Menu

5 Pesan Tersirat Dari Film "Avengers: Endgame" yang Dapat Diterapkan di Kehidupan Sehari-Hari

Dalam beberapa minggu terakhir ini, salah satu hal yang masih menjadi trending dalam semua pembicaraan yaitu mengenai film Avengers: Endgame. Kalau kamu buka Instagram, nih, pasti masih banyak akun-akun yang membicara film yang satu ini. Apakah kamu sudah menonton film yang satu ini, gaes?

Well, film Avengers: Endgame ini merupakan salah satu film yang memiliki hype yang sangat besar di masyarakat. Karena hype film yang sangat besar di masyarakat, banyak bioskop-bioskop yang menggunakan seluruh studionya untuk memutar film yang satu ini. Saya sendiri, butuh waktu dua minggu dari hari pertama release untuk menonton film yang satu ini dikarena selalu kehabisan tiket, hehe.

Selain jalan cerita yang bagus, efek CGI yang keren dan tentunya bintang film yang sangat berbakat, film Avengers: Endgame ini memberikan pelajaran-pelajaran secara tersirat yang bisa kita ambil dan terapkan dikehidupan sehari-hari, lho. Ada apa saja, ya?

1. Selalu bisa bangkit dari rasa gagal dan keterpurukan

bangkit dari kegagalan

Masih ingat dengan bagian akhir film Avengers: Infinity War? Yap, film Avengers: Infinity War diakhiri dengan gagalnya para superhero untuk menyelamatkan bumi dan pada akhirnya setengah penduduk bumi pun menghilang. Nah, menghilangnya penduduk bumi ini tentunya membuat para superhero terpuruk.

Nah, meskipun para superhero ini merasa terpuruk, pada akhirnya mereka bangkit kembali untuk menyelamatkan setengah penduduk bumi yang hilang dan tentunya keluarga-keluarga mereka yang ikut menghilang.

Meskipun bangkit dari rasa gagal dan juga berduka merupakan suatu hal yang sulit, tapi dari film Avengers ini, kamu dapat belajar bahwa kamu nggak boleh selalu berdiam diri dan dihantui dengan rasa gagal dan keterpurukan. Meskipun kamu pernah gagal, tapi bukan berarti kamu akan gagal selamanya. Kamu masih tetap bisa memperjuangkan suatu hal hingga berhasil, kok.

2. Berani berkorban untuk suatu hal yang benar

Sadarkah kamu bahwa para superhero ini berani berkorban, lho, untuk segala sesuatu yang dianggapnya benar. Kita sudah tahu dari film Avengers: Infinity War bahwa setengah penduduk bumi menghilang. Lalu, di film Avengers: Endgame, para superhero ini rela, lho, berkorban untuk melakukan suatu hal yang benar. Nggak nanggung-nanggung lagi, bahkan mereka rela mengorbankan kehidupannya untuk suatu hal yang benar.

Well, disini saya nggak meminta kamu untuk berani mengorbankan kehidupanmu, akan tetapi, yang perlu di highlight adalah kamu perlu, kok, untuk memperjuangkan suatu hal yang dianggap benar. Meskipun sulit, tetapi, sesuatu yang benar itu patut dicoba untuk ditegakkan, kok. Misalnya, nih, ada temanmu yang suka menyontek, kamu bisa, kok, memberitahukannya bahwa menyontek itu bukan suatu kebiasaan yang baik. Well, mungkin akan sulit bagi temanmu untuk menerima apa yang kamu bicarakan kepadanya, tapi paling nggak, kamu sudah mencoba untuk menegakkan kebenaran, kan?

3. Setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing

punya kelebihan yang berbeda-beda

Yap! Kalau kamu nonton film Avengers, pasti kamu akan menemukan kelebihan dari masing-masing superhero. Dr. Strange yang jago sihir, Hulk yang memiliki badan super besar dan super kuat, Iron Man yang super cerdas dan sebagainya.

Kamu nggak harus, kok, memiliki kelebihan-kelebihan seperti itu, tapi, hal yang perlu kamu garisbawahi, setiap orang pasti memiliki kelebihannya masing-masing. Maka dari itu, jangan sampai kamu menganggap bahwa dirimu nggak memiliki kelebihan apapun. Kamu pun nggak boleh iri, ya, dengan kelebihan orang lain. Daripada iri, lebih baik kamu terus mengembangkan kelebihanmu.

4. Kerjasama tim itu penting

Yak! Buat kamu yang sudah menonton film Avengers: Endgame, kamu sudah tahu, kan, bagaimana Thanos dikalahkan? Well, yang pasti, Thanos dikalahkan karena adanya kerjasama tim yang baik! Bayangkan kalau para superhero ini nggak punya kerjasama tim yang baik, mungkin, sampai sekarang Thanos nggak terkalahkan, gaes!

Nah, dari film ini, kamu bisa belajar bahwa membangun kerjasama tim yang baik itu merupakan suatu hal sangat penting. Nggak hanya untuk mengalahkan Thanos saja, gaes, kerjasama tim di dunia sekolahan, dunia perkuliahan bahkan dunia perkantoran merupakan suatu hal yang penting untuk mencapai tujuan bersama, lho.

5. Menjaga alam dan lingkungan

jaga lingkungan dan bumi

Thanos bersusah payah mengumpulkan infinity stones dengan tujuan yaitu ingin menghilangkan setengah populasi yang ada di semesta. Tujuan utamanya yaitu agar semesta dapat mencapai keseimbangannya. Well, tujuan Thanos ini nggak seratus persen salah, lho, gaes. Menurut saya, tujuan Thanos cukuplah baik. Ia hanya ingin bahwa semesta mendapatkan keseimbangannya.

Nah, maka dari itu, gaes, kita sebagai manusia yang tinggal di bumi, hanya memiliki satu bumi, lho. Maka dari itu, kita pun turut andil dalam menjaga alam dan lingkungan kita. Mulailah dari hal-hal sederhana seperti mengurangi penggunaan plastik, mematikan televisi atau lampu yang tidak dipakai dan lain sebagainya. Mau bagaimana pun, kita merupakan orang-orang yang bertanggung jawab untuk menjaga alam dan lingkungan, lho, gaes!

***

Wah, selain efek CGI dan jalan ceritanya yang bagus, ternyata film Avengers: Endgame ini memberikan banyak sekali makna dan pelajaran hidup yang tersirat, ya, gaes. Meskipun pelajaran hidup yang ada di film ini disampaikan dengan cara tersirat, semoga para penontonnya dapat mengerti dan menerapkan pelajaran-pelajaran ini dalam kehidupannya, ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: gamesradar.com, seruni.id, pinterest.com, dribbble.com)

 

LATEST COMMENT
Arif Alfon Gordon | 6 jam yang lalu

Jadi, ketika saya lulus sbm, harus saya lepaskan kak??

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
Achmad Choirul Huda | 9 jam yang lalu

Min jadi univ mau nerima kita dipilihan kedua kan? Banyak kabar hoax yg bilang gitu :(

Strategi Menentukan Pilihan Pertama dan Kedua pada SBMPTN 2019
Azizah Nur | 11 jam yang lalu

Bismillah maba oseanografi itb 2021:)). O iya kalo oseano di itb tesnya saintek atau soshum?

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
bae eristhaaak | 11 jam yang lalu

Wahh :') aku tahun ini gak keterima sma negeri walaupun nem bagus tapi karena zonasi dan kurangnya perkiraan. Tapi aku berusaha untuk yakin bahwa semua sekolah sama yang membuat beda adalah isinya atau diri kita sendiri walaupun bakalan masuk swasta semoga ini merupakan jalan terbaik dari tuhan.

Masuk SMA Favorit dan Unggulan, Penting Nggak, Sih?
Dipamustafa | 11 jam yang lalu

pentingan mana sih? daya tampungnya apa peluang(keketatan)?

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©