Perubahan SBMPTN 2019 dan Keuntungannya Bagi yang Mengulang atau Gap Year

Perubahan pada SBMPTN 2019 dan sistem penerimaan PTN ternyata memberikan keuntungan bagi yang mengulang alias angkatan 2018 dan 2017, lho. Ya, beberapa aturan dan kebijakan baru yang dibuat bisa dimanfaatkan oleh kalian. Nah, pergunakanlah keuntungan yang didapatkan dengan sebaik-baiknya.

1. Bertambahnya kuota SBMPTN.

Tahun ini terjadi pergeseran kuota jalur masuk, SBMPTN bertambah menjadi minimal 40 persen, sementara kuota SNMPTN berkurang jadi minimal 20 persen. Kuota Seleksi Mandiri tetap, yaitu maksimal 30 persen dari total kursi yang tersedia.

Situasinya kira kira seperti ini:

PTN A tahun 2018                            PTN A tahun 2019

Kursi SNMPTN: 35                            Kursi SNMPTN: 25

Kursi SBMPTN: 35                            Kursi SBMPTN: 45

Kursi Seleksi Mandiri: 30               Kursi Seleksi Mandiri: 30

Intinya sih, kursi SBMPTN, jalur yang bisa dipakai untuk angkatan 2018 dan 2017 yang mengulang, akan memiliki kursi lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya. Tapi bisa juga sih, jumlah pesaingnya juga bertambah. Makanya, manfaatkan hal ini dengan mempersiapkan Ujian Tulis Berbasis Komputer  (UTBK) dengan sebaik-baiknya.

2. Peserta yang lolos SNMPTN, secara otomatis tidak bisa mendaftar SBMPTN.

Nah, kalau sebelumnya 'kan, mungkin saja peserta SBMPTN bersaing dengan para peraih SNMPTN yang memutuskan “mangkir” dan ikutan SBMPTN. Nah, pada SBMPTN 2019 hal ini tidak dimungkinkan. Soalnya, database Layanan Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah canggih dan terintergasi dengan SNMPTN. Bagi yang lolos SNMPTN secara otomatis nggak bisa lagi mendaftar SBMPTN.

Akibatnya, pesaing kamu bakalan berkurang, terutama pesaing yang memiliki prestasi akademik mumpuni sehingga lulus SNMPTN. Yup, satu keuntungan lagi bagi kamu yang mengulang.

3. Jadwal lebih fleksibel.

Gaes, tahun ini SBMPTN nggak digelar serempak di satu waktu seperti biasanya. Jadi kamu bisa mendaftar secara online ke LTMPT dan memilih jadwal yang sesuai. Rencananya ada 12 jadwal dengan total 24 sesi tes. Daan… kamu bisa mengambil tes maksimal 2 kali.

Hasil tesnya pun akan kamu dapatkan. Jadi kamu bisa tahu di mana saja kekuranganmu, dan memperbaikinya pada kesempatan tes kedua.

Bagi anak gap year dan mengulang, tentu punya keunggulan dari segi waktu. Umumnya, lebih leluasa memilih jadwal serta lebih leluasa mempersiapkan tes, karena nggak terganggu dengan perintilan UN, acara kelulusan, serta kegiatan sekolah lainnya.

Kamu mesti memanfaatkan waktu dan keleluasaan yang dimiliki dengan belajar segiat mungkin. Yup, kamu punya privileged, yaitu bisa fokus dengan UTBK sejak sangat awal (yaitu sekarang!).

Ya, perubahan di SBMPTN 2019 membawa angin segar, terutama untuk yang mengulang dan gap year. Namun, segala keuntungan itu nggak akan berarti apa- apa, tanpa usaha kerasmu.

(sumber gambar: Designed by Freepik )

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1