Tips Sukses Seleksi Masuk Universitas Prasetiya Mulya yang Harus Kamu Lakukan Dari Sekarang

Yang tahun depan bakal jadi calon mahasiswa, sudah siap tempur di tes seleksi masuk perguruan tinggi, belum?

Ketatnya tes seleksi masuk ternyata tak hanya berlaku bagi perguruan tinggi negeri semata, lho. Sekarang, nggak sedikit perguruan tinggi swasta berkualitas yang punya tes seleksi ketat layaknya PTN favorit. Nah, salah satunya Universitas Prasetiya Mulya.

Sebagai PTS berbasis kewirausahaan dan sains terapan, Universitas Prasetiya Mulya yang telah berdiri sejak 35 tahun lalu telah mencetak lebih dari 7500 lulusan yang berkarier, baik sebagai profesional ataupun entrepreneur, lho. Menurut Bu Restu Widiati, HR Director L’Oreal Indonesia, selama bertahun-tahun, Prasmul telah berkontribusi dalam mencetak lulusan berkualitas. “Tak jarang talenta muda di Universitas Prasetiya Mulya berhasil memegang posisi manajerial dan posisi penting di perusahaan kami.” tutur Beliau.

Kalau berdasarkan survei kecil-kecilan yang dilakukan Youthmanual, ternyata nggak sembarang mahasiswa yang bisa berkuliah di PTS yang akrab disapa Prasmul ini, lho, gaes. Demi mencetak lulusan-lulusan sukses, Prasmul juga punya standar khusus dalam menyaring mahasiswa/i terbaiknya.

Jadi, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mempersiapkan dirimu semaksimal mungkin dari sekarang. Nggak masalah kalau kamu bakal jadi mahasiswa masih tahun depan, karena nggak ada yang namanya terlalu cepat dalam mempersiapkan kuliah.

So, are you challenged enough to be the next Prasmulyan? Kalau iya, yuk simak tips dan informasi penting di bawah ini!

Tips #1 Catat jadwal tes seleksi yang bisa kamu ikuti

Kamu harus tahu kalau nggak semua Perguruan Tinggi mengadakan tes seleksi secara serentak. FYI, pendaftaran Prasmul gelombang pertama selalu dibuka pada bulan Agustus, yakni satu tahun sebelum tahun ajaran baru dimulai. Itu artinya, teman-teman yang saat ini menduduki kelas XII sudah bisa mengikuti tes seleksi masuk untuk tahun ajaran 2019!

Setelah tes gelombang pertama yang dilaksanakan pada 26 Agustus 2018 ini, gelombang selanjutnya akan dibuka pada bulan September, Oktober, November, Februari, Maret, April, Mei dan Juli. Delapan gelombang tes seleksi masuk ini akan diselenggarakan baik di Universitas Prasetiya Mulya - Kampus BSD atau di beberapa daerah luar Jabodetabek, seperti:

  • Jawa (Malang, Semarang, Bandung, Surabaya, Yogyakarta)
  • Sumatera (Jambi, Batam, Pekanbaru, Palembang, Padang, Lampung, dan Medan)
  • Kalimantan (Pontianak, Balikpapan)
  • Sulawesi (Makassar dan Manado)
  • Denpasar

Tips #2  Kalau bisa, ikut seleksi gelombang paling awal

Masing-masing Perguruan tinggi memiliki kuota penerimaan mahasiswa baru dalam tiap gelombang seleksinya. Jadi, semakin dini seleksi yang bisa kamu ikuti, kamu semakin bisa bernafas lega karena kamu bisa “mengamankan” posisi dan kesempatanmu berkuliah sejak dini.

Setiap tahunnya, ada lebih dari 4.500 siswa/i SMA sederajat yang memperebutkan ‘jaket biru’ di Prasmul. Lalu gimana, ya, supaya bisa memakai almamater biru di program studi impian? Selain persiapkan diri dengan belajar, tips yang nggak kalah penting tentunya ikut tes seleksi masuk gelombang awal. 

Kalau mau dibayangin, nih, teman-teman akan bersaing dengan ribuan calon mahasiswa yang mungkin memilih program studi yang sama dengan pilihan kalian. Di tengah persaingan tersebut, ada pula kuota penerimaan mahasiswa baru yang membatasi kesempatan kalian, dan kuota tersebut akan mengecil di setiap gelombang berikutnya. Yang artinya, kesempatanmu pun juga semakin mengecil!

Nah, dengan semakin awal kalian mengikuti tes seleksi masuk, bisa dipastikan bahwa akan semakin besar kesempatan diterima di 14 program studi favorit di Prasmul.

Tips #3  Pelajari langkah pendaftaran tes seleksi masuk dan lengkapi syarat pendaftarannya

Kalau kamu ikut tes seleksi masuk Prasmul, syarat peserta tes adalah siswa/i kelas XII SMA/Sederajat atau mereka yang telah lulus SMA dengan maksimum dua tahun sejak kelulusan SMA (untuk pendaftar tahun ajaran 2018, maksimum lulusan SMA tahun 2016). Untuk siswa/i yang berasal dari sekolah internasional atau luar negeri, harus melakukan penyetaraan ijazah di Dikmenti terlebih dahulu, gaes!

Dimanapun teman-teman berada, kalian bisa melakukan pendaftaran tes seleksi masuk Prasmul karena pendaftaran dilakukan secara online. Kamu bisa langsung klik tautan ini untuk mendaftar, lho!

Tips #4 Pelajari materi yang akan diujikan

Umumnya, tes seleksi masuk Perguruan Tinggi tergantung dengan rumpun ilmu program studi yang akan dipilih calon mahasiswa. Nah, kalau di tes seleksi masuk Prasmul, semua peserta akan mengikuti Tes Psikologi, Matematika dan Bahasa Inggris. Jadi, jangan lupa untuk mempelajari materi-materi apa pun yang akan diujikan dalam tes seleksi dari sekarang, ya.

Tips #5 Cari tahu kesempatan mendapatkan potongan biaya pendaftaran

Biaya pendaftaran tes seleksi Prasmul sebesar Rp500.000. Kamu yang beruntung, bisa lho mendapatkan potongan biaya pendaftaran.  Kamu bisa banget mendapatkannya dengan mengikuti Info Session S1 Prasetiya Mulya yang diadakan di Kampus BSD dan kota-kota lainnya.

Di event ini, selain bisa registrasi langsung dan mendapatkan potongan 80% biaya pendaftaran, kamu juga bisa mengikuti talkshow inspiratif bersama alumni sukses dan mahasiswa berprestasi serta konseling program studi bersama dosen pengajar Prasmul. Wih!

Tips #6 Tips Lolos Tes Seleksi Masuk Prasmul!

Kamu harus banget tahu kalau materi yang menjadi bahan tes Prasmul dirancang sedemikian rupa untuk mengetahui potensi dari masing-masing peserta, baik secara akademik maupun karakternya. Soal yang diujikan yaitu kemampuan dasar dan logika, namun jumlah soal cukup banyak sehingga harus diselesaikan dalam waktu yang cukup singkat. Menantang banget, lah, pokoknya.

Karena itu, perlu kecepatan dan ketelitian yang baik untuk dapat sukses mengikuti tes seleksi ini. Tes dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. Khusus untuk siswa yang termasuk dalam kategori beasiswa, tes akan dilanjutkan sampai pukul 17.00 WIB. Melihat waktu tes yang cukup panjang, peserta diharapkan cukup istirahat dan sarapan terlebih dahulu. Pastinya, kamu harus kerjakan soal-soal dengan rileks dan fokus, ya.

Selamat mempersiapkan diri untuk masuk Perguruan Tinggi impian!

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 30 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1