Menu

Seleksi Mandiri UPN Veteran Jakarta 2019: Jadwal Pelaksanaan, Syarat Hingga Daya Tampungnya

Gaes, tahu nggak kamu? Baru-baru ini di media sosial, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) mendapat sorotan dari netizen. Hal ini terjadi karena Seleksi Mandiri yang diadakan oleh UPNVJ atau yang lebih dikenal dengan SEMA UPNVJ, tahun ini menetapkan syarat buat kamu para Youtube Content Creator a.k.a Youtuber, lho.

Kira-kira gimana, ya, syarat, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan dan daya tampungnya? Kalau kamu penasaran, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Jalur masuk SEMA UPNVJ

a. Jalur akademik: menggunakan nilai UTBK sebagai kriteria tunggal kelulusan

b. Jalur prestasi: menggunakan gabungan nilai UTBK dan prestasi akademik/non akademik

Ketentuan seleksi SEMA UPNVJ

a. Pendaftar SEMA UPNVJ berasal dari peserta SBMPTN tahun 2019 dan TIDAK diterima di jalur SBMPTN tahun 2019. Artinya, kalau kamu sudah LULUS SBMPTN 2019, tidak diperbolehkan untuk mengikuti SEMA UPNVJ.

b. Pendaftar yang TIDAK memilih program studi di UPN Veteran Jakarta pada SBMPTN 2019 BISA mengikuti SEMA UPNVJ tahun 2019. Artinya, kalau kamu sudah mendaftar di UPN Veteran Jakarta pada SBMPTN 2019, tidak bisa lag mengikuti selesksi mandirinya karena alasan apapun. Misal, tidak sreg dengan program studinya, dan lain sebagainya.

c. Kamu bisa memilih program studi yang sama atau berbeda dengan pilihan pada SBMPTN tahun 2019 dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Kamu yang telah mengikuti SBMPTN 2019 pada kelompok ujian saintek hanya bisa memilih kelompok program studi saintek. Di antaranya adalah:

- Teknik Mesin

- Teknik Perkapalan

- Teknik Industri

- Teknik Elektro

- Informatika

- Sistem Informasi

- Kedokteran

- Farmasi

- Keperawatan

- Kesehatan Masyarakat

- Gizi

2. Kamu yang telah mengikuti SBMPTN 2019 pada kelompok ujian soshum hanya bisa memilih kelompok program studi soshum. Di antaranya adalah:

- Manajemen

- Akuntansi

- Hubungan Internasional

- Ilmu Komunikasi

- Hukum

- Ekonomi Pembangunan

- Ekonomi Syariah

- Ilmu Politik

d. Kamu hanya bisa memilih 2 program studi dengan memilih 1 program studi saja atau 2 pilihan program studi yang ada di UPN Veteran Jakarta

Cakupan bidang prestasi SEMA UPNVJ beserta presentase kuotanya

Jalur prestasi mendapatkan kuota sebanyak 10% pada jalur SEMA UPNVJ. Sementara, cakupan bidang prestasi dalam SEMA UPNVJ adalah:

- Olimpiade sains, olahraga dan seni

- Hafiz Al Quran 

- Ketua OSIS

- Youtube Content Creator 

* masing-masing bidang prestasi memiliki kuota: 2%

Kriteria dan mekanisme bidang prestasi SEMA UPNVJ

a. Olimpiade sains: yang bisa mengikuti jalur ini adalah kamu yang memiliki prestasi olimpiade sains di bidang matematika, fisika, kimia, informatika/komputer, biologi, astronomi, ekonomi, kebumian, dan geografi—baik prestasi yang bersifat perorangan maupun beregu

b. Olahraga: yang bisa mengikuti jalur ini adalah kamu yang memiliki prestasi olahraga perorangan/tunggal/individu seperti catur, bulu tangkis, bela diri, senam, renang, atletik dan lainnya

c. Seni: yang bisa mengikuti jalur ini adalah kamu yang memiliki prestasi seni perorangan/tunggal/individu seperti lomba tari, menyanyi, melukis/menggambar, dan lainnya

* masing-masing bidang di atas harus memperoleh juara peringkat 1 – 3 tingkat provinsi, nasional, dan internasional pada 3 tahun terakhir. Dan, pada saat pendaftaran, wajib mengunggah bukti asli/berwarna prestasi berupa sertifikat/surat keterangan/piagam dan akan divalidasi oleh tim seleksi dari pihak kampus

d. Hafiz Al Quran:

- yang bisa mengikuti jalur ini adalah kamu yang mampu menghafal Al Quran minimal 5 Juz

- dibuktikan dengan fotokopi sertifikat/ijazah atau surat keterangan dari pesantren, madrasah atau lembaga tahfiz Al Quran.

- kalau kamu memenuhi kriteria tersebut, maka wajib mengikuti tes ulang hafalan Al Quran.

e. Ketua OSIS:

- yang bisa mengikuti jalur ini adalah kamu yang  pernah menjadi Ketua OSIS (bukan wakil ketua/ketua bidang/ketua divisi/koordinator, ya, gaes) selama satu periode kepengurusan

- kriteria Ketua OSIS dilihat dari akreditasi sekolahmu

- pada saat pendaftaran, wajib mengunggah bukti asli/berwarna akreditasi sekolah dan Surat Kepala Sekolah bahwa kamu adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama satu periode

f. Youtube Content Creator:

- yang bisa mengikuti jalur ini adalah kamu yang memiliki subscribers dengan jumlah minimal 10.000 subscribers

- memiliki minimal dua video dengan masing-masing minimal 100.000 viewers dengan kriteria bermanfaat, mendidik, kreatif, inspiratif, orisinal, menarik dan memenuhi standar editing serta kualitas gambar yang baik. (Ingat, bukan konten provokasi, apalagi konten yang abal-abal, ya, gaes! Hehehe)

- pada saat pendaftaran, wajib mengunggah bukti screenshot dari profil saluran beserta alamat link channel Youtube kamu

- kalau kamu memenuhi kriteria tersebut, maka wajib mengikuti uji keterampilan berupa pembuatan video berdurasi 3 - 5 menit dengan tema yang ditetapkan pihak kampus dan menggunakan perlengkapan masing-masing.

Jadwal penting SEMA UPNVJ

a. Pendaftaran: 12 Juli 2019 - 21 Juli 2019

b. Pengumuman hasil kelulusan: 29 Juli 2019

c. Tes Kesehatan, bagi yang dIterima di program studi Kedokteran dan Farmasi: 31 Juli 2019

d. Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI): 30 Juli 2019 - 5 Agustus 2019

e. Pengumuman penetapan bidikmisi: 2 Agustus 2019

f. Daftar ulang: 5 Agustus 2019

g. Pengumuman kelulusan peserta Youtube Content Creator dan tes ulang hafalan Al Quran: 23 Juli 2019

h. Pelaksanaan uji keterampilan Youtube Content Creator dan tes ulang hafalan Al Quran: 24 Juli 2019 - 25 Juli 2019

Grafik keketatan SEMA UPNVJ Tahun 2018

grafik keketatan di upn veteran jakarta

 

grafik keketatan di upn veteran jakarta

* Keketatan di atas diambil dari jumlah yang diterima dibagi jumlah peminat x 100%.

* Semakin rendah persentase keketatan menunjukkan semakin ketat persaingan untuk masuk di program studi tersebut.

Program studi beserta daya tampung yang disediakan oleh pihak kampus

Fakultas Teknik

1. Teknik Mesin          

Daya tampung: 31

2. Teknik Perkapalan 

Daya tampung: 21

3. Teknik Industri       

Daya tampung: 31

4. Teknik Elektro                    

Daya tampung: 12     

Fakultas Ilmu Komputer

1. Informatika

Daya tampung: 45     

2. Sistem Informasi

Daya tampung: 45     

Fakultas Kedokteran

1. Kedokteran 

Daya tampung: 45

2. Farmasi      

Daya tampung: 9

Fakultas Ilmu Kesehatan

1. Keperawatan          

Daya tampung: 24

2. Kesehatan Masyarakat      

Daya tampung: 42     

3. Gizi 

Daya tampung: 31     

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

1. Manajemen           

Daya tampung: 84     

2. Akuntansi   

Daya tampung: 72     

3. Ekonomi Pembangunan     

Daya tampung: 24     

4. Ekonomi Syariah    

Daya tampung: 24     

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

1. Hubungan Internasional    

Daya tampung: 48     

2. Ilmu Komunikasi    

Daya tampung: 96     

3. Ilmu Politik 

Daya tampung: 36     

Fakultas Hukum

1. Hukum        

Daya tampung: 96     

* Program studi Kedokteran, Farmasi, dan Kesehatan Masyarakat harus berasal dari SMA/MA IPA

* Seluruh program studi di Fakultas Teknik beserta program studi Keperawatan dan Gizi harus berasal dari SMA/MA IPA atau SMK/MAK

* Program studi sisanya bisa berasal dari SMA/MA IPA, SMA/MA IPS, SMA/MA Bahasa atau SMK/MAK

Catatan:

* Biaya pendaftaran SEMA UPNVJ sebesar Rp 275.000,-

* Pendaftaran SEMA UPNVJ dilakukan secara online melalui laman pendaftaran penerimaan mahasiswa baru UPN Veteran Jakarta.

* Kalau kamu adalah peserta Bidikmisi dan berhasil lulus seleksi jalur ini, pihak kampus akan melakukan verifikasi kemampuan ekonomi orang tua/wali melalui dokumen atau kunjungan ke alamat tinggal kamu. Jadi, jangan lupa siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan sejak jauh-jauh hari.

 

Baca juga:

(Sumber gambar: booktrust.org.uk)

LATEST COMMENT
Amaliais | 14 menit yang lalu

Kalau sbmptn dah diterima dan sebagai pemohon bidikmisi namun belum verifikasi dan daftar simak bidikmisi dan lolos apakah bisa ambil yg simak bifikmidi dan meninggalkan sbmptn nya ?

Bolehkah Peserta yang Diterima SBMPTN 2019 Ikut Seleksi Mandiri?
Zulva Nur Imawati | 12 jam yang lalu

Makasih kakk udah jawab. Soalnya aku yakin ini jurusan yang aku cari2 sejak dulu. Tapi saya tinggal bukan di perkotaan, agak khawatir sama prospek kerja. Memang sih di daerah saya setelah saya mencari data tenaga kerja RS untuk okupasi terapis tidak ada. Hanya ada fisioterapi itupun hanya 1 orang. Terimakasih kak, semoga dimudahkan sekolahnya. Doakan saya bisa masuk jurusan ini yaa

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
Asyila | 14 jam yang lalu

Kalo tembus fkui lewat jalur sbmptn, biayanya semahal di PTS ga sih kak? Jujur aja aku pengen bgt keterima fk cuma kasian papa aku krn mengeluarkan biaya kedokteran ku yg pastinya mahal bgt, dan juga ada ibu dan kakakku yg perlu dinafkahi oleh ayah ku, rasanya aku agak egois ga sih?

Jurusan 101: Tanya Apapun Tentang Jurusan Kedokteran di Youthmanual
Komang S. Satyanata | 15 jam yang lalu

Mohon maaf Baru balas Bantu jawab, Boleh ttapi alangkah baiknya bila ambil aja sbm nya (A)

Seleksi Mandiri Universitas Udayana 2019: Mulai Dari Syarat Pendaftaran Hingga Program Studinya
Sabrina Halimatus Sakdiyah | 15 jam yang lalu

Saya bingung nanti setelah lulus SMA saya ngambil jurusan apa. Kata temanku dan guru seniku gambaran saya bagus tapi menurutku biasa aja soalnya saya melihat temen selain kelasku ada yang lebih bagus dari saya malah jauh lebih bagus. Saya sih pengen banget jurusan kecantikan tapi takut salah melangkah jauh. Tolong saran untuk saya?

8 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di Tahun 2020
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©