Tes Minat Bakat dan Serba-Serbinya

Gimana sih, cara memilih tes minat bakat yang bagus? Trus, apa yang harus disiapkan untuk tes minat bakat? Perlu belajar dulu kah, kayak kalau mau ulangan?

Nah, untuk menjawab rasa penasaran kamu soal tes minat bakat, Youthmanual bertanya pada ahlinya. Psikolog Shanti Nurfianti Andin M.Psi lulusan Universitas Indonesia‍ ‍menjelaskan berbagai hal yang perlu diketahui soal tes minat bakat. Penting disimak sebelum kamu ikutan tes.

Kapan sih, sebaiknya seseorang menjalani tes minat bakat?

“Sebaiknya seseorang ikut tes minat bakat bila merasa perlu. Misalnya, ketika bingung mau memilih jurusan di SMA atau jurusan kuliah. Bagi yang mahasiswa, sebaiknya mengambil tes minat bakat jika merasa salah jurusan, atau untuk mengetahui rekomendasi karier. Tes minat bakat juga bisa dilakukan saat kamu butuh informasi tambahan (tentang bakat, kecenderungan diri, dan lainnya) untuk didiskusikan bersama orang tua atau guru.”

tes minat bakat

Tes minat bakat ‘kan, ada banyak banget. Gimana cara memilih yang tepat dan bagus?

“Yang jelas, pilih yang dilakukan atau disupervisi oleh psikolog. Trus, pastikan lembaga yang mengadakan tes terpercaya. Jangan lupa juga survei harga (jika tes tersebut berbayar), plus informasi tentang apa saja komponen hasil tes minat bakat yang didapatkan.”

Apa saja sih, komponen hasil tes minat bakat yang diperlukan pelajar dan mahasiswa?

"Hasil tes yang dibutuhkan pelajar umumnya adalah:

1. Minat

2. Kemampuan

3. Kepribadian dan gaya bekerja

4. Values / Nilai-nilai kehidupan

5. Gaya belajar

Kalau tujuan tes tersebut ingin mendapatkan masukan tentang jurusan dan profesi yang cocok, maka perlu ada kesimpulan yang menjabarkan mengenai jurusan/profesi yang cocok. O iya, kalau kamu mengisi modul-modul di Youthmanual kamu bisa mendapat semua hasil ini, lho.”

modul

Salah satu contoh modul di Youthmanual. Dengan mengerjakan modul-modul asesmen di Youthmanual kamu bisa dapatkan informasi minat, kemampuan, kepribadian dan gaya bekerja, values, gaya belajar serta rekomendasi jurusan kuliah dan profesi.

Apakah ada perbedaan kualitas antara tes tertulis dan tes di komputer (online)?

"Bentuk tes online atau offline (tatap muka) sebenarnya bukan faktor utama yang mempengaruhi kualitas dan akurasi tes. Yang besar pengaruhnya adalah faktor penyelenggara tes (apakah kredibel) dan faktor peserta (apakah menjalankan tes dengan optimal atau tidak).

Apa saja yang perlu disiapkan untuk menjalani tes minat bakat?

“Mempersiapkan situasi kondusif selama tes. Di antaranya dengan:

  • Makan terlebih dahulu supaya nggak lapar sepanjang mengerjakan tes.
  • Jangan begadang di malam sebelumnya biar nggak ngantuk.
  • Matikan handphone (tidak mengaktifkan hape) ketika tes.
  • Mengindari suasana berisik.
  • Menghindari hal-hal yang bikin bête atau nggak tenang, misalnya telat dateng ke tempat tes.”

Kenapa soal tes minat bakat formatnya suka berbeda-beda. Ada yang diminta menggambar, ada yang pilihan ganda, dan ada pula yang isian. Manakah format yang terbaik?

"Karena yang diukur dalam tes minat bakat bisa bermacam-macam, jadi format tesnya pun bisa berbeda-beda. Jadi nggak bisa langsung disimpulkan yang format mana yang paling bagus.

Yang jelas, jika tesnya dibuat oleh psikolog, maka seharusnya sudah melewati serangkain proses yang memastikan kualitas tes.”

tes minat bakat

Apakah tes minat bakat ada hubungannya dengan IQ?

“Sebagian penyelenggara menyertakan skor IQ dalam hasil tes minat bakat. Tapi adapula yang nggak memuat IQ.

Dalam hasil tes minat bakat, sebetulnya yang lebih penting daripada skor IQ adalah profil kemampuan. Hasilnya menunjukkan kemampuan yang menonjol serta kemampuan apa yang belum berkembang optimal.

Seakurat apa hasil tes minat bakat? Apakah kita sebaiknya mengikuti rekomendasi jurusan/profesi dari hasil tes tersebut?

“Optimal atau tidaknya hasil tes minat bakat tergantung pada berbagai faktor. Misalnya, kalau pas mengerjakan tes lagi nggak fit, ya hasilnya bisa jadi nggak optimal karena kamu kurang fokus.

Trus, walaupun tes minat bakat bisa memberikan rekomendasi jurusan yg cocok, keputusan tetap ada di tangan orang yang akan menjalaninya. Rekomendasi berdasarkan hasil tes minat bakat merupakan masukan untuk dieksplorasi lebih lanjut dan dipertimbangkan oleh siswa bersama ortu.”

Apakah boleh mengulang tes minat bakat?

"Jika ingin mengulang tes yang sama, minimal rentang waktunya 1 tahun dari tes sebelumnya."

Apa saja miskonsepsi yang banyak ditemukan mengenai tes minat bakat?

"Pertama, menganggap rekomendasi jurusan dari tes minat bakat sebagai 'resep' yang harus diikuti mentah-mentah.

Kedua, merasa hasil tes tidak akurat karena tidak sesuai dengan keinginan. Padahal mungkin memang jurusan yang diinginkan kurang didukung oleh kemampuan, minat, atau gaya kerja yang ia miliki."

Jika sudah ikutan tes minat-bakat dan mendapat rekomendasi jurusan/profesi, langkah apa yang selanjutnya dilakukan?

"Cari tahu sebanyak-banyaknya dan selengkap-lengkapnya tentang jurusan dan profesi yg direkomendasikan. Informasi yang kamu butuhkan antara lain:

  • Apa yang dipelajari/dikerjakan di jurusan dan profesi tersebut
  • Seperti apa bentuk tugas-tugasnya
  • Kemampuan apa saja yang dibutuhkan
  • Adanya di mana saja (di Perguruan Tinggi mana, di industri yang bergerak di bidang apa)
  • Bagaimana peluang kerjanya (atau prospek karier)

Jika sudah mendapatkan informasi yang lengkap, silakan dipertimbangkan untuk memilih mana yang paling sesuai dengan dirinya, serta yang paling mendukung untuk mencapai tujuan/cita-cita.

Berapa biaya yang perlu disiapkan untuk tes minat bakat?

“Tes minat bakat harganya bervariasi banget! Mulai dari Rp150,000 hingga jutaan. Yang penting, survei terlebih dahulu apa saja yang didapatkan dari tes tersebut.

Di Youthmanual, modul-modul asesmen untuk mengetahui minat, kepribadian, gaya belajar serta rekomendasi jurusan dan profesi bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma, lho.

Selanjutnya, asesmen di Youthmanual akan dilengkapi dengan modul kemampuan serta values. Kali ini berbayar, tapi hasil yang bakal kamu peroleh juga sangat lengkap.”

***

Gaes, info dari kak Shanti ini penting diketahui saat kamu mau tes minat bakat, biar hasil dan manfaatnya bisa maksimal.

Trus, kamu perlu, nih, ikutan asesmen di Youthmanual. Kamu pun bisa eksplorasi  jurusan dan profesi di sini. Lengkap banget!

Tungguin juga modul asesmen terbaru Youthmanual yang bakal makin lengkap dan makin canggih, ya!

(sumber gambar: mobileapps.its.umich.edu, 16personalities.com, memorado.com, youthmanual.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1