Menu

Serba-Serbi Ujian Keterampilan di SBMPTN 2017

Dalam SBMPTN, ada yang namanya ujian keterampilan untuk masuk ke jurusan bidang seni dan olahraga di kampus negeri. Walaupun disebut ujian keterampilan (UK), tapi pesertanya juga harus menempuh ujian tertulis Soshum/Saintek juga, lho.

Kayak gimana ujian keterampilan dan kapan jadwalnya? Trus, apa aja jurusan dan kampus yang ditawarkan? Lanjut dibaca ya, gaes!

Seperti yang disebutkan di awal, ujian keterampilan merupakan ujian bagi peserta SBMPTN yang memilih jurusan bidang seni dan olahraga, di samping ujian tertulis. Jadi tetap wajib ikutan tes bidang Saintek/Soshum atau Campuran pada 16 Mei mendatang, ya!

Ujian keterampilan dilakukan karena ujian tulis Soshum/Saintek/Campuran aja dirasa nggak cukup untuk mengukur kemampuan serta menyeleksi siswa di beberapa jurusan.

Pendaftar di jurusan apa saja sih, yang harus ikutan ujian keterampilan?

1. Bidang Seni Rupa dan Desain

Terdapat di 16 PTN, di antaranya Institut Teknologi Bandung‍, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya‍, Institut Teknologi Sepuluh Nopember‍, dan Universitas Negeri Yogyakarta‍. Sedangkan jurusan bidang seni rupa dan desain yang bisa kamu pilih adalah:

  1. Pendidikan Seni Rupa
  2. Seni Rupa‍/Seni Murni
  3. Seni Kriya‍/Kria
  4. Desain Produk
  5. Desain Komunikasi Visual
  6. Desain Grafis
  7. Desain Interior
  8. Televisi dan Film
  9. Multimedia
  10. Animasi

Materi ujian:

- Tes Menggambar suasana atau ekspresi

- Tes Pengetahuan Seni dan Wawasan Seni. Tes ini bisa dalam bentuk tes potensi kreatif atau wawancara.

Perlengkapan ujian yang perlu dibawa:

Pensil (B, 2B, 3B, 4B, 5B, dan 6B), penghapus serta alas gambar ukuran A3 (420 x 297 mm). Kertas untuk menggambar disediakan panitia.

ujian keterampilan

Suasana ujian keterampilan Tari di UNJ.

2. Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik), Tari, Musik

Studi bidang ini ada di sekitar 14 PTN. Detailnya, Sendratasik 13 PTN, Seni Musik 8 PTN, sedangkan Seni Tari 6 PTN.  Kampusnya antara lain, Universitas Sumatera Utara, Universitas Syiah Kuala, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Negeri Padang. Jurusan yang bisa kamu pilih adalah:

  1. Pendidikan Sendratasik (Seni, Drama, Tari, dan Musik)‍ 
  2. Pendidikan Seni Musik ‍ 
  3. Pendidikan Seni Tari
  4. Etnomusikologi
  5. Drama/Teater
  6. Seni Karawitan 
  7. Pertunjukan
  8. Seni Musik/Musik
  9. Seni Tari‍/Tari

Materi ujian:

Drama/Teater:  

- Tes Praktik Monolog

- Tes Pantomim

- Tes Pengetahuan Seni dan Wawasan Seni dengan wawancara.

Tari:

- Tes Tari Bentuk

- Tes Kreativitas Tari

- Imitasi Gerak

- Tes Pengetahuan Seni dan Wawasan Seni dengan wawancara.

Musik:

- Tes Musikalitas

- Tes Praktik Instrumen

- Tes Pengetahuan Seni dan Wawasan Seni dengan wawancara.

Perlengkapan ujian yang perlu dibawa:

* Tari: rekaman musik iringan tari yang akan digunakan dalam format CD, kaset, atau flashdisk, serta pakaian latihan/praktek tari.

* Musik: peralatan musik sesuai dengan pilihan, kecuali piano atau drum, soalnya rempong bawanya.

* Drama/Teater: perlengkapan seni peran

Olahraga

Pilihan kampus di bidang olahraga adalah yang terbanyak dibanding bidang keterampilan lainnya, yaitu 33 PTN. Kampus dengan studi bidang olahraga antara lain Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Brawijaya‍, Universitas Sriwijaya, Universitas Cendrawasih, serta Universitas Negeri Gorontalo. Sementara jurusannya adalah:

  1. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
  2. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
  3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani
  4. Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Materi ujian:

- Tes Kesehatan

- Tes Keterampilan Motorik, yang terdiri dari lempar tangkap bola ke dinding (wallpass), lompat tegak (vertical jump), sit-up, push-up, tes kelincahan (Illinois agility run test), dan uji daya tahan kardiorespiratori dengan berlari 1600 meter.

Kalau kamu push up atau sit up-nya masih “free style” alias belum sesuai kaidah olahraga, mendingan latihan dulu, yes! *brb situp, tahan perut, nggak jadi latihan Zumba*

Perlengkapan ujian yang harus dibawa:

Perlengkapan olahraga lengkap, termasuk baju dan sepatu yang sesuai.

Jadwal Ujian Keterampilan SBMPTN

Tahapan SBMPTN untuk Bidang Keterampilan adalah Sebagai Berikut:

- Pendaftaran SBMPTN: 11 April 2017 pukul 08.00 WIB sampai dengan 5 Mei 2017 pukul 22.00

- Ujian SBMPTN (tes tulis): Selasa, 16 Mei 2017

- Ujian keterampilan: Rabu 17 Mei atau Kamis 18 Mei 2017. (Bisa dipilih salah satu hari).

Nah, jam serta jadwal ujian keterampilannya harus kamu cek dan konfirmasikan ke masing-masing.kampus. Di ITB, misalnya, dipilih antara hari Rabu atau hari Kamis jam 09-00-11.00 serta 13.00-17.00 di ITB kampus Ganesha.

Tips Menuju Sukses Ujian Keterampilan SBMPTN 2017

1. Pilih ujian bidang Saintek, Sohsum atau campuran yang sesuai dengan jurusan yang diincar.

Contohnya, Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandungserta Desain Komunikasi Visual‍  Universitas Negeri Jakarta, masuk kelompok Soshum, sedangkan program studi DKV dan Desain Produk Institut Teknologi Sepuluh Nopember‍ termasuk Saintek.

2. Karena kamu tetap punya tiga pilihan, pilih dengan tepat sesuai passion dan bakatmu.

Apakah pilihannya harus jurusan dengan ujian keterampilan juga? Bebas kok! Yang penting jurusan sesuai tes yang kamu pilih, Saintek, Soshum, atau Campuran. Kalau mau ambil lebih dari satu jurusan keterampilan, boleh saja. Namun, pastikan jadwal ujiannya nggak bentrok.

3. Kamu harus belajar untuk ujian tertulis, sebab ujian tulis turut jadi faktor penentu kelulusanmu di jurusan yang dipilih.

4. Kamu juga harus mempersiapkan ujian keterampilan dengan maksimal. Jangan dianggap enteng, sob. Kuncinya adalah belajar dan berlatih, bahkan ikut les jika diperlukan.

“Dulu, tiap minggu, aku ikutan kursus gambar di Villa Merah, yang merupakan kursus khusus persiapan tes  keterampilan FSRD ITB. Pengajarnya juga alumni FSRD ITB,” jelas Nisrina Amalin, alumni FSRD ITB.

Ujian keterampilan seperti tes menari, main alat musik, pengetahuan musik, dan lainnya, juga harus kamu siapkan. Yup, untuk ujian yang sifatnya praktek, kamu memang harus banyak latihan. Selain supaya skill meningkat, juga biar nggak canggung saat diujikan dan bisa melakukannya dalam waktu yang terbatas.

Wulan, salah satu peserta Ujian Keterampilan untuk Jurusan Seni Tari di UNJ bercerita pada Okezone.com bahwa untuk ujian keterampilan ini ia berlatih selama 8 bulan dan bergabung di sanggar tari.

5. Kamu juga harus paham banget materi apa aja yang diujikan. Lebih afdol lagi kalau tanya-tanya pengalaman senior yang pernah menjalani.

Misalnya, dari pengalaman Wulan yang tahun lalu ujian keterampilan Seni Tari, ia mengikuti tiga tes praktek, yaitu menari dengan lagu yang dibawa masing-masing peserta, imitasi atau menirukan gerak tari yang diberikan ketika ujian, serta membuat gerakan bebas. Dari ketiganya, bagi Wulan yang tersulit adalah membuat gerakan bebas.

"Yang ketiga paling sulit karena disuruh buat gerakan sendiri secara spontan," ujarnya.

Karena berbagai PTN menyelenggarakan ujian keterampilan dengan penilai ahli masing-masing, Menristekdikti sempat mengomentari bahwa perlu dibuatkan semacam standar penilaian yang seragam untuk UK SBMPTN. “Harus dibuat ukuran oleh para expert yang ada di masing-masing bidang tersebut, ada standardisasi minimal yang harus kita tetapkan,” begitu kata Pak Mohamad Nasir.

Jadi walaupun diselenggarakan di tempat yang berbeda dan pakar penilainya juga beda, idealnya tetap ada standar yang sama di seluruh PTN.   

Menristek meninjau langsung ke "TKP" tempat ujian keterampilan berlangsung pada SBMPTN 2016 lalu.

6. Beberapa jurusan dan kampus mengadakan tes wawancara dan oral tes (berupa tanya jawab).  Kuncinya, jangan grogi gaes dan kuasai materinya. Biar makin siap, kamu juga bisa latihan tanya-jawab dengan teman. 

Selain pertanyaan soal wawasan, Youthmanual saranin kamu juga siap dengan pertanyaan seputar dirimu. Kali aja, penguji menanyakan motivasi kamu masuk ke jurusan tersebut atau siapa inspirasi kamu di bidang yang sama.

7. Jaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Sebab tes keterampilan memerlukan energi dan fokus, terutama untuk tes fisik di bidang olahraga serta tes praktek seni (musik, tari, drama).

8. Karena perlengkapan yang harus disiapkan lebih banyak daripada ujian tulis, cek-ricek segala sesuatunya kembali. Jangan sampai ujian terhambat karena ada alat yang nggak dibawa.

Good luck!

Baca juga:

(sumber gambar: youthmanual.com, kemenristekdikti, okezone)

LATEST COMMENT
MDzikyan | 5 jam yang lalu

STEI Program Studi "Teknik Informatika" Amin Ya Allah

Serba-Serbi Kuliah di ITB: Sistem Perkuliahan dan Peluang Masuk
Dini tri Lestari | 7 jam yang lalu

Pengumuman UTM ipb bukannya tanggal 22 Juli kak?kok informasi diatas tggl 20 Juli?

Bedah UTM IPB 2019, Seleksi Mandiri Institut Pertanian Bogor
Beny yohanes | 9 jam yang lalu

Justru cocok sekali

Kenalan Dengan Jurusan Kuliah Kriminologi, Yuk!
Daffa Novaldy | 19 jam yang lalu

Saya sudah diterima melalui sbmptn dan mandiri ka. Apakah boleh saya tidak mengambil salah satunya??

Bolehkah Peserta yang Diterima SBMPTN 2019 Ikut Seleksi Mandiri?
Annisatul Mahmudah | 21 jam yang lalu

Ga juga, malah ada yang jadi wakil presiden bem padahal anak bio cewe lagi. Itu tergantung diri kita sendiri sih manage waktu

Serba-Serbi Menjadi Mahasiswa Biologi
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©