Menu

SNMPTN 2019: Dari Persyaratan, Tahapan Hingga Daftar 85 PTN yang Bisa Kalian Pilih

Bagi kalian-kalian yang konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA berkesempatan untuk menjadi calon mahasiswa PTN melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), lho. 

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) telah membuka jalur SNMPTN sejak 4 Januari 2019 lalu.

LTMPT telah menetapkan beberapa persyaratan di bawah ini bagi sekolah dan siswa yang mengikuti jalur SNMPTN 2019.

Persyaratan sekolah:

1. SMA/SMK/MA memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)

2. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Persyaratan peserta SNMPTN:

1. Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2019 dan memiliki prestasi unggul.

2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di PDSS.

3. Memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1-7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

4. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Tahapan mengikuti SNMPTN kali ini dibagi menjadi tiga. Apa aja? Berikut pembahasannya.

Pengisian dan verifikasi (4-25 Januari 2019)

Pengisian dan verifikasi pengisian data sekolah dan siswa kali ini terbagi menjadi empat, gaes:

1. Pengisian data sekolah dan data diri kalian di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id. Pengisian ini dilakukan oleh pihak sekolah, yaitu kepala sekolah atau guru atau yang ditugasi oleh kepala sekolah terkait.

2. Kepala sekolah atau yang ditugasi kepala sekolah itu akan mendapatkan password yang digunakan oleh kalian untuk melakukan verifikasi.

3. Kalian melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh kepala sekolah atau yang ditugasi kepala sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang sudah kalian dapatkan sebelumnya.

4. Apabila kalian tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan kepala sekolah atau yang ditugasi kepala sekolah, maka data yang diisikan tersebut dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verfikasi berakhir.

Pemeringkatan

Pemeringkatan didasarkan pada dua hal, yaitu berdasarkan nilai mata pelajaran dan kuota sekolah berdasarkan akreditasi yang dilakukan oleh sistem LTMPT.

a. Pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran, seperti berikut:

- Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

- Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

- Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.

- SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (teori kejuruan dan praktik kejuruan).

b. Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik, siswa yang memenuhi persyaratan diperbolehkan untuk mendaftar SNMPTN 2019 dengan ketentuan akreditasi sekolah, sebagai berikut:

- Akreditasi sekolah A, maka 40 persen terbaik di sekolah tersebut.

- Akreditasi sekolah B, maka 25 persen terbaik di sekolah tersebut.

- Akreditasi C dan lainnya, maka 5 persen terbaik di sekolah tersebut.

Pendaftaran SNMPTN (4-14 Februari 2019)

Pendaftaran SNMPTN terbagi menjadi empat langkah, yaitu:

1. Kalian yang sudah memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, login ke laman SNMPTN 2019 menggunakan NISN dan password.

2. Isilah biodata kalian terlebih dahulu. Pilihlah PTN dan program studi yang kalian inginkan.  Kemudian, kalian harus mengunggah pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (kalau ada). Ingat, baca dan pahami terlebih dahulu seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan kalian masing-masing!

3. Kalau kalian memilih program studi bidang seni dan olahraga, kalian wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman SNMPTN, www.snmptn.ac.id.

4. Terakhir, jangan lupa cetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti kalau kalian adalah peserta SNMPTN 2019.

Berdasarkan informasi dari situs resmi SNMPTN, terdapat 85 Perguruan Tinggi Negeri yang dapat dipilih bagi peserta SNMPTN tahun ini. LTMPT juga telah menetapkan kuota daya tampung jalur SNMPTN tahun 2019 mengalami pengurangan bila dibandingkan tahun sebelumnya dari minimum 30 persen tahun 2018 menjadi 20 persen di tahun ini.

Tahun ini pun, kalian hanya dapat memilih paling banyak dua program studi dalam maksimal dua PTN. Lalu PTN mana saja yang membuka jalur SNMPTN tahun ini?

Berikut daftar 85 PTN beserta tautan laman resminya:

1. Universitas Syiah Kuala (http://www.pmb.unsyiah.ac.id)

2. Universitas Malikussaleh (http://pmb.unimal.ac.id)

3. Universitas Teuku Umar (http://www.utu.ac.id)

4. Universitas Samudra (http://pmb.unsam.ac.id)

5. Institut Seni Budaya Indonesia Aceh (http://isbiaceh.ac.id/)

6. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (http://www.ar-raniry.ac.id)  

7. Universitas Sumatera Utara (http://www.usu.ac.id)

8. Universitas Negeri Medan (http://spmb.unimed.ac.id)

9. Universitas Islam Sumatera Utara (http://www.uinsu.ac.id)

10. Universitas Riau (http://admisi.unri.ac.id)

11. Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim (http://www.uin-suska.ac.id)

12. Universitas Maritim Raja Ali Haji (https://penerimaan.umrah.ac.id/)

13. Universitas Andalas (http://pmb.unand.ac.id)

14. Universitas Negeri Padang (http://spmb.unp.ac.id)

15. Institut Seni Indonesia Padangpanjang (http://isi-padangpanjang.ac.id/)

16. Universitas Jambi (http://pmb.unja.ac.id)

17. Universitas Bengkulu (http://admisi.unib.ac.id)

18. Universitas Sriwijaya (http://www.reg.unsri.ac.id)

19. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang (http://spmb.radenfatah.ac.id)  

20. Universitas Bangka Belitung (http://www.ubb.ac.id)

21. Universitas Lampung (http://simanila.unila.ac.id)  

22. Institut Teknologi Sumatera (http://pmb.itera.ac.id/)

23. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (http://www.untirta.ac.id)

24. Universitas Indonesia (http://simak.ui.ac.id)

25. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (http://spmb.uinjkt.ac.id/spmb/pmb.zul)

26. Universitas Negeri Jakarta (http://penmaba.unj.ac.id)

27. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (https://penmaru.upnvj.ac.id/)

28. Universitas Singaperbangsa Karawang (http://pmb.unsika.ac.id)

29. Institut Teknologi Bandung (http://usm.itb.ac.id/wp)

30. Universitas Padjadjaran (http://smup.unpad.ac.id)

31. Universitas Pendidikan Indonesia (http://pmb.upi.edu)

32. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung (http://isbi.ac.id)

33. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (http://www.uinsgd.ac.id)

34. Institut Pertanian Bogor (http://admisi.ipb.ac.id)

35. Universitas Siliwangi (http://pmb.unsil.ac.id)

36. Universitas Jenderal Soedirman (http://www.unsoed.ac.id)

37. Universitas Tidar (http://um.untidar.ac.id/)

38. Universitas Sebelas Maret (http://spmb.uns.ac.id)

39. Institut Seni Indonesia Surakarta (http://isi-ska.ac.id)

40. Universitas Diponegoro (http://um.undip.ac.id)

41. Universitas Negeri Semarang (http://penerimaan.unnes.ac.id)

42. Universitas Islam Negeri Walisongo (http://pmb.walisongo.ac.id)

43. Universitas Gadjah Mada (http://um.ugm.ac.id)

44. Universitas Negeri Yogyakarta (http://pmb.uny.ac.id)

45. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (http://pmb.upnyk.ac.id)

46. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (http://isi.ac.id)

47. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (http://www.uin-suka.ac.id)

48. Universitas Jember (http://www.unej.ac.id)

49. Universitas Brawijaya (http://selma.ub.ac.id)

50. Universitas Negeri Malang (http://seleksi.um.ac.id)

51. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (http://pmb.uin-malang.ac.id)

52. Universitas Airlangga (http://ppmb.unair.ac.id)

53. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (http://smits.its.ac.id)  

54. Universitas Negeri Surabaya (http://www.unesa.ac.id)

55. Universitas Trunojoyo (http://pmb.trunojoyo.ac.id)

56. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (http://simaba.upnjatim.ac.id)

57. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (http://www.uinsby.ac.id)  

58. Universitas Tanjungpura (http://scmb.untan.ac.id)

59. Universitas Palangka Raya (http://www.upr.ac.id/)

60. Universitas Lambung Mangkurat (http://unlam.ac.id)

61. Universitas Mulawarman (http://www.unmul.ac.id)

62. Institut Teknologi Kalimantan(http://www.itk.ac.id)

63. Universitas Borneo Tarakan (http://snmptn.borneo.ac.id)

64. Universitas Udayana (https://infoseleksi.unud.ac.id/)

65. Universitas Pendidikan Ganesha (http://undiksha.ac.id/id)  

66. Institut Seni Indonesia Denpasar (http://isi-dps.ac.id)

67. Universitas Mataram (http://pmb.unram.ac.id)

68. Universitas Nusa Cendana (http://www.undana.ac.id)

69. Universitas Timor (http://www.unimor.ac.id)

70. Universitas Hasanuddin (http://www.unhas.ac.id/pmb)

71. Universitas Negeri Makassar (http://www.unm.ac.id)

72. Universitas Islam Negeri Alauddin (http://siadin.uin-alauddin.ac.id)

73. Universitas Sam Ratulangi (http://www.unsrat.ac.id)

74. Universitas Negeri Manado (http://www.unima.ac.id)  

75. Universitas Tadulako (http://www.untad.ac.id)

76. Universitas Sulawesi Barat (https://unsulbar.ac.id)

77. Universitas Halu oleo (http://www.uho.ac.id)

78. Universitas Negeri Gorontalo (http://www.ung.ac.id)

79. Universitas Sembilan Belas November Kolaka (http://pmb.usn.ac.id)

80. Universitas Pattimura (http://www.unpatti.ac.id)

81. Universitas Khairun (http://www.unkhair.ac.id)

82. Universitas Cenderawasih (http://www.unicen.ac.id)

83. Universitas Musamus Merauke (http://www.unmus.ac.id)

84. ISBI Tanah Papua (http://isbi-tanahpapua.ac.id)

85. Universitas Papua (http://unipa.ac.id)

 

Baca juga:

(Sumber gambar: pendaftaranmahasiswa.web.id)

 

LATEST COMMENT
Yunda Pazira | 56 menit yang lalu

Kalo tahub ini diambil, terus tahun depan ikut sbmptn gimana?? Takutnya aku bakalan sulit menjalani kehidupan kampus yg gak aku minati

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Muhamad Fauzi Permana | 1 jam yang lalu

Mau tanya juga kak, Saya kan dari SMK Jurusan Komputer Jaringan, Saya bingung mau ngambil Saintek/Soshum Test UTBK nya..

Q & A SBMPTN: Jadwal, Pilihan Prodi, dan Serba-Serbi SBMPTN 2018
Monica Sri | 2 jam yang lalu

Stress gua sama pelajaran biologi, padahal gua masuk ini supaya menghindari itungan, ternyata busetdah itungan nya seabrek, laporan gak kelar-kelar, berusaha enjoyed tapi stress gk ketulungan, dan buat badan ekstrak pegel banget

Serba-Serbi Menjadi Mahasiswa Biologi
Kenny Anaga | 2 jam yang lalu

Kak, kalau membatalkan pendaftaran UTBK gelombang 2, bisa mendaftar lagi nggak?

Panduan dan Jadwal Lengkap UTBK SBMPTN 2019
Dito Savero | 3 jam yang lalu

Anak ipa bisa masuk fsrd gak?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©