” di sana. Barang-barang yang dijual di booth tersebut pun biasanya cukup unik karena spesifik. Misalnya, ada booth yang khusus menjual pernak-pernik impor dari Jepang, Cina atau Korea, ada juga booth yang khusus menjual pernak-pernik buatan seller-nya sendiri.

Sementara di gift shop, kamu bisa mendapatkan aksesoris yang bisa dipajang sebagai dekorasi atau digunakan sebagai properti photo booth, seperti kalung, frame kacamata seru, hiasan kepala lucu, dan sebagainya.

Homeware

Jangan kira toko perlengkapan rumah tangga itu boring, lho. Ada aja, kok, pernak-pernik yang bisa kamu temukan di sana, terutama peralatan yang bisa membantu kamu crafting. Misalnya, lem untuk tembok, alat bor mini, serta berbagai macam tali yang bisa kamu gunakan untuk menata dekorasi.

toko homeware

Toko Bahan Kain, Renda, Payet

Kamu bisa menggunakan manik-manik, kancing, renda dan batu-batuan untuk memperindah hasil kerajinan tanganmu. Toko buku dan toko craft juga menjual pernak-pernik ini, sih, tapi koleksinya nggak selengkap di toko bahan renda dan payet.

Selamat berburu dan berkreasi!

(sumber gambar: cosca.org, etsy.com, darlingdoodledesign.com, thisweekmumbai.com, Facebook/Scoop, cincinnatiusa.com, aliexpress.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1