Peta Persaingan SPMB PKN-STAN 2018 dan Informasi Penting Terkait Pendaftarannya

Politeknik Keuangan Negara (PKN-STAN) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang menjadi favorit di kalangan calon mahasiswa. Prospek kerjanya yang sangat terjamin membuat PTK yang satu ini dibanjiri oleh pendaftar di setiap tahunnya. Nah, buat kamu yang tertarik untuk menjadi mahasiswa PKN-STAN, simak dulu yuk peta persaingan STAN tahun ini berikut informasi-informasi penting lainnya terkait SPMB STAN.

Peta Persaingan STAN 2018

Pada 30 April silam, BKN mengeluarkan data jumlah pendaftar di sekolah-sekolah kedinasan yang melibatkan 8 instansi pemerintahan. Tahun ini sebanyak 266.676 calon mahasiswa mendaftar ke sekolah-sekolah kedinasan terseut. Namun, ada halyang emnarik nih dari periode pendaftaran kali ini—yap, rasio pendaftar dengan daya tampung (formasi) STAN ternyata termasuk yang paling kecil jika dibandingkan sekolah-sekolah kedinasan lainnya. This means, tingkat keketatan STAN tahun ini termasuk yang paling rendah nih, gaes!

Berikut rekapitulasi jumlah pendaftar sekolah kedinasan tahun 2018:

Nah, dari 142.696 pendaftar tersebut, distribusi jumlah pendaftar di masing-masing pilihan program studinya adalah sebagai berikut:

daya tampung pkn stan 2018

Bisa dilihat, mayoritas pendaftar (39.000) masih menjadikan program studi Pajak sebagai prioritas utama mereka—baik itu di jenjang D-3 maupun D-1. Sebaliknya, program studi yang paling sedikit dijadikan prioritas pilihan prodi Penilai/Pajak Bumi dan Bangunan pada jenjang Diploma 3.

Selain pilihan program studi, calon mahasiswa STAN juga diperkenankan untuk memilih penempatan mereka ketika lulus nanti, apakah mereka ingin ditempatkan di instansi di bawah Kementrian Keuangan ataupun instansi-instansi non-Kemenkeu. Sebanyak 126.519 pendaftar masih memilih penempatan di Kementrian Keuangan, sementara itu hanya 10.081 yang memilih penempatan Non-Kemenkeu.

Nah, buat kamu yang pengen masuk STAN tahun ini atau tahun depan, hal-hal ini mungkin bisa dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk mendaftar. Ingat, seleksi masuk sekolah kedinasan, membutuhkan persiapan yang berbeda lho dengan seleksi masuk perguruan tinggi negeri, jadi ada baiknya kamu mulai mempersiapkan diri dari sekarang agar mendapatkan hasil yang diharapkan.

Informasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru STAN

Meski tahap awal pendaftaran STAN sudah ditutup sejak 30 April lalu, namun kamu tetap harus memperhatikan hal-hal berikut ini terkait tahap selanjutnya dari seluruh proses Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru STAN.

Pertama, kamu harus tau bahwa ujian SPMB PKN STAN terdiri atas 2 jenis yaitu Ujian Tertulis dan Ujian Kesehatan. Ujian Tertulis SPMB PKN STAN akan diselenggarakan pada 27 Juni s.d. 7 Juli 2018 di lokasi-lokasi sebagai berikut:

  1. Jakarta
  2. Banda Aceh
  3. Medan
  4. Padang
  5. Pekanbaru
  6. Batam
  7. Jambi
  8. Bengkulu
  9. Palembang
  10. Bandar Lampung
  11. Cimahi
  12. Semarang
  13. Yogyakarta
  14. Surabaya
  15. Malang
  16. Denpasar
  17. Mataram
  18. Kupang
  19. Pontianak
  20. Banjarmasin
  21. Balikpapan
  22. Manado
  23. Palu
  24. Makassar
  25. Ambon
  26. Sorong
  27. Jayapura
  28. Terempa
  29. Ternate
  30. Merauke

Untuk ujian tertulisnya sendiri, terdiri dari 3 bagian yaitu Seleksi Komptensi Dasar (Tes Karakteristik Dasar, Tes Intelegensi Umum, Tes Wawasan Kebangsaan), Tes Potensi Akademik, dan Tes Bahasa Inggris. Nah, kriteria kelulusan tes ujian tertulis ini dilihat dari:

  • Nilai yang memenuhi ambang batas SKD sesuai PERMENPANRB Nomor 22 Tahun 2018 tentang Penerimaan Mahasiswa-Mahasiswi/Taruna-Taruni Sekolah Kedinasan Pada Kementerian/Lembaga Tahun 2018;
  • Nilai TPA dan TBI memenuhi atau lebih dari ambang batas minimal yaitu 67 untuk TPA dan 30 untuk TBI
  • Peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan yang tersedia.

Berbeda dengan Ujian Tertulis, Ujian Kesehatan dan Kebugaran hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memilih program studi Kepabeanan dan Cukai pada jenjang Diploma I dan Diploma III. Ujian Kesehatan dan Kebugaran ini meliputi serangkaian tes mulai dari pemeriksaan tinggi dan berat badan, tekanan darah, kesehatan mata, ujian lari, push-up, pull-up, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu merupakan salah satu pendaftar, atau calon pendaftar tahun depan, yang memilih program studi Kepabeanan dan Cukai, ada baiknya kamu mulai latihan olahraga dari sekarang, gaes! Biar nggak kram nanti saat hari-H ujian tiba.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SPMB PKN STAN kamu bisa berkunjung ke website: http://www.pknstan.ac.id

Selamat berjuang, gaes!

Baca juga:

(sumber gambar: twitter.com/pknstanid, twitter.com/BKNgoid)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1