4 Anime yang Memiliki Pesan-Pesan Baik

Siapa disini yang suka nonton anime? Yap! Saya termasuk orang yang masih suka nonton anime, lho. Menurut saya, anime memiliki jalan cerita yang cukup beragam. Jalan cerita yang beragam ini dapat muncul karena adanya genre anime yang banyak jenisnya, mulai dari kisah-kisah pertemanan, tentang jalan-jalan, cerita tentang keluarga dan sebagainya. Semua jenis ini dapat kamu temui di berbagai macam judul anime.

Selain anime memiliki genre yang beragam, beberapa anime pun memiliki banyak pesan-pesan yang baik dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, lho. Hmm… Anime apa saja, ya, yang memiliki pesan baik di dalam ceritanya? Nah, catet judul anime-anime berikut ini, ya, gaes, untuk ditonton saat waktu luang!

1. The Boy and the Beast

the boy and the beast

Anime yang satu ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki yang bernama Ren harus tinggal seorang diri karena ibunya telah meninggal. Nah, sayangnya, Ren nggak menerima keadaannya dan lebih memilih untuk kabur dari rumahnya. Akhirnya, ia pun memilih untuk tinggal di gang-gang kecil di jalan kota Shibuya.

Siapa sangka di tengah padatnya kota Shibuya, Ren dengan tidak sengaja menemukan jalan menuju dunia monster. Di dunia monster tersebut, Ren pun bertemu dengan seorang monster beruang yang bernama Kumatetsu dan singkat cerita, Ren pun diangkat menjadi anak murid dari Kumatetsu.

Saat Ren menjadi murid dari Kumatetsu, ia sering sekali berbeda pendapat, berdebat bahkan berkelahi dengan Kumatetsu. Namun, dengan bersama Kumatetsu, Ren mempelajari banyak hal, mulai dari bersih-bersih rumah, mencuci pakaian, memasak dan ia pun diajar oleh Kumatetsu untuk menjadi lebih kuat dan mahir dalam bela diri Kendo.

Sebelum menjadi anak yang kuat dan mahir bela diri, kamu harus tahu, gaes, Ren merupakan seorang anak yang dapat terbilang lemah, keras kepala dan susah untuk diatur. Karena Ren merasa bahwa ia harus kuat, Ren pun sedikit demi sedikit belajar banyak hal dari Kumatetsu. Selain itu, meskipun Ren dan Kumatetsu sering berantem dan berdebat, tetapi mereka bisa menjadi sahabat baik, lho.

 Nah, dari anime yang satu ini, kamu bisa belajar bahwa meskipun kita berbeda pandangan, berbeda pendapat dan sebagainya dengan orang lain, namun bukan berarti orang tersebut selalu nggak benar, ya, gaes. Kamu justru bisa belajar banyak hal dari orang tersebut dan tentunya, kamu pun bisa mengembangkan dirimu sendiri.

Selain itu, meskipun kamu dan orang lain memiliki perbedaan, akan tetapi, perbedaan ini nggak bisa menjadi suatu alasan agar kamu nggak berteman dengan orang tersebut, ya. Meskipun kamu memiliki perbedaan dengan orang lain, namun, kamu masih tetap bisa berteman baik dengan orang tersebut.

2. My Neighbor Totoro

my neighbor totoro

Seringkah kamu melihat gambar suatu makhluk yang besar, berbulu yang berwarna putih dan abu, memiliki kumis dan kuping seperti kucing? Yap, kamu bisa lihat pada gambar di atas. Nah, makhluk inilah yang bernama Totoro dari anime My Neighbor Totoro.

Anime yang satu ini menceritakan tentang kakak beradik yang bernama Satsuki dan Mei, yang baru saja pindah rumah ke suatu desa dikarenakan pekerjaan ayahnya yang seorang Arkeolog. Di rumah tersebut, ada satu pohon yang cukup besar dan ternyata, pohon ini merupakan rumah dari Totoro sang Dewa Gunung.

Sebenarnya, pada anime My Neighbor Totoro, kamu nggak akan menemukan konflik yang kompleks. Kamu hanya akan disuguhkan konflik-konflik yang sederhana. Konflik ini pun, mungkin, sering kamu temukan di kehidupan sehari-harimu. Konflik tersebut hanya menceritakan Mei yang ngambek karena ayahnya harus pergi ke Tokyo, Mei dan Satsuki yang merasa khawatir dengan ibunya yang sakit dan sebagainya.

Namun, dari anime My Neighbor Totoro, kamu bisa melihat bahwa Satsuki dan Mei merupakan dua anak yang ceria dan sederhana. Kedua anak ini, dengan mudah menikmati hal-hal yang sederhana seperti menemukan biji pohon ek, mengeksplor rumah barunya, menemukan terowongan yang terbuat dari rumput-rumput dan sebagainya.

Nah, dari anime yang satu ini, kamu bisa belajar bahwa kamu pun dapat menikmati dan mensyukuri hal-hal yang sederhana, kok. Sesungguhnya, kita nggak perlu memiliki suatu hal yang mahal dan mewah untuk mensyukuri dan menikmatinya. Dengan diberikan kesehatan pun, sudah merupakan suatu hal yang sederhana namun patut banget dinikmati dan disyukuri.

3. The Secret World of Arriety

the secret world of arriety

Cerita anime yang satu ini cukup unik. Anime ini menceritakan tentang kehidupan seorang perempuan yang bernama Arriety. Uniknya, Arriety bukanlah orang biasa melainkan ia merupakan manusia dengan ukuran tubuh yang sangat kecil sekali. Saking kecilnya, Arriety dan keluarganya bisa tinggal di rumah mainan, lho.

Nah, karena Arriety dan keluarganya ini merupakan makhluk yang kecil, maka populasinya pun semakin sedikit dikarenakan oleh banyak hal. Maka dari itu, Arriety dan keluarganya memilih untuk tidak berurusan dengan manusia biasa. Namun, pada suatu saat, Arriety tidak sengaja terlihat oleh Shu, seorang laki-laki yang tinggal tak jauh dari rumah Arriety.

Meskipun Arriety dan Shu, memiliki perbedaan, namun keduanya dapat berteman dengan baik, lho. Keduanya saling membantu satu sama yang lain. Nah, dari anime The Secret World of Arriety, kamu bisa belajar bahwa kamu pun dapat berteman dengan siapapun tanpa melihat perbedaannya. Selain itu, pertemanan yang baik merupakan hubungan yang saling membantu satu dengan yang lainnya.

4. Ponyo

ponyo

Wah, duh? Apa tuh Ponyo? Yep, Ponyo itu sebenarnya adalah sebuah nama, gaes. Anime yang dibuat oleh studio Ghibli ini menceritakan tentang persahabatan seorang anak laki-laki yang bernama Sosuke dengan seekor ikan mas yang bernama Ponyo.

Kamu perlu tahu, gaes, Ponyo ini memiliki kemampuan sihir, lho. Kemampuan sihir ini dapat merubah Ponyo menjadi seorang anak perempuan. Ponyo ini tinggal di bawah laut dengan ayahnya yang bernama Fujimoto.

Selain pesan tentang pertemanan, sesungguhnya anime Ponyo ini memiliki pesan yang tersirat tentang ekosistem laut, lho. Pada anime Ponyo ini digambarkan bahwa manusia merupakan makhluk yang justru merusak ekosistem laut. Kamu bisa melihat berbagai macam sampah-sampah yang dapat ditemukan di dasar laut.

***

Nah, selain menghibur, anime-anime di atas akan memberikanmu banyak sekali pesan-pesan baik. Maka dari itu, daripada bingung-bingung mau ngapain saat liburan, kamu bisa banget, nih, nonton keempat anime di atas. Selamat menonton!

Baca juga:

(Sumber gambar: wall-alphacoders.com, 6iee.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1