Menu

10 Dampak Positif Bermain Game

Game, pada saat ini sangatlah berkembang dengan pesat. bagaimana tidak? Berbagai macam game saat ini banyak bermunculan. Ada game yang bisa kamu mainkan bersama temanmu, ada game yang bisa kamu mainkan secara berkelompok, bahkan ada game yang bisa dimainkan bersamaan dengan orang-orang di luar negeri.

Genre game pun pada saat ini berkembang secara pesat. Sekarang, genre game ada banyak banget, gaes, ada genre game simulation, puzzle, arcade, action dan masih banyak lagi. Nah, buat kamu yang suka main PUBG, Fortnite, Rules of Survival dan sebagainya, game tersebut memiliki genre yaitu battle royal.

Perkembangan dari game ini pada akhirnya banyak menarik minat dari berbagai kalangan masyarakat. Hampir semua orang, pasti, memiliki paling tidak satu game di smartphone-nya. Nah, gimana kalau satu orang memiliki banyak game di smartphone-nya? Pasti kamu langsung mencapnya sebagai seorang gamer atau penyuka game.

Kalau kamu mendengar kata “gamer”, apa yang langsung teringat di kepalamu? Main game setiap hari? Merusak mata? Atau susah bersosialisasi? Well, memang, kalau kamu sudah kecanduan main game, kamu bisa mendapatkan banyak sekali hal-hal negatif. Akan tetapi, kalau kamu suka bermain game dan dapat membagi waktumu antara main game dan aktivitas lainnya, kamu justru akan dapat dampak positif, lho. Ada apa saja, ya, dampak positif dari main game?

1. Mengajarkan sportivitas

Yup, ketika kamu bermain game, kamu harus berusaha untuk memenangkan game tersebut, kan? Tetapi, terkadang dalam bermain game, pasti, ada saja saat-saat dimana kamu harus kalah. Nah, ketika kamu kalah, disitu kamu harus berani untuk menerima kekalahanmu.

Selain itu, kalau kamu bermain game tanpa cheat alias nggak pakai curang, sebenarnya, kamu juga lagi belajar untuk sportif, lho. Secara nggak langsung, main game di smartphone dapat mengajarkanmu sportivitas seperti menerima kekalahan dan juga bermain dengan jujur tanpa menggunakan cheat.

2. Belajar bekerjasama

belajar kerjasama

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ada beberapa game yang dapat dimainkan oleh sekelompok orang. Bahkan, karena jenis game yang dapat dimainkan oleh sekelompok orang, muncullah sebuah istilah yang disebut mabar alias main bareng.

Nah, dengan mabar ini, kamu akan belajar bekerja sama dengan orang lain untuk meraih tujuan bersama yaitu kemenangan. Selain itu, ketika kamu bermain game secara berkelompok, kamu juga akan belajar tentang mengetahui dan mengerjakan peranmu sebaik mungkin.

3. Melatih menyusun strategi

Ada beberapa game yang mengharuskan kamu untuk menyusun strategi agar kamu memenangkan game tersebut. Game yang memerlukan strategi salah satunya yaitu Clash of Clan, Call of Duty Heroes, Clash of Vikings dan masih banyak lagi.

Nah, keuntungan buat kamu di kehidupan sehari-hari, jika kamu memiliki kemampuan dalam menyusun strategi ada banyak banget, lho. Misalnya seperti kemampuan dalam menyusun strategi berbisnis, kemampuan dalam menyusun strategi belajar, kemampuan dalam menyusun strategi mengerjakan skripsi dan masih banyak lagi, gaes!

4. Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris

chat di game

Banyak dari teman-teman saya yang mengaku bahwa mereka bisa belajar bahasa Inggris melalui dari mabar alias main bareng. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kamu bisa main game bersama dengan orang asing, lho. Nah, di dalam beberapa game, biasanya tersedia  fitur untuk chatting dengan sesama pemain.

Nah, menurut teman-teman saya, ketika mereka sedang bermain game, mereka sering chatting-an dengan orang asing untuk membicarakan strategi memenangkan game tersebut. Nah, dari kegiatan chatting ini lah, akhirnya, banyak dari teman-teman saya yang justru mendapatkan kosakata baru dan meningkat skill berbahasa Inggris-nya.

5. Membuatmu lebih cekatan

Ketika kamu bermain game, sesungguhnya kamu meningkatkan kemampuan dalam mengordinasikan mata dan tangan. Kamu masih ingat, kan, dengan game Piano Tiles? Nah, game yang satu ini dapat meningkatkan kemampuanmu dalam mengordinasikan mata dan tangan, lho. Dan pada akhirnya, kamu jadi terbiasa untuk lebih cekatan.

6. Mengurangi Stres

mengurangi stres

Seperti yang kita tahu, game diciptakan untuk menghiburmu dikala waktu senggang. Dengan bermain game, otak akan sibuk mengolah informasi yang ada di dalam game, sehingga, kamu akan melupakan hal-hal yang menjadi masalahmu untuk sementara waktu. Maka dari itu, game bisa dikatakan sebagai sarana pelepas stres yang tepat bagi banyak orang.

7. Meningkatkan kerja otak

Ketika kamu main game, pasti kamu akan fokus dan juga konsentrasi, kan? Nah, kemampuan konsentrasimu ini akan terus berkembang karena kamu harus menyelesaikan beberapa tugas dari game tersebut. Selain itu, dengan bermain game dapat meningkatkan keterampilan kognitifmu, lho, seperti memecahkan masalah dan membuat suatu keputusan.

8. Memiliki logika dan nalar yang cemerlang

logika yang cemerlang

Ketika kamu bermain game, tanpa kamu sadari, kamu memerhatikan hal kecil yang ada di dalam game yang sedang kamu mainkan. Selain itu, kamu juga pasti akan berpikir lebih kritis agar kamu bisa memenangkan game tersebut. Nah, kalau kamu sudah terbiasa dengan hal-hal tersebut, lama-kelamaan kamu akan memiliki logika dan juga nalar yang cemerlang.

9. Berlatih belajar dari kekalahan

Yup, ketika kamu main game, pasti ada beberapa saat kamu kalah dalam game tersebut. Nah, kalau kamu kalah di dalam game yang sedang kamu mainkan itu wajar banget, kok, gaes. Tapi, kamu jangan marah-marah, ya, kalau kamu kalah main game, hehe. Nah, dari kekalahan tersebut, kamu bisa belajar banyak hal, lho. Kamu bisa belajar bersabar, belajar tidak mengulang kesalahan yang telah dilakukan dan masih banyak lagi.

10. Memiliki banyak teman

memiliki banyak teman

Ketika kamu bermain game, terutama game online, kamu akan berkomunikasi dengan banyak orang. Mungkin pada awalnya kamu hanya berkomunikasi untuk membicarakan strategi bermain game saja, namun, lama-kelamaan kamu bisa berteman dekat, kok, karena kalian memiliki kesamaan yaitu menyukai game yang sama.

***

Nah, itu dia kesepuluh dampak positif dari bermain game. Dampak positif akan kamu dapatkan jika kamu bermain game dengan teratur, ya. Maksud dari teratur disini ialah, kamu dapat membagi waktu antara bermain game dan aktivitas lainnya. Jadi, selamat mencoba, gaes!

 

Baca juga:

(Sumber gambar: sciencedaily.com, faithmenno.org, footage.framepool.com, wiki.guildwars2.com, fool.com, cincysavers.com)

LATEST COMMENT
Tisam Ali | 17 jam yang lalu

Yup, tapi jangan lengah. Harus tetap nge-gas alias semangat menyiapkan UTBK dari sekarang.

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Yusuf Cahyadi | 18 jam yang lalu

Akhirnya bisa bernapas lega :3

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dhea rahma | 21 jam yang lalu

Ka aku aliyah jurusan agama aja, bisa ga ngambil ipc? Aku pengen prodi psikologi kk bisa ga ya?

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Izzatin Nuriyah | 1 hari yang lalu

Kalau dari MAN terus dari jurusan keagamaan, apakah bisa masuk akpol?

Bercita-Cita Menjadi Polisi? Simak Cara dan Persyaratannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©