Menu

6 Manfaat Networking yang Perlu Kamu Ketahui

Kalau kamu mencari artikel mengenai hal apa yang harus kamu lakukan ketika kamu berkuliah, pastinya, banyak artikel di youthmanual yang menyarankan kamu untuk aktif berorganisasi selama kuliah. Kenapa, sih, kok, kamu harus aktif berorganisasi selama kuliah? Karena dengan berorganisasi ketika kuliah, akan memberikanmu banyak manfaat yang tentunya dapat membantumu di masa depan. Nggak hanya saat kuliah saja, ketika kamu bersekolah pun, kamu juga harus aktif pada suatu organisasi, ya!

Salah satu manfaat dari aktif berorganisasi ialah manfaat networking. Wah, duh, apaan, tuh, ya, manfaat networking? Well, networking itu sendiri memiliki arti yaitu “jaringan”. Sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial, jaringan menjadi suatu hal yang penting dan harus dimiliki oleh setiap orang. Jaringan ini tentunya akan banyak membantu seseorang dalam kehidupannya. Maka dari itu, gaes, mulai dari sekarang, cobalah untuk berteman dengan banyak orang dan buatlah jaringan sosialmu sendiri.

Memangnya, networking atau jaringan ini merupakan suatu hal yang sangat penting, banget, ya? Jika dilihat dari manfaatnya, jaringan ini memiliki banyak sekali manfaat yang tentunya sangat penting untuk di kemudian hari, lho. Hmm… Penasaran sama manfaat dari membangun jaringan pertemanan? Kalau penasaran, cek poin-poin berikut ini dengan seksama, ya!

1. Belajar berkomunikasi

belajar komunikasi

Yap, ketika kamu memiliki jaringan pertemanan yang luas, kamu akan belajar berkomunikasi yang baik dari hal tersebut. Bayangkan ketika kamu berkuliah, kamu pun aktif dalam berorganisasi. Dalam suatu organisasi di kampus, pastinya, akan terdiri dari orang-orang yang berada di semester yang berbeda-beda. Bisa saja kamu pada saat itu menjadi anggota organisasi yang termuda karena kebanyakan teman-temanmu sudah berada di semester atas.

Nah, karena kamu akan memiliki teman yang berada di semester yang berbeda-beda, pastinya, kamu akan memiliki cara berkomunikasi yang berbeda dengan teman-teman yang seumuran atau yang satu semester. Belum lagi kalau kamu akan bertemu dengan banyak alumni dari organisasimu, pastinya caramu berkomunikasi akan berbeda lagi.

Nah, dari jaringan tersebut, tentunya kamu akan belajar untuk bagaimana, sih, berkomunikasi dengan baik dengan orang lain. Kamu juga akan belajar untuk berbicara di depan banyak orang dengan cara yang baik dan benar dan sebagainya.

2. Memiliki teman diskusi dengan berbagai macam perspektif

memiliki perspektif yang berbeda-beda

Ketika kamu memiliki jaringan sosial yang luas, pastinya, kamu akan memiliki banyak teman untuk berdiskusi berbagai macam hal baik itu hal yang bersifat pribadi maupun yang bersifat pelajaran-pelajaran sekolah atau kuliah. Nah, ketika kamu belajar pelajaran sekolah, kamu akan memiliki banyak cara-cara baru untuk menyelesaikan tugas-tugasmu ketika kamu mempelajari pelajaran tersebut bersama-sama.

Begitupun ketika kamu membahas suatu pelajaran di kampus bersama teman-temanmu, pasti, kamu akan menemukan berbagai macam perspektif tentang suatu hal atau tentang suatu teori yang ada di pelajaranmu. Nah, dengan mendengarkan perspektif dari teman-temanmu, kamu akan memiliki sudut pandang yang bermacam-macam ketika melihat suatu fenomena. Sehingga, ketika nanti kamu menemukan suatu masalah, kamu jadi terbiasa untuk melihat masalah tersebut dalam sudut pandang yang berbeda-beda. Dengan begitu, kamu akan menemukan berbagai macam cara penyelesaian dari masalah tersebut.

3. Punya informasi yang luas

Ketika kamu memiliki banyak teman, kamu pun mendapatkan banyak informasi dari teman-temanmu. Yap, salah satu manfaat dari jaringan sosial, kamu akan mendapatkan banyak informasi dari teman-temanmu. Kamu akan mendapatkan berbagai macam informasi dari teman-temanmu, lho, seperti informasi beasiswa, informasi tentang UKM bahkan informasi-informasi topik obrolan yang sedang hangat dibicarakan di lingkunganmu.

Nah, kalau kamu nggak mau ketinggalan informasi tentang apapun, selain aktif mencarinya di internet, kamu juga harus memiliki teman yang banyak untuk mendapatkan informasi yang beragam. Dengan mengetahui berbagai informasi, kamu nggak akan, deh, dicap sebagai orang yang kudet alias kurang update, hehe.

4. Membuka peluang

Nah, selain kamu akan mendapatkan berbagai macam informasi, kamu juga bisa membuka peluang, lho. Nah, peluang seperti apa, sih, yang dimaksud disini? Well, peluang disini bisa berarti peluang belajar suatu hal yang baru, peluang mengikuti suatu perlombaan, peluang untuk mengikuti suatu kegiatan sukarela, peluang untuk mengikuti suatu beasiswa dan sebagainya. Yang jelas, peluang yang diberikan disini merupakan peluang yang dimana kamu dapat mengasah dirimu sendiri.

Nah, bayangkan kalau kamu nggak memiliki jaringan yang luas, mungkin, kamu nggak akan memiliki peluang yang banyak karena kamu hanya mengandalkan segelintir orang dan informasi dari internet. Tetapi, kalau kamu memiliki jaringan yang luas, kamu nggak hanya mengandalkan segelintir orang saja, melainkan kamu memiliki banyak peluang yang diberitahukan oleh banyak orang.

5. Dapat belajar banyak pengalaman

Ketika kamu memiliki teman yang banyak, pasti, banyak dari mereka juga yang sering menceritakan pengalamannya, entah itu pengalamannya berorganisasi, pengalamannya ketika diajarkan oleh suatu guru atau dosen, pengalamannya dalam mengikuti berbagai kursus dan pengalaman-pengalaman lainnya. Nah, dari sini, kamu bisa banget, lho, belajar dari pengalaman-pengalaman mereka.

Misalnya, nih, kamu belum pernah mengikuti tes TOEFL, akan tetapi, ada banyak dari teman-temanmu yang sudah pernah mengikuti tes ini. Dengan begitu, kamu bisa menanyakan tips-tips dari mereka tentang bagaimana caranya untuk mendapatkan score yang tinggi dalam tes TOEFL ini. Guru yang terbaik ialah pengalaman, sehingga kalau kamu menanyakan hal ini kepada temanmu, saya rasa, kamu sudah melakukan suatu hal yang tepat.

6. Belajar untuk menempatkan diri

Nah, kadang kita suka bingung harus bertingkah seperti apa pada suatu acara yang dimana orang-orang di dalamnya memiliki umur dan latar belakang yang berbeda-beda. Nah, ketika kamu memiliki jaringan yang luas dan sudah terbiasa bertemu dengan orang-orang yang memiliki umur dan latar belakang yagn berbeda, pastinya, kamu nggak akan bingung-bingung lagi untuk menempatkan dirimu.

Sesungguhnya, ketika jaringan pertemananmu luas, kamu akan mempelajari tentang bagaimana bertingkah laku dan juga berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki sikap, umur dan latar belakang yang berbeda. Nah, maka dari itu, janganlah merasa malas saat kamu harus bersosialisasi dengan orang-orang banyak, ya!

***

Wah, ternyata, ketika kamu memiliki jaringan yang luas, kamu pun memiliki banyak manfaat, ya. Kalau dilihat dari keenam manfaat di atas, manfaat-manfaat tersebut sangat baik untukmu kedepannya, ya. Kamu nggak akan merasa malu untuk berkomunikasi dengan orang banyak lagi, kamu mendapatkan banyak informasi dan peluang dan sebagainya.

Nah, maka dari itu nih, gaes, jangan sampai kamu lewatkan kesempatanmu untuk memperluas jaringanmu, ya. Kamu nggak perlu menunggu saat kamu kuliah atau bekerja untuk memperluas jaringanmu. Pada saat kamu masih duduk di bangku sekolah pun, kamu juga bisa memperluas jaringanmu, lho. Jangan merasa malu dan malas, ya, untuk memperluas jaringanmu. Semangat mencoba!

Baca juga:

(Sumber gambar: blog.id,jobplanet.com, sloanreview.mit.edu, blogin.co)

LATEST COMMENT
Betta Agustina | 4 jam yang lalu

Kurang suka menghitung tapi suka lebih suka cari kesalahan atau suka memacahkan masalah

13 Ciri Kamu Cocok Kuliah di Jurusan Teknologi dan Komputer
Dwisat Wulandari | 6 jam yang lalu

Iya bener tuh lebih baik UTBK diadakan tahun depan biar siswa gak pusing "

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©