Menu

Seleksi Masuk PTN 2019 dengan Test Center, Persiapkan Dirimu Untuk Menghadapinya

Wacana perubahan seleksi masuk PTN menjadi Test Center sudah digulirkan sejak awal tahun lalu. Ketika itu, Menristekdikti meminta adanya inovasi dalam seleksi masuk PTN, dan beliau menyinggung soal Test Center. Menurut keterangan yang beredar, pelaksanaan Test Center memiliki kemiripan dengan tes semacam TOEFL. Jadi calon mahasiswa bisa mengambil tes tersebut di tempat serta waktu yang ditentukan. Kemudian, skor hasil tes menjadi modal untuk mendaftar ke PTN incaran. 

Gaes, Winter, eh, Test Center is coming! Persiapkan diri kalian untuk menghadapi seleksi masuk PTN yang baru. Caranya adalah:

1. Cek informasi resmi yang diberikan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada Senin, 22 Oktober mendatang. Kamu bisa lihat di Youthmanual yang bakalan mengabarinya.

2.  Kamu juga harus mengetahui informasi berikut ini:

* Kapan saja diadakan tes dan bagaimana jadwalnya?

(Catatan: Penting banget untuk mengetahui periode pendaftaran, jadwal penyelenggaraan tes, dan lainnya supaya nggak ketinggalan. Apalagi jika ada beberapa jadwal, jangan sampai tertukar, gaes)

* Berapa kali dalam periode yang sama seseorang bisa mengikuti tes?

(Catatan: Apakah untuk masuk PTN 2019 hanya bisa ikut sekali tes, atau bisa lebih?)

* Siapa saja yang boleh mengikuti tes?

(Catatan: Jika mengikuti sistem SBMPTN, maka lulusan 2019, 2018, dan 2017 bisa ikutan tes. Apakah pada Test Center kriterianya sama?)

* Persyaratan peserta Test Center?

(Catatan: Cek apa saja syaratnya supaya kamu bisa memenuhinya.)

* Di mana tempat tes berlangsung?

(Catatan: Yup, cek lokasi penyelenggaraan tes.)

* Sistem yang digunakan dalam tes?

(Catatan: Apakah paper based alias tertulis, computer based alias dengan komputer, atau keduanya dan peserta diberikan kebebasan memilih?)

*Sistem penilaian pada Test Center

(Catatan: Tahun lalu SBMPTN mengalami perubahan sistem nilai, yakni nilai +1 untuk jawaban benar, 0 untuk jawaban salah, dan tidak ada nilai minus. Namun, ada mekanisme untuk memberikan bobot berbeda pada jawaban benar. Sebelumnya, nilai benar   +4 dan nilai salah -1. Nah, kamu perlu tahu nih, aturan main pada Test Center).

* Apa saja jalur seleksi yang tetap ada untuk masuk PTN?

(Catatan: Pastikan  apakah SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri tetap diadakan atau tidak)

* Materi apa saja yang akan diujikan Test Center?

(Catatan: Apakah tidak terlalu berbeda dengan materi SBMPTN?)

* Apakah tetap ada kategori tes Saintek, Soshum, dan Campuran?

(Catatan: Informasi ini untuk membantumu segera menentukan pilihan dan mempersiapkan diri.)

Nah, kamu perlu mencari jawaban atas pertanyaan -pertanyaan di atas.

3. Kemungkinan informasi mengenai Test Center tidak langsung menjawab segala kekepoan kita di atas, melainkan bertahap. Jadi, kamu perlu terus update informasi yang valid.

Ingat, update dengan informasi yang terpercaya ya. Kita perlu kritis dan memahami informasi yang masuk.

Jangan khawatir, Youthmanual melaui jurnal di website, Instagram, serta media sosial lainnya akan terus memberikan update seputar Test Center. Jika ada pertanyaan lain, silakan tulis di kolom komen.

Tetap semangat!

Baca juga:

(sumber gambar: imgflip.com)

LATEST COMMENT
Zulva Nur Imawati | 2 jam yang lalu

Makasih kakk udah jawab. Soalnya aku yakin ini jurusan yang aku cari2 sejak dulu. Tapi saya tinggal bukan di perkotaan, agak khawatir sama prospek kerja. Memang sih di daerah saya setelah saya mencari data tenaga kerja RS untuk okupasi terapis tidak ada. Hanya ada fisioterapi itupun hanya 1 orang. Terimakasih kak, semoga dimudahkan sekolahnya. Doakan saya bisa masuk jurusan ini yaa

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
Asyila | 4 jam yang lalu

Kalo tembus fkui lewat jalur sbmptn, biayanya semahal di PTS ga sih kak? Jujur aja aku pengen bgt keterima fk cuma kasian papa aku krn mengeluarkan biaya kedokteran ku yg pastinya mahal bgt, dan juga ada ibu dan kakakku yg perlu dinafkahi oleh ayah ku, rasanya aku agak egois ga sih?

Jurusan 101: Tanya Apapun Tentang Jurusan Kedokteran di Youthmanual
Komang S. Satyanata | 5 jam yang lalu

Mohon maaf Baru balas Bantu jawab, Boleh ttapi alangkah baiknya bila ambil aja sbm nya (A)

Seleksi Mandiri Universitas Udayana 2019: Mulai Dari Syarat Pendaftaran Hingga Program Studinya
Sabrina Halimatus Sakdiyah | 5 jam yang lalu

Saya bingung nanti setelah lulus SMA saya ngambil jurusan apa. Kata temanku dan guru seniku gambaran saya bagus tapi menurutku biasa aja soalnya saya melihat temen selain kelasku ada yang lebih bagus dari saya malah jauh lebih bagus. Saya sih pengen banget jurusan kecantikan tapi takut salah melangkah jauh. Tolong saran untuk saya?

8 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di Tahun 2020
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©