Menu

Prodi Soshum (IPS) Paling Sulit Ditembus pada SBMPTN 2019 Berdasarkan Prediksi Youthmanual

Kamu anak IPS atau Bahasa yang pengen mengambil prodi Soshum (IPS) pada SBMPTN 2019? Atau, anak IPA/kejuruan lain yang berniat lintas jurusan untuk masuk Soshum? Sebelum menetapkan pilihan jurusan, cek dulu program studi Soshum yang diprediksi paling sulit ditembus pada SBMPTN 2019 ini.

Institut Teknologi Bandung 

1. Fakultas Seni Rupa dan Desain             

daya tampung: 100         

peminat pada SBMPTN 2018: 2.859

*Wajib menyertakan portofolio           

2. Sekolah Bisnis dan Manajemen           

daya tampung: 96           

peminat pada SBMPTN 2018: 4.147         

Universitas Gadjah Mada 

3. Ilmu Komunikasi         

daya tampung:  34          

peminat SBMPTN 2018: 2,573

4. Ilmu Hubungan Internasional

daya tampung:  36          

peminat SBMPTN 2018: 2,574

5. Bahasa dan Kebudayaan Korea            

daya tampung:  21          

peminat SBMPTN 2018: 1,294

6. Manajemen 

daya tampung:  59          

peminat SBMPTN 2018: 3,490

7. Manajemen dan Kebijakan Publik      

daya tampung:  34          

peminat SBMPTN 2018: 1,525

8. Psikologi         

daya tampung:  102        

peminat SBMPTN 2018: 3,925

9. Pariwisata      

daya tampung:  23          

peminat SBMPTN 2018: 2,218

Universitas Indonesia 

10. Ilmu Hubungan Internasional             

daya tampung:  22          

peminat SBMPTN 2018: 2,766

11. Bahasa dan Kebudayaan Korea          

daya tampung:  15          

peminat SBMPTN 2018: 1,586

12. Sastra Inggris             

daya tampung:  20          

peminat SBMPTN 2018: 1,911

13. Ilmu Komunikasi       

daya tampung:  40          

peminat SBMPTN 2018: 3,698

14. Ilmu Administrasi Fiskal         

daya tampung:  28          

peminat SBMPTN 2018: 1,717

15. Ilmu Administrasi Negara     

daya tampung:  28          

peminat SBMPTN 2018: 1,667

16. Bisnis Islam 

daya tampung:  18          

peminat SBMPTN 2018: 1,059

17. Ilmu Psikologi            

daya tampung:  80          

peminat SBMPTN 2018: 4,271

18. Manajemen               

daya tampung:  84          

peminat SBMPTN 2018: 3,965

Institut Teknologi Sepuluh Nopember 

19. Manajemen Bisnis   

daya tampung: 48           

peminat pada SBMPTN 2018: 1.887         

20. Studi Pembangunan               

daya tampung: 20           

* Prodi Studi Pembangunan baru dibuka tahun ini.

Universitas Airlangga

21. Ilmu Komunikasi       

daya tampung: 48           

peminat pada SBMPTN 2018: 1748          

22. Ilmu Hubungan Internasional             

daya tampung: 48           

peminat pada SBMPTN 2018: 1679          

23. Psikologi      

daya tampung: 89           

peminat pada SBMPTN 2018: 2821          

24. Manajemen

daya tampung: 100         

peminat pada SBMPTN 2018: 2677

25. Ilmu hukum

daya tampung: 106         

peminat pada SBMPTN 2018: 2429

Universitas Diponegoro 

26. Hubungan Internasional       

daya tampung: 50           

peminat pada SBMPTN 2018: 1851          

27. Ilmu komunikasi       

daya tampung: 74           

peminat pada SBMPTN 2018: 2712          

28. Administrasi Bisnis   

daya tampung: 89           

peminat pada SBMPTN 2018: 2638          

29. Manajemen               

daya tampung: 172         

peminat pada SBMPTN 2018: 4015

30. Psikologi      

daya tampung: 171         

peminat pada SBMPTN 2018: 3388

Universitas Padjadjaran 

31. Manajemen               

daya tampung:  40          

peminat SBMPTN 2018: 4,592

32. Ilmu Komunikasi       

daya tampung:  60          

peminat SBMPTN 2018: 5,347

33. Bisnis Digital

daya tampung:  35          

peminat SBMPTN 2018: 2,534

34. Televisi dan Film        

daya tampung:  40          

peminat SBMPTN 2018: 2,362

35. Ilmu Administrasi Bisnis         

daya tampung:  50          

peminat SBMPTN 2018: 2,903

Universitas Brawijaya 

36. Kewirausahaan         

daya tampung: 28           

peminat pada SBMPTN 2018: 1099

37. Administrasi Perpajakan       

daya tampung: 64           

peminat pada SBMPTN 2018: 2395

38. Hubungan Internasional       

daya tampung: 68           

peminat pada SBMPTN 2018: 2440          

39. Ilmu Komunikasi       

daya tampung: 84           

peminat pada SBMPTN 2018: 2673          

40. Psikologi      

daya tampung: 88           

peminat pada SBMPTN 2018: 2714

Universitas Sebelas Maret 

41. Ilmu Komunikasi       

daya tampung: 50           

peminat pada SBMPTN 2018: 3361

42. Manajemen

daya tampung: 70           

peminat pada SBMPTN 2018: 4221

43. Desain Komunikasi Visual     

daya tampung: 30           

peminat pada SBMPTN 2018: 1491

44. Hubungan Internasional       

daya tampung: 33           

peminat pada SBMPTN 2018: 1539

45. Akuntansi    

daya tampung: 70           

peminat pada SBMPTN 2018: 3071          

Universitas Jenderal Soedirman 

46. ilmu Komunikasi       

daya tampung: 40           

peminat pada SBMPTN 2018: 2853          

47. Manajemen               

daya tampung: 61           

peminat pada SBMPTN 2018: 3239          

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta 

48. Ekonomi Pembangunan        

daya tampung: 41           

peminat pada SBMPTN 2018: 1465          

49. Ekonomi Syariah       

daya tampung: 41           

peminat pada SBMPTN 2018: 1337

50. Ilmu Komunikasi       

daya tampung: 161         

peminat pada SBMPTN 2018: 4926

***

Prodi yang kamu minati ada di atas? Sebelum bikin keputusan, baca dulu yang berikut ini:

a. Prediksi program studi yang sulit ditembus ini Youthmanual susun berdasarkan berbagai parameter, antara lain daftar perguruan tinggi dengan nilai SBMPTN rata rata peserta yang diterima tertinggi selama 3 tahun belakangan, perbandingan antara jumlah kursi dengan pendaftar, dan jurusan kuliah paling digemari.

b. Apakah prodi tersebut memiliki passing grade tinggi? Diprediksi demikian. Jika banyak pesaing dan sangat kompetitif, kamu mesti memasang standar nilai tinggi, bukan? Namun nggak pernah ada kampus/lembaga yang mengeluarkan angka passing grade resmi suatu prodi.

c. Prodi soshum yang paling sulit ditembus di berbagai PTN memiliki persamaan. Yup, secara umum nggak jauh-jauh dari prodi Komunikasi, Hubungan Internasional, Psikologi, dan Manajemen. Dari masa ke masa memang prodi tersebut menjadi yang paling banyak dipilih peserta SBMPTN.

d. Jika ingin memilih prodi di atas, pastikan kamu paham banget dengan cakupan studi dan peluang kariernya. Jangan pengen masuk karena prodi tersebut most wanted.

e. Urutan pilihan prodi menentukan prioritas kamu. Jadi, yang menjadi pertimbangan utama seharusnya adalah prodi mana yang lebih kamu minati. 

(sumber gambar: pixabay.com)

LATEST COMMENT
Amaliais | 13 menit yang lalu

Kalau sbmptn dah diterima dan sebagai pemohon bidikmisi namun belum verifikasi dan daftar simak bidikmisi dan lolos apakah bisa ambil yg simak bifikmidi dan meninggalkan sbmptn nya ?

Bolehkah Peserta yang Diterima SBMPTN 2019 Ikut Seleksi Mandiri?
Zulva Nur Imawati | 12 jam yang lalu

Makasih kakk udah jawab. Soalnya aku yakin ini jurusan yang aku cari2 sejak dulu. Tapi saya tinggal bukan di perkotaan, agak khawatir sama prospek kerja. Memang sih di daerah saya setelah saya mencari data tenaga kerja RS untuk okupasi terapis tidak ada. Hanya ada fisioterapi itupun hanya 1 orang. Terimakasih kak, semoga dimudahkan sekolahnya. Doakan saya bisa masuk jurusan ini yaa

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
Asyila | 14 jam yang lalu

Kalo tembus fkui lewat jalur sbmptn, biayanya semahal di PTS ga sih kak? Jujur aja aku pengen bgt keterima fk cuma kasian papa aku krn mengeluarkan biaya kedokteran ku yg pastinya mahal bgt, dan juga ada ibu dan kakakku yg perlu dinafkahi oleh ayah ku, rasanya aku agak egois ga sih?

Jurusan 101: Tanya Apapun Tentang Jurusan Kedokteran di Youthmanual
Komang S. Satyanata | 15 jam yang lalu

Mohon maaf Baru balas Bantu jawab, Boleh ttapi alangkah baiknya bila ambil aja sbm nya (A)

Seleksi Mandiri Universitas Udayana 2019: Mulai Dari Syarat Pendaftaran Hingga Program Studinya
Sabrina Halimatus Sakdiyah | 15 jam yang lalu

Saya bingung nanti setelah lulus SMA saya ngambil jurusan apa. Kata temanku dan guru seniku gambaran saya bagus tapi menurutku biasa aja soalnya saya melihat temen selain kelasku ada yang lebih bagus dari saya malah jauh lebih bagus. Saya sih pengen banget jurusan kecantikan tapi takut salah melangkah jauh. Tolong saran untuk saya?

8 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di Tahun 2020
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©