Menu

10 Kemampuan yang Perlu Kamu Miliki di Tahun 2020 Menurut World Economic Forum (Bagian 1)

Setiap tahunnya, berbagai profesi pasti mengalami perubahan. Ada profesi yang lama-kelamaan semakin berkurang, namun, ada juga profesi yang muncul dengan seiringnya waktu. Suatu profesi dapat berkurang dan juga dapat muncul dikarenakan kondisi yang ada di masyarakat.

Misalnya, nih, pada saat ini, teknologi merupakan suatu hal yang sedang berkembang pesat di masyarakat, maka dari itu, ada beberapa profesi yang secara perlahan mengalami pengurangan dan ada juga profesi-profesi baru yang bermunculan. Profesi baru yang bermunculan di masyarakat karena adanya kemajuan teknologi misalnya seperti profesi Web Desainer, Ilmuwan Data (Data Scientist), Content Creator, SEO Specialist, Cyber security dan masih banyak lagi. Kalau kamu penasaran dengan profesi-profesi baru yang muncul dikarenakan adanya perkembangan teknologi, kamu bisa cek di Profesi-Profesi Baru Apa Aja yang Muncul di Era Revolusi Industri 4.0? (Bagian 1), ya!

Nah, karena profesi yang selalu berubah setiap tahunnya dan mengikuti kondisi dari masyarakat, maka, keahlian yang harus dimiliki masyarakat pun jadi berubah-berubah setiap tahunnya. Menurut World Economic Forum, ada sepuluh skills yang harus banget kamu miliki, lho. Skills ini tentunya dapat menunjang karirmu, gaes. Skills apa saja, ya, yang harus kamu miliki di tahun 2020? Check these out!

1. Complex Problem Solving

memecahkan masalah yang rumit

Dari tahun 2015, World Economic Forum menetapkan kemampuan ini pada nomer yang pertama. Dapat dikatakan bahwa kemampuan complex problem solving atau kemampuan memecahkan masalah yang rumit merupakan sebuah kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki olehmu, gaes.

Kemampuan ini nggak hanya bisa diterapkan di dunia kerja saja, lho, gaes. Kemampuan memecahkan masalah yang rumit dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari, kehidupan berorganisasi atau kehidupan di sekolah atau di kuliah.

Kamu dapat mengasah kemampuan memecahkan masalah ini dengan cara yaitu terbiasa menghadapi masalah. Misalnya, nih, ketika kamu memiliki masalah, kamu bisa mencoba untuk mencaritahu apa sebenarnya masalah dan apa sumber masalahnya. Setelah kamu mengetahuinya, kamu bisa mencaritahu bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. Jika kamu sudah memiliki beberapa cara, kamu bisa mengevaluasi cara-cara tersebut berdasarkan dampak yang akan ditimbulkan ketika kamu melakukan cara tersebut untuk menyelesaikan masalahmu.

2. Critical Thinking

Skill yang harus kamu miliki di tahun 2020 selanjutnya yaitu critical thinking atau berpikir kritis. Sebelumnya, kemampuan berpikir kritis ini berada di posisi keempat pada tahun 2015. Namun pada tahun 2020, kemampuan ini menduduki urutan yang kedua.

Kemampuan berpikir kritis ini pula dapat membantumu dalam memecahkan suatu masalah, lho. Kamu bisa mengembangkan kemampuan berpikir kritis dengan cara yaitu selalu mempertanyakan asumsi yang kamu buat atau yang biasa kamu dengar. Misalnya, nih, ada asumsi bahwa sarapan itu penting. Agar terbiasa berpikir kritis, kamu bisa, lho, mempertanyakan asumsi tersebut dengan cara mencaritahu kebenarannya.

Selain itu, biasakan dirimu untuk tidak menelan informasi yang kamu dapatkan secara bulat-bulat. Maksudnya, ketika kamu mendapatkan informasi, kamu wajib mencaritahu terlebih dahulu tentang kebenaran dari informasi tersebut.

3. Creativity

kreativitas

Yes, skill ketiga yang harus kamu miliki di tahun 2020 adalah skill kreativitas. Pada tahun 2020 kamu dituntut untuk lebih kreatif. Pada tahun 2015, skill kreativitas ini dianggap suatu kemampuan yang nggak terlalu penting, lho, sehingga pada tahun tersebut skill ini menduduki peringkat ke sepuluh.

Di tahun 2020, kemampuan yang satu ini menjadi sangat penting. Kenapa memangnya kemampuan ini menjadi sangat penting? Karena, pada saat ini saja sudah banyak, lho, profesi-profesi yang menuntut pekerjanya untuk kreatif seperti profesi UI/UX Designer, Web Desainer, Desainer Grafis, Copywriter, Content Writer dan sebagainya. Nah, di tahun 2020, pasti kemampuan ini menjadi sangat penting sekali.

Untuk meningkatkan skill kreatifitas, kamu harus membiasakan dirimu untuk terus mau belajar. Kamu bisa belajar dengan cara melihat karya-karya dari orang lain. Setelah kamu melihat karya dari orang lain, kamu bisa memulai untuk membuat suatu karya yang sesuai dengan dirimu sendiri.

4. People Management

Apa, sih, yang dimaksud dengan people management? Apakah ini adalah suatu kemampuan untuk mengatur-ngatur orang? Well, mengatur orang lain disini bukan berarti menyuruh orang lain untuk melakukan apapun sesuai yang kamu perintahkan, ya, gaes. Mengatur disini lebih dalam artian yang positif. Menurut World Economic Forum, people management merupakan kegiatan seperti memotivasi orang lain, mengembangkan bakat orang lain, mengembangkan keterampilannya dan memilih orang-orang yang terbaik untuk suatu pekerjaan.

Nah, kemampuan seperti ini pun dapat diasah, lho, gaes. Kamu bisa mengasah kemampuan ini dengan cara yaitu mengikuti dan turut aktif dalam suatu organisasi. Di organisasi, kamu tentu akan bertemu dengan banyak orang dan tentunya dengan kemampuan dan sifat yang berbeda-beda. Nah, dengan kamu bertemu dengan banyak orang, akhirnya, kamu terbiasa untuk melihat berbagai macam sifat dari orang lain dan juga kemampuan dari orang lain. Selain itu, dengan berorganisasi, kamu jadi terbiasa untuk bertemu dengan orang banyak.

5. Coordinating with Others

koordinasi dengan orang lain

Nah, mau apapun pekerjaanmu, pasti kamu akan berkoordinasi dengan orang lain. Meskipun kamu kerja freelance dan kamu bisa mengerjakan pekerjaanmu dimanapun, kamu tetap harus berkoordinasi dengan orang lain, well, paling tidak kamu harus berkordinasi dengan atasanmu.

Untuk mengasah kemampuan yang satu ini, kamu bisa, lho, membiasakan dirimu ikut berperan aktif dalam suatu organisasi. Di dalam organisasi tersebut, kamu akan terbiasa untuk bekerjasama dengan orang lain. Untuk mencapai tujuan bersama, mau nggak mau, suka atau nggak suka, kamu dituntut untuk berkordinasi dengan orang lain.

***

Hmm… Dari kelima kemampuan di atas, sudahkah kamu memiliki salah satunya? Jika kamu sudah memiliki kelimanya, wah, keren sekali! Pertahankan, ya! Kalau kamu masih baru memiliki satu kemampuan atau belum sama sekali memiliki kemampuan di atas, yuk, mulai dari sekarang asah kemampuanmu!

Artikel tentang kemampuan yang harus kamu miliki di tahun 2020 ini, nggak selesai sampai sini, ya, gaes. Masih ada lima kemampuan lainnya yang harus kamu miliki di tahun 2020. Jadi, stay tune!

Baca juga:

(Sumber gambar: mindmeister.com, newscientist.com, medium.com, dimensionless.in)

LATEST COMMENT
JiHan El Fathin | 3 jam yang lalu

Semoga hari ini lulus ujian SIMAK UI jurusan sastra arab aamiin doain yaa teman2

Jurusanku: Mahasiswi Sastra Arab Universitas Indonesia, Fatimah Anisah
Shefira Nurulfadilah | 15 jam yang lalu

Kak kalo lulusan matematika bisa ga jadi auditor?

Profesiku: Junior Auditor, Fauziyah
Galih Mahezza | 17 jam yang lalu

bismillah besok simak ui lolos aamiin.. semoga lolos sastra jepang..

Bedah Daya Tampung SIMAK UI 2019 dan Peluang Masuknya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©