Menu

Tips Cerdas Memilih Program Studi di SNMPTN 2019

Persaingan yang sangat kompetitif dalam SNMPTN 2019 mengharuskan kamu sebagai calon mahasiswa baru untuk cerdas dalam memilih kampus dan program studi yang kamu inginkan. Nah, supaya peluang diterima makin besar, yuk, simak beberapa tips dan trik berikut ini dalam memilih jurusan di SNMPTN 2019.

1. Menentukan program studi

Banyak calon mahasiswa yang masih bingung harus mendahulukan pilihan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau program studi terlebih dulu. Nah, jawabannya adalah kamu harus lebih dulu memilih program studi yang kam inginkan, gaes.

Setelah itu, baru, deh, kamu bisa tentukan PTN yang tepat dan menyediakan program studi yang sudah kamu pilih tadi.

Betewe, kalo kamu masih bingung buat menentukan program studi yang harus kamu ambil di SNMPTN 2019. Kamu bisa, lho, cobain fitur-fitur yang ada di Youthmanual untuk memudahkan kamu dalam merancang dan mempersiapkan perencanaan kuliah yang sesuai secara online—dimanapun dan kapanpun.

Jadi, tunggu apalagi, langsung aja ke https://www.youthmanual.com dan rasakan banyak manfaat yang akan kamu dapatkan. 

2. Pelajari program studi yang ada di PTN

Tips kedua, kamu harus cari tau informasi mengenai daya tampung program studi tersebut. Lihat jumlah pendaftar, jumlah yang diterima, serta mahasiswa baru yang diterima dari SNMPTN pada tahun sebelumnya.

Dalam SNMPTN, kamu boleh memilih maksimal dua PTN, lho. Asalkan satu pilihannya berada di provinsi yang sama dengan asal sekolah.

Nah, selain bisa menentukan potensi yang ada dalam diri kamu. Di Youthmanual, kamu juga bisa cari banyak informasi mengenai program studi yang ada di PTN se-Indonesia raya, lho. Nggak percaya? Lagsung aja ke https://www.youthmanual.com/cari-jurusan.

Oya, satu lagi, di Youthmanual juga ada beragam artikel inspiratif mengenai prospek kerja suatu program studi, informasi terkini, dan masih banyak lagi—yang bisa kamu akses di  https://www.youthmanual.com/post.

3. Cari tau saingan kamu di sekolah

saingan kamu di sekolah

Nah, setelah kamu menentukan program studi dan mencari tau mengenai program studi tersebut di PTN impianmu. Kamu juga harus cari tau saingan kamu di sekolah, lho. Soalnya, pendaftar SNMPTN 2019 sendiri, ‘kan, berasal dari seluruh sekolah di tanah air.

Tapi nggak mungkin juga buat kamu mencari tau nilai, peringkat bahkan program studi yang diambil oleh teman-teman kamu se-Indonesia. Jadi, jalan terbaik yang bisa kamu ambil adalah mencari tau saingan kamu di sekolah.

Sebisa mungkin jangan pilih program studi yang sama dengan teman yang lain, apalagi peringkatnnya lebih baik dari kamu. Itu, sih, sama aja kamu bunuh diri. Hihihi.

Jika terpaksa harus sama pastikan dia memiliki nilai rapor yang nggak jauh beda sama nilaimu. Ingat, jangan pernah sekalipun untuk sekedar ikut-ikutan dalam memilih program studi karena dianggap keren atau semua teman kamu memilih program studi itu, sehingga kamu beda sendiri.  

4. Lihat profil sekolah

Kamu pasti udah tau kan informasi dari panitia SNMPTN 2019 yang memberi jatah sekolah berakreditasi A sebanyak 40 persen untuk siswa terbaik di sekolahnya. Kemudian, akreditasi B sebanyak 25 persen siswa terbaik. Dan akreditasi C sebanyak 5 persen siswa terbaik.

Hal tersebut menandakan bahwa meski nilaimu nggak terlalu tinggi, peluang lolos SNMPTN 2019 semakin besar jika sekolahmu punya akreditasi yang baik, gaes.

Jadi, jangan lupa untuk cari tau akreditasi sekolahmu sebelum mendaftar SNMPTN 2019, ya!

5. Prestasi akademik dan non akademik

Prestasi lomba

Sebelum mendaftar SNMPTN 2019 hari ini, kamu wajib buat mengecek hasil pemeringkatan pendaftar. Pasalnya, hanya siswa yang masuk pemeringkatan yang bisa mendaftar SNMPTN 2019, gaes.

Prof. Ravik Karsidi selaku ketua LTPMT menyampaikan bahwa siswa yang masuk daftar eligibel sudah bisa melakukan pendaftaran SNMPTN 2019 hari ini (4/2/2019) pada Pukul 14.00 sampai dengan tanggal 14 Februari 2019.

Eligibilitas ditentukan dengan melihat ketentuan kuota berdasarkan akreditasi sekolah seperti tercantum di laman www.snmptn.ac.id.

Ketua LTPMT menjelaskan bahwa pemeringkatan siswa dilakukan dengan sistem LTPMT. Yakni, berdasarkan nilai mata pelajaran sesuai dengan jurusannya masing-masing. Nilai mata pelajaran tersebut ialah sebagai berikut:

1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.

4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

Fyi, jumlah siswa yang eligibel untuk mendaftar di SNMPTN tahun ini sebanyak 613.860 orang dan jumlah sekolah yang siswanya eligibel bisa mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 14.744 sekolah

Selain nilai rapor yang dipertimbangkan dalam SNMPTN 2019, prestasi lomba juga bisa membantu, lho. Biasanya prestasi yang cukup diperhitungkan dalam SNMPTN adalah OSN di tingkat kota, provinsi, nasional maupun internasional.

Tapi, prestasi non-akademik pun juga diperhitugkan, kok, gaes. Asalkan sesuai dengan program studi yang akan kamu pilih di PTN.

6. Faktor alumni

Faktor alumni juga penting dalam hal ini. Emangnya kenapa? Soalnya, kampus biasanya akan melihat prestasi kakak kelasmu yang udah diterima di tahun sebelumnya.

Jika hasilnya memuaskan, bukan nggak mungkin peluangmu diterima di PTN impianmu semakin besar. Jadi, perhatikan jumlah alumni yang lolos tahun lalu di PTN pilihanmu, ya!

7. Berdoa

Berdoa

Last but not least, supaya jalan menuju PTN impianmu dipermudah, jangan lupa untuk terus berdoa, gaes. Selain berdoa, jangan lupa juga untuk meminta doa restu sama orang tuamu atau gurumu.

Kemudian, jangan menyerah dan tetap berusaha. Apapun hasilnya nanti, itu pasti yang terbaik dari Tuhan untuk kamu. Soalnya, masih banyak jalan menuju roma yang bisa kamu tempuh supaya kamu bisa keterima di PTN impian.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: mataair.or.id, studybreaks.com, amespew.com, wfmucw.org)

LATEST COMMENT
Aufa B | 3 jam yang lalu

Lebih baik ikut utbk jarena ada beberapa univ yg mandiri juga menggunakan kombinasi dengan nilai utbk

Jadwal Lengkap SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri 2019
Aufa B | 3 jam yang lalu

Nama tesnya utbk, jalur masuknya sbmptn

Jadwal Lengkap SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri 2019
Witri syafrida femelia | 8 jam yang lalu

min saya ikut utbk soshum dan saintek namun nilai soshum saya lebih tinggi, saat mendaftar sbmptn saya ingin ambil program studi soshum untuk kedua pilihannya apakah bisa min?atau harus ambil jurusan satu saintek dan satu soshum?

Serba-Serbi SBMPTN 2019, Cek Informasi Lengkapnya!
Dela Amelianta Ginting | 10 jam yang lalu

Kak maksud dari" jangan menempatkan prodi dgn kriteria kelulusan skor tinggi di bwh prodi yg skor lukusnya relatif rendah" itu kyk mana ya..

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©