Menu

Prodi dengan Keketatan Persaingan Rendah di UI, UNJ, UPN Veteran, dan UIN Jakarta Serta Daya Tampungnya pada SBMPTN 2019

Bagi yang minat kuliah di Jakarta dan sekitarnya, cek informasi program studi di Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, serta Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dengan keketatan persaingan rendah alias peluang masuk diprediksi lebih besar. Lihat pula daya tampungnya pada SBMPTN 2019. Siapa tahu, jurusan  yang relatif sepi peminat ini justru tepat untuk kamu.

4 PTN di Jakarta dan Sekitarnya

Ada 4 PTN yang berada di kisaran kawasan  Jakarta. Pertama, Universitas Indonesia, Depok yang merupakan kampus most wanted dan memiliki standar nilai masuk yang sangat tinggi. Kedua, Universitas Negeri Jakarta di Rawamangun yang memiliki banyak prodi pendidikan (tapi nggak semua, lho!). Ketiga Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah yang membuka pilihan prodi umum. Keempat, kampus yang belum lama menjadi perguruan tinggi negeri, yaitu UPN "Veteran" Jakarta.

Sebelum mengecek prodi dengan keketatan persaingan rendah, perhatikan penjelasan berikut ini.

*  Daya tampung merujuk ke kursi yang tersedia pada SBMPTN 2019.

* Peminat adalah jumlah pemilih pada SBMPTN tahun lalu alias SBMPTN 2019.

* Prediksi peluang masuk adalah perkiraan presentase peserta yang diterima di prodi tersebut. Misalnya, pemilih jurusan A pada SBMPTN 2018 lalu ada 1000 orang, sementara daya tampung tahun SBMPTN 2019 100, maka prediksi keketatan persaingan alias peluang masuknya adalah 10 persen atau rasio 1:10.

Dengan kata lain, 100 orang yang memiliki nilai UTBK terbaik dari pemilih yang available yang diterima masuk.

Maksud pemilih yang “available” gimana, sih?

Misalnya, pemilih prodi Biologi UI pada tahun 2018 ada 1,013, sementara kursi yang tersedia 40. Nah, dari 1.013 itu diurutkan nilainya. Secara teori, 40 terbaik akan diterima. Tapi bisa saja ada pemilih dengan skor tinggi, namun nggak available, seperti:

a. Pemilih yang sudah diterima di pilihan prodi lain (Pilihan prodi pertama bukan Biologi).

b. Pemilih yang terdiskualifikasi karena tidak memenuhi syarat teknis. Jangan sampai kamu masuk ke golongan ini ya  gaes

Jika di antara 40 terbaik ada 10 pemilih yang nggak available, maka kemungkinan besar peringkat 41 hingga 50 skor UTBK akan diterima.

* Gimana cara membaca prediksi peluang masuk? Contohnya seperti ini: prediksi peluang masuk Sastra Cina UI adalah 4.5 persen. Jadi hanya 4.5 persen dari total pemilih yang diterima. Atau dengan kata lain rasio yang diterima adalah 4.5 : 100 atau sekitar 1: 22 peserta.

* Keketatan persaingan ini bersifat kualitatif. Yaitu, hanya berdasarkan perbandingan antara jumlah peminat dan daya tampung. Tidak ada data kuantitatif resmi, seperti berapa skor pemilihnya. Makanya, bisa aja keketatan persaingan prodi A lebih rendah dibandingkan prodi B. Namun ternyata yang berhasil masuk prodi A skornya lebih tinggi ketimbang prodi B.

Contohnya, prodi Hukum di Universitas Indonesia. Di atas kertas, Hukum UI termasuk memiliki keketatan persaingan rendah dibandingkan prodi soshum lain di UI. Walau demikian, kemungkinan skor pendaftarnya kompetitif dan tinggi. Jadi, tidak semudah itu Fergusso!

Daaan,,, Inilah prodi dengan keketatan persaingan paling rendah

Universitas Indonesia  

Saintek

1. Fisika               

daya tampung:  40          

peminat SBMPTN 2018:   630        

prediksi peluang masuk: 6.3 persen

2. Geologi           

daya tampung:  28          

peminat SBMPTN 2018:   518        

prediksi peluang masuk: 5.4        persen

3. Kimia               

daya tampung:  40          

peminat SBMPTN 2018:   830        

prediksi peluang masuk: 4.8 persen

4. Geografi         

daya tampung:  40          

peminat SBMPTN 2018:   832        

prediksi peluang masuk: 4.8 persen

5. Ilmu Keperawatan     

daya tampung:  48          

peminat SBMPTN 2018:   1,113    

prediksi peluang masuk: 4.3        persen

6. Geofisika       

daya tampung:  28          

peminat SBMPTN 2018:   656        

prediksi peluang masuk: 4.2 persen

7. Biologi             

daya tampung:  40          

peminat SBMPTN 2018:   1,013    

prediksi peluang masuk: 3.9 persen

8. Teknik Elektro              

daya tampung:  40          

peminat SBMPTN 2018:   1,086    

prediksi peluang masuk: 3.7 persen

9. Teknik Metalurgi & Material  

Daya tampung: 36          

peminat SBMPTN 2018:   1,011    

prediksi peluang masuk: 3.6 persen

10. Teknik Perkapalan   

daya tampung:  24          

peminat SBMPTN 2018:   713        

prediksi peluang masuk: 3.4 persen

Soshum

1. Sastra Daerah untuk Sastra Jawa         

daya tampung:  20          

peminat SBMPTN 2018:   330        

prediksi peluang masuk: 6. 1       persen

2. Sastra Cina    

daya tampung:  20          

peminat SBMPTN 2018:   447        

prediksi peluang masuk: 4.5 persen

3. Ilmu Filsafat  

daya tampung:  24          

peminat SBMPTN 2018:   587        

prediksi peluang masuk:  4.1 persen

4. Sastra Belanda             

daya tampung:  20          

peminat SBMPTN 2018:   524        

prediksi peluang masuk:  3.8 persen

5. Arkeologi Indonesia  

daya tampung:  24          

peminat SBMPTN 2018:   636        

prediksi peluang masuk:  3.8 persen

6. Ilmu Hukum  

daya tampung:  167        

peminat SBMPTN 2018:   4,568    

prediksi peluang masuk: 3.7 persen

7. Ilmu Sejarah 

daya tampung:  24          

peminat SBMPTN 2018:   732        

prediksi peluang masuk:  3.3 persen

8. Sastra Rusia  

daya tampung:  20          

peminat SBMPTN 2018:   646        

prediksi peluang masuk:  3.1 persen

UPN “Veteran” Jakarta

Saintek

1. Teknik Perkapalan     

daya tampung:  36          

peminat SBMPTN 2018:   594        

prediksi peluang masuk: 6. 1 persen

2. Teknik Mesin               

daya tampung:  54          

peminat SBMPTN 2018:   1032      

prediksi peluang masuk:  5.2 persen

3. Sistem Informasi         

daya tampung:  77          

peminat SBMPTN 2018:   1580      

prediksi peluang masuk: 4.9 persen

Soshum

1. Hukum            

daya tampung:  165        

peminat SBMPTN 2018:   2826      

Prediksi peluang masuk: 5.8 persen

2. Akuntansi      

daya tampung:  124        

peminat SBMPTN 2018:   2412      

Prediksi peluang masuk: 5.1 persen

3. Ilmu Politik    

daya tampung:  62          

peminat SBMPTN 2018:   1342      

Prediksi peluang masuk: 4.619970194

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 

Saintek

1. Fisika               

daya tampung:  43          

peminat SBMPTN 2018:   295        

prediksi peluang masuk:  14.6 persen

2. Pendidikan Kimia        

daya tampung:  42          

peminat SBMPTN 2018:   315        

prediksi peluang masuk: 13.3 persen

3. Kimia               

daya tampung:  48          

peminat SBMPTN 2018:   474        

prediksi peluang masuk:  10.1 pesen

4. Pendidikan Matematika          

daya tampung:  41          

peminat SBMPTN 2018:   567        

prediksi peluang masuk:  7.23 persen

5. Matematika  

daya tampung:  33          

peminat SBMPTN 2018:   516        

prediksi peluang masuk: 6.4 persen

6. Biologi             

daya tampung:  49          

peminat SBMPTN 2018:   772        

prediksi peluang masuk: 6.3 persen

7. Sosial Ekonomi Pertanian / Agribisnis

daya tampung:  56          

peminat SBMPTN 2018:   904        

prediksi peluang masuk:  6.2 persen

Soshum

1. Ilmu Perpustakaan    

daya tampung: 71           

peminat SBMPTN 2018: 1152       

prediksi peluang masuk:  6.2 persen

2. Ilmu Politik    

daya tampung: 36           

peminat SBMPTN 2018: 714          

prediksi peluang masuk:  5 persen

Universitas Negeri Jakarta 

Saintek

1. Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika       

daya tampung:  40          

peminat SBMPTN 2018:   280        

prediksi peluang masuk:  14. 3 persen

2. Fisika               

daya tampung:  40          

peminat SBMPTN 2018:   319        

prediksi peluang masuk:  12.5 persen

3. Pendidikan Fisika        

daya tampung:  41          

peminat SBMPTN 2018:   403        

prediksi peluang masuk:  10.2 persen

4. Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan 

daya tampung:  43          

peminat SBMPTN 2018:   470        

prediksi peluang masuk: 9.1 persen

5. Pendidikan Vokasional Teknik Elektro               

daya tampung:  30          

peminat SBMPTN 2018:   366        

prediksi peluang masuk:  8.2 persen

6. Pendidikan Vokasional Teknik Mesin 

daya tampung:  49          

peminat SBMPTN 2018:   600        

prediksi peluang masuk: 8.2 persen

7. Pendidikan Kimia        

daya tampung:  41          

peminat SBMPTN 2018:   523        

prediksi peluang masuk:  7.8 persen

8. Rekayasa Keselamatan Kebakaran     

daya tampung:  20          

peminat SBMPTN 2018:   317        

prediksi peluang masuk:  6.3 persen

Soshum

1. Pendidikan Tari           

daya tampung:  25          

peminat SBMPTN 2018:   210        

prediksi peluang masuk:  12 persen

*Ada seleksi portofolio keterampilan

2. Pendidikan khusus    

daya tampung:  60          

peminat SBMPTN 2018:   545        

prediksi peluang masuk:  11 persen

3. Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga           

daya tampung:  40          

peminat SBMPTN 2018:   432        

prediksi peluang masuk:  9.3 persen

4. Pendidikan Bahasa Prancis     

daya tampung:  23          

peminat SBMPTN 2018:   259        

prediksi peluang masuk:  8.9 persen

5. Pendidikan Bahasa Jerman    

daya tampung:  25          

peminat SBMPTN 2018:   289        

prediksi peluang masuk:  8.650519031

6. Pendidikan Bahasa Mandarin

daya tampung:  13          

peminat SBMPTN 2018:   166        

prediksi peluang masuk:  7.8 persen

7. Pendidikan Seni Rupa               

daya tampung:  30          

peminat SBMPTN 2018:   424        

prediksi peluang masuk:  7.1 persen

8. Olahraga Rekreasi      

daya tampung:  22          

peminat SBMPTN 2018:   325        

prediksi peluang masuk:  6.8 persen

9. Pendidikan Bahasa Arab          

daya tampung:  63          

peminat SBMPTN 2018:   947        

prediksi peluang masuk:  6.7 persen

10. Pendidikan Ekonomi               

daya tampung:  62          

peminat SBMPTN 2018:   981        

prediksi peluang masuk:  6.3 persen


(sumber gambar: pexels.com)

LATEST COMMENT
Amaliais | 13 menit yang lalu

Kalau sbmptn dah diterima dan sebagai pemohon bidikmisi namun belum verifikasi dan daftar simak bidikmisi dan lolos apakah bisa ambil yg simak bifikmidi dan meninggalkan sbmptn nya ?

Bolehkah Peserta yang Diterima SBMPTN 2019 Ikut Seleksi Mandiri?
Zulva Nur Imawati | 12 jam yang lalu

Makasih kakk udah jawab. Soalnya aku yakin ini jurusan yang aku cari2 sejak dulu. Tapi saya tinggal bukan di perkotaan, agak khawatir sama prospek kerja. Memang sih di daerah saya setelah saya mencari data tenaga kerja RS untuk okupasi terapis tidak ada. Hanya ada fisioterapi itupun hanya 1 orang. Terimakasih kak, semoga dimudahkan sekolahnya. Doakan saya bisa masuk jurusan ini yaa

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
Asyila | 14 jam yang lalu

Kalo tembus fkui lewat jalur sbmptn, biayanya semahal di PTS ga sih kak? Jujur aja aku pengen bgt keterima fk cuma kasian papa aku krn mengeluarkan biaya kedokteran ku yg pastinya mahal bgt, dan juga ada ibu dan kakakku yg perlu dinafkahi oleh ayah ku, rasanya aku agak egois ga sih?

Jurusan 101: Tanya Apapun Tentang Jurusan Kedokteran di Youthmanual
Komang S. Satyanata | 15 jam yang lalu

Mohon maaf Baru balas Bantu jawab, Boleh ttapi alangkah baiknya bila ambil aja sbm nya (A)

Seleksi Mandiri Universitas Udayana 2019: Mulai Dari Syarat Pendaftaran Hingga Program Studinya
Sabrina Halimatus Sakdiyah | 15 jam yang lalu

Saya bingung nanti setelah lulus SMA saya ngambil jurusan apa. Kata temanku dan guru seniku gambaran saya bagus tapi menurutku biasa aja soalnya saya melihat temen selain kelasku ada yang lebih bagus dari saya malah jauh lebih bagus. Saya sih pengen banget jurusan kecantikan tapi takut salah melangkah jauh. Tolong saran untuk saya?

8 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di Tahun 2020
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©