Menu

Tanggal-Tanggal Penting yang Wajib Diketahui Mahasiswa Baru 2019!

Wah, udah memasuki bulan Januari aja. Bagi siswa/siswi kelas 3 SMA, awal tahun sama aja dengan memasuki masa-masa sibuk persiapan Ujian Nasional dan seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Oyaa, untuk tahun 2019 ini ada peraturan baru, lho. Kalian pasti udah pada tahu, ‘kan?

Kalo di tahun-tahun sebelumnya calon mahasiswa baru memilih perguruan tinggi terlebih dahulu baru mengikuti tes. Nah, tahun ini dilaksanakan sebaliknya. Tes serentak berbasis komputer dilakukan terlebih dahulu, baru hasilnya digunakan untuk mendaftar ke kampus idaman kalian. (Informasi selengkapnya bisa kalian baca di: Serba-Serbi SBMPTN 2019, Cek Informasi Lengkapnya!)

Jadi, biar persiapanmu lebih matang, catat, yuk, tanggal-tanggal penting dalam rangkaian penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 ini!

1. [SNMPTN] Pengisian dan Verifikasi PDSS: 4–25 Januari 2019

Penerimaan mahasiswa baru tetap dibagi menjadi dua jaluryaitu SNMPTN dan SBMPTN. Untuk SNMPTN bermodalkan nilai rapor. Dulu sistem ini disebut jalur undangan. Siswa/siswi yang berprestasi di sekolah masing-masing punya peluang besar untuk lolos dalam jalur ini.

Pengisian dan verifikasi PDSS udah mulai dibuka pada hari Jumat (4/1) kemarim, lho. PDSS sendiri adalah Pangkalan Data Sekolah dan Siswa yang berisi nilai rapor dan catatan prestasi mulai dari kelas 1 SMA. Yuk, buruan lengkapi semua berkasnya! (Ingat, jangan ditunda-tunda!)

2. [SNMPTN] Pendaftaran: 4–14 Februari 2019

Nah, setelah PDSS terisi lengkap, kamu punya waktu sekitar sebulan sampai masa pendaftaran SNMPTN dibuka pada tanggal 4–14 Februari 2019. Seleksi jalur ini benar-benar tanpa tes dan cuma mengandalkan prestasi akademikmu selama tiga tahun belajar di SMA.

 3. [SNMPTN] Pengumuman: 23 Maret 2019

Pengumuman SNMPTN diselenggarakan pada tanggal 23 Maret 2019 secara online. Siap-siap menerima kabar baik, ya!

4. Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK): 30 Maret–26 Mei 2019

Jangan kecewa dan bersedih jika kamu gagal lolos SNMPTN 2019. Masih ada satu jalur lagi yaitu SBMPTN—yang diawali dengan ujian tes serentak se-Indonesia.

Ingat, sistem ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk memudahkan para calon mahasiswa baru dan bisa menjangkau lebih banyak peserta, tes yang dilakukan berbasis komputer ini dilaksanakan tiap Sabtu dan Minggu pada tanggal 30 Maret–26 Mei 2019 mendatang.

Eittss, dengan peraturan yang seperti itu, bukan berarti kamu bisa bebas mengikuti tes tanpa syarat, ya. Tiap peserta cuma boleh melakukan dua kali tes aja. Jadi, kalo kamu merasa kurang maksimal di tes pertama, kamu harus bisa melakukan yang terbaik di tes kedua.

5. Pengumuman Hasil UTBK: 10 April–2 Juni 2019

Karena banyaknya jumlah peserta dan tes yang terbagi menjadi beberapa gelombang, pengumuman hasil UTBK dilaksanakan secara berkala pada tanggal 10 April–2 Juni 2019.

Kalo hasil tes-nya udah keluar, silakan cek passing grade program studi dan kampus yang kamu inginkan.

6. [SBMPTN] Pendaftaran: 10–24 Juni 2019

Jika hasil UTBK-mu cukup untuk mendaftar di  program studi dan kampus impian, prosesnya tentu lebih mudah, ‘kan? Terus gimana kalo hasilnya teryata nggak cukup buat masuk?

Jangan khawatir, kamu masih punya waktu mendaftar ke kampus lain—yang sesuai dengan hasil UTBK-mu, kok.

Nah, proses pendaftaran SBMPTN ini berlangsung selama dua minggu pada tanggal 10–24 Juni 2019.

7. [SBMPTN] Pengumuman: 9 Juli 2019

Tahap akhir dari rangkaian seleksi penerimaan mahasiswa baru ada di tanggal 9 Juli 2019, bertepatan dengan pengumuman hasil SBMPTN itu sendiri.

***

Tandai kalendarmu mulai dari sekarang, ya. Ingat, manfaatkan waktu yang hanya tinggal beberapa bulan lagi dengan sebaik-baiknya. Selamat mempersiapkan diri masuk perguruan tinggi, gaes!

 

Baca juga:

(Sumber gambar: adjudicate.com.au)

LATEST COMMENT
Fajar Haryadi | 8 jam yang lalu

UI itu secara resmi masuk Provinsi DKI Jakarta (meskipun sebagian kampus dan rektorat masuk Depok). Hanya warga DKI Jakarta saja yg bisa mendaftar SNMPTN ke UI. Sementara ITB itu kampus utamanya di Kota Bandung.

UI Versus ITB, Mana yang Lebih Unggul?
Aldayra Putri | 1 hari yang lalu

di desain interior ini nantinya bekerja sebagai apa ya?

Mengenal Jurusan Desain Interior Lebih Dalam dan Prospek Kerjanya di Masa Depan
Dhania Nur Indah | 1 hari yang lalu

Kak maksudnya pengetahuan umum itu apa ya?materinya apa aja ya kak?

Serba Serbi Selma dan Sekolah Vokasi Universitas Brawijaya 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©