Menu

10 Kemampuan yang Harus Banget Kamu Miliki di Tahun 2022

Dari tahun 2016 ke 2019, saya yakin betul, pasti kamu merasakan banyak perubahan yang terjadi pada jangka waktu tiga tahun tersebut. Pada tahun 2016, segala aktivitasmu dipermudah karena ada kemunculan dari berbagai macam aplikasi ojek online. Mau pergi kemana pun, kamu hanya memesan ojekmu dengan duduk di rumah tanpa perlu pergi ke depan untuk memesan ojek online.

Selain itu, karena segala hal lebih banyak menggunakan media online, pada akhirnya, mulailah muncul berbagai macam pekerjaan-pekerjaan yang tadinya nggak terlalu populer, sekarang menjadi cukup populer seperti UI designer, UX researcher, data analyst dan sebagainya. Perkembangan teknologi yang terjadi ini, akhirnya dapat mempengaruhi berbagai aspek yang ada di masyarakat.

Karena adanya perkembangan teknologi yang pesat ini, mengakibatkan banyaknya perubahan termasuk kemampuan yang harus kamu miliki. Menurut World Economic Forum, ada beberapa skill yang harus kamu miliki pada tahun 2022, lho. Kemampuan apa saja, ya?

1. Inovatif dan berpikir analitis

Nah, buat kamu yang akan mulai bekerja di tahun 2022, kamu perlu banget, nih, mulai mengasah diri untuk selalu berpikir analitis dan inovatif. Maksudnya berpikir analitis dan inovatif itu, apa, ya?

Berpikir analitis ialah ketika kamu dapat menguraikan atau memisahkan suatu bagian-bagian sehingga kamu dapat mengambil suatu keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Nah, dengan cara berpikir demikian, kamu akan dapat menemukan suatu permasalahan dan cara pemecahannya.

Inovatif yaitu ketika kamu berusaha untuk menciptakan suatu hal yang tadinya belum ada menjadi ada. Hal ini nggak selalu berhubungan dengan benda saja, nih, gaes, melainkan bisa menjadi suatu aturan, pemikiran dan sebagainya.

2. Aktif belajar dan belajar strategi

Siapa yang nggak suka dengan orang-orang yang aktif belajar? Dengan aktif belajar, kamu akan menemukan suatu ilmu pengetahuan yang baru dan tentunya suatu saat akan bisa dimanfaatkan. Selain itu, kamu juga harus mau belajar strategi, nih!

Dengan belajar strategi, kamu akan dianggap bisa mengatur strategi. Strategi selalu bisa digunakan bahkan dibutuhkan dalam berbagai aspek. Maka dari itu, gaes, belajar strategi merupakan suatu hal yang penting banget, lho!

3. Kreativitas, originalitas dan inisiatif

Yap, kreativitas dalam dunia kerja sangat dibutuhkan, nih, gaes. Kreativitas yang kamu miliki ini akan membantumu dalam menyelesaikan segala macam tugas-tugasmu. Kamu akan memiliki berbagai cara untuk menyelesaikan tugasmu sebaik mungkin dan secepat mungkin.

Pada tahun 2022 ini, originalitas atau keaslian dari ide dan pekerjaanmu menjadi sangat penting, lho. Maka dari itu, mulai dari sekarang, yuk, coba untuk nggak menyontek dan selalu memiliki pemikiran dan pendapat sendiri. Plus, di tahun 2022, inisiatif merupakan suatu hal yang penting banget untuk kamu miliki, nih.

4. Technology designing and programming

Yep, karena segala sesuatunya di tahun 2022 akan lebih dipermudah oleh teknologi, maka dari itu, ada baiknya kamu memiliki kemampuan dalam teknologi, terutama designing dan programming. Dua kemampuan ini akan menjadi suatu hal yang penting untuk dimiliki, lho, jika melihat teknologi yang selalu berkembang dengan cepat dan pesat.

5. Berpikir kritis

Kamu pun harus memiliki kemampuan berpikir yang kritis, nih. gaes. Apa, sih, kemampuan berpikir kritis, itu? Kemampuan berpikir kritis adalah suatu konsep yang dimana kamu mengolah setiap informasi yang kamu dapatkan dengan baik dan benar tanpa menelannya bulat-bulat.

Misalnya, nih, ketika kamu mendapatkan informasi dari sebuah grup, kamu nggak akan mempercayainya langsung. Seseorang yang berpikiran kritis, pasti, akan mencari tahu terlebih dahulu. Jika informasi tersebut patut dipercaya berdasarkan data yang ditemukan, maka orang tersebut baru akan mempercayainya.

6. Kemampuan memecahkan masalah yang rumit

Di setiap jenjang kehidupan, pasti kamu akan menemukan suatu masalah. Ketika kamu sekolah, kamu akan menemukan masalah. Ketika kamu berkuliah, kamu pun akan menemukan masalah. Begitu pun di dunia kerja. Bedanya, tingkat kerumitan di setiap jenjang pastinya nggak akan sama.

Nah, kalau kamu biasa memecahkan suatu masalah dengan solusinya, berarti kamu nggak akan kaget, nih, jika disuruh menyelesaikan masalah yang rumit. Kamu pasti akan memberikan solusi di setiap masalah yang ada dan kemampuan ini merupakan kemampuan yang penting banget kamu miliki di tahun 2022.

7. Kepemimpinan dan pengaruh sosial

Nah, mulai dari sekarang, cobalah untuk menjadi ketua dalam suatu acara atau organisasi. Ketika kamu berada di posisi menjadi seorang ketua, kamu akan belajar tentang kepimimpinan, memimpin dan juga pengaruh sosial.

Pengaruh sosial, tuh, apa, sih? Pengaruh sosial adalah ketika seseorang dapat mempengaruhi orang lain mulai dari cara dia bertindak, berprilaku atau sikap dan sebagainya. Yap, ketika kamu menjadi seorang ketua, kamu akan memiliki pengaruh sosial yang sudah dijelaskan tadi, gaes!

8. Emotional Intelligence

Wah, duh, apa lagi, nih, emotional intelligence? Emotional intelligence merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam hal emosi yang mencangkup kemampuan seseorang dalam memahami, mengendalikan dan mengevaluasi emosi.

Yap, coba kamu bayangkan kalau kamu harus bekerja dengan seseorang yang memiliki emotional intelligence yang kurang baik? Yang ada, bukannya pekerjaan tersebut cepat selesai, malahan kamunya yang kesal karena sifat menyebalkan dari orang tersebut.

9. Ideation dan reasoning

Ideation adalah suatu proses dimana kamu mencari dan mengembangkan suatu ide yang kamu miliki. Setelah ide tersebut berkembang, kamu harus mampu dalam mengkomunikasikan ide tersebut. Selain itu, kamu juga harus memiliki kemampuan dalam penalaran atau reasoning. Penalaran ini dapat membantumu dalam memecahkan suatu permasalahan yang ada, nih, gaes.

10. analisis sistem dan evaluasi

Analisis sistem adalah penjabaran dari suatu sistem yang utuh menjadi suatu sistem yang terpisah-pisah dengan tujuan dapat mengidentifikasi dan mengevaluasi suatu masalah yang ada pada sistem tersebut.

Well, hal ini dapat bermanfaat banget, nih, dalam semua aspek. Ketika kamu sudah mendapatkan suatu masalah, biasanya kamu akan mengevaluasi masalah tersebut dan dapat menemukan jalan keluar atas permasalahan tersebut.

***

Wah, ternyata kemampuan soft skill lebih diperlukan dibandingkan kemampuan hard skill di tahun 2022, ya. Nah, kalau kamu belum memiliki salah satu dari kemampuan di atas, kamu bisa banget berlatih dengan cara mengikuti organisasi dan ikut andil dalam organisasi tersebut. Semangat mengasah kemampuanmu, ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: technojobs.co.uk)

LATEST COMMENT
Betta Agustina | 4 jam yang lalu

Kurang suka menghitung tapi suka lebih suka cari kesalahan atau suka memacahkan masalah

13 Ciri Kamu Cocok Kuliah di Jurusan Teknologi dan Komputer
Dwisat Wulandari | 6 jam yang lalu

Iya bener tuh lebih baik UTBK diadakan tahun depan biar siswa gak pusing "

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©