Menu

Sambut Tahun Baru dengan Meng-Apply 5 Pilihan Beasiswa Luar Negeri Ini

Nggak bisa dipungkiri, melanjutkan pendidikan ke luar negeri merupakan impian sebagian besar pelajar di seluruh pelosok negeri ini, termasuk Indonesia. Namun, hal tersebut nggak mudah dilakukan, gaes.

Soalnya dibutuhkan biaya pendidikan yang nggak sedikit. Belum lagi harus menanggung biaya hidup selama menempuh pendidikan yang emang nggak murah.

Buat kalian yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri namun terbentur dengan biaya, beasiswa bisa jadi pilihan yang tepat. Nah, berikut ada 5 pilihan beasiswa kuliah ke luar negeri yang bisa kalian apply di awal tahun 2019 besok. Simak ya, gaes!

1. The University of Adelaide Scholarship

Beasiswa The University of Adelaide

Beasiswa pertama datang dari salah satu universitas terbaik di Australia. Universitas tersebut sedang membuka beasiswa S2 dan S3 untuk pelajar Internasional dalam skema ASI (Adelaide Scholarships International). Pada tahun 2019, beasiswa ini memberikan uang akomodasi sebesar $27,596 atau sekitar Rp 402.301,-.

Pendaftar beasiswa ini diharuskan lulus sarjana dengan predikat First Class Honours, gaes. Selain itu, kalian juga harus memenuhi persyaratan yang diminta oleh Universitas Adelaide. Untuk informasi dan pendaftaran, kalian bisa melihat situs resmi dari University of Adelaide di adelaide.edu.au.

Untuk bisa apply beasiswa ini, maka kalian harus mendaftar terlebih dahulu sebagai mahasiswa internasional di Universitas Adelaide. Pendaftaran tersebut juga bisa dilakukan secara online melalui web resmi mereka.

Jadi, kalo kalian atau keluarga kalian berminat segera kumpulkan berkas pendaftarannya sebelum akhir Januari 2019 besok, ya!

2. Orange Tulip Scholarship

Orange Tulip Scholarship

Dari namanya aja, mungkin kalian udah tau kalo beasiswa yang satu ini menawarkan kuliah gratis ke negara kincir angin, Belanda. Beasiswa satu ini merupakan hasil kerjasama antara institusi pendidikan tinggi Belanda, perusahaan Belanda dan Pemerintah Indonesia.

Untuk bisa daftar beasiswa ini, kalian diharuskan mendaftarkan diri terlebih dahulu di universitas Belanda yang bekerjasama dengan program Orange Tulip Scholarship. Setelah itu, kalian harus mengirimkan dokumen pendaftaran ke kantor Neso Indonesia.

Deadline penerimaan pendaftaran Orange Tulip Scholarship Indonesia adalah 1 April 2019. Waktu tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan masing-masing universitas.

Informasi lebih lanjut, silahkan berkunjung ke nesoindonesia.or.id.

3, Heinrich Boll Scholarship

Heinrich Boll Scholarship

Beasiswa yang satu ini menawarkan kuliah gratis ke Jerman untuk program S1, S2 dan S3. Namun bagi warga non eropa, cuma diperbolehkan mengambil program S2 dan S3 aja, gaes.

Penerima beasiswa ini akan menerima uang biaya hidup sebesar € 850 atau sekitar Rp 14.100.684,- untuk jenjang S2. Sementara untuk jenjang S3 akan menerima tunjangan hidup sebesar € 1200 atau sekitar Rp 19.908.588,- dan tunjangan akomodasi € 100 atau sekitar Rp 1.659.049,-.

Kalo kalian berminat mendaftar, maka perlu menyiapkan segala persyaratan yang diajukan. Mulai dari transkrip nilai hingga surat rekomendasi dari dosen/universitas. Selain itu, kalian juga wajib lulus TestDaf minimal level B2. Deadline Heinrich Boll Scholarship ditutup pada 1 Maret 2019.

Kalian bisa cari tau informasi lainnya di boell.de.

4. Pershing Square Foundation

Pershing Square Foundation

Kalo kalian ingin melanjutkan kuliah ke Inggris, nggak ada salahnya untuk apply beasiswa yang satu ini. Bagi penerima beasiswa ini dapat mengikuti program 1+1 MBA yang meliputi program Master serta MBA di Oxford University. Setelah lulus, kalian akan mendapat 2 ijazah dari jurusan yang berbeda, gaes.

Beasiswa ini menawarkan full tuition dan college fee atau dengan kata lain seluruh biaya kuliah tersebut gratiiss. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan biaya hidup sebesar £ 14,553 atau sekitar Rp 268.212.341,-.

Untuk bisa mendaftar, pastikan bahwa kalian udah lulus tes IELTS minimal dengan nilai 7.5, ya, gaes. Deadline pengumpulan berkas pendaftaran beasiswa ini adalah Januari 2019.

Baca selengkapnya di pershingsquarefoundation.org.

5. Swedish Institute Scholarships for Global Professionals

Swedish Institute Scholarships for Global Professionals

Swedish Institute Scholarships for Global Professionals merupakan program beasiswa dari pemerintah Swedia yang ditujukan pada mahasiswa asing yang ingin melanjutkan studinya ke negara tersebut. Beasiswa ini cuma dikhususkan untuk jenjang S2 aja, gaes.

Untuk mendaftar beasiswa ini, kalian harus melakukan pendaftaran yang dilakukan dalam 2 tahap. Tahap pertama kalian harus mendaftar ke universitas yang dituju. Tahap kedua kalian harus mengajukan lamaran untuk ikut program ini.

Oyaa, bagi penerima beasiswa ini, akan diberi tuition fee yang dibayarkan langsung ke universitas. Deadline pengumpulan berkas pendaftaran dapat dilakukan sebelum 14 Februari 2019.

Informasi lebih lanjut bisa dibaca di si.se/en/.

***

Nah, itulah 5 pilihan beasiswa luar negeri yang bisa kalian apply di awal tahun 2019 besok. Jangan lupa kasih tau informasi ini buat orang-orang di sekitar kalian yang emang lagi cari beasiswa, ya. Semoga beruntung, gaes!

Baca juga:

 

(Sumber gambar: najah.edu, univedia.online, iss.nl, boell.de, youtube.com, si.se/en)

LATEST COMMENT
Ahmad Faidoli Siregar | 6 jam yang lalu

Apa bisa modal jago gambar kita masuk jurusan arsitektur?

5 yang harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Arsitektur
Cindy Tan | 8 jam yang lalu

Semoga lolos dan keterima SBMPTN ke UI 2019

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Hawwa 'Ainaa | 11 jam yang lalu

Saya sma jurusan ipa, apakah bisa masuk fsrd lewat jalur snmptn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau bertanya. Boleh nggak mengambil 1 prodi saja di 2 PTN berbeda?

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau tanya. Boleh nggak mengbila 1 prodi pada 2 PTN yang berbeda? Sekian terima kasih!

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©