Persiapkan Dirimu Untuk Menghadapi Hal-Hal Ini di Tahun Terakhir SMA

Tahun terakhir sekolah memang berjuta rasanya. Sedih, senang, deg-degan, semua bercampur jadi satu saat kita telah memasuki masa-masa sebagai senior yang paling senior di sekolah. Senang karena sebentar lagi lulus dan akan masuk kuliah, sedih karena harus meninggalkan teman-teman di sekolah, deg-degan karena... well, karena apa lagi kalau bukan ujian yang akan datang berbondong-bondong. Hehe.

Gaes, menjelang tahun terakhir sekolah banyak banget lho hal-hal yang perlu kamu persiapkan. Nah, biar nggak ribet di akhir, akan lebih baik kalau kamu mulai bersiap menghadapi hal-hal ini dari sekarang!

1. Ujian

ujian sekolah nasional sbmptn snmptn

Tahu terakhir sekolah identik dengan ujian, setuju? Ujian Nasional, Ujian Sekolah, SBMPTN, Ujian Mandiri—wah, banyak dan berentet deh pokoknya. Maka itu, kamu harus mulai mempersiapkan diri menghadapi berbagai ujian yang akan datang di tahun terakhirmu sekolah ini sejak dini. Mulailah mendalami materi yang sekiranya akan diujikan dari awal menginjak kelas 12. Meski tampaknya berat, tapi percaya deh, hal ini kalau dilakukan secara rutin akan membantu kamu jelang ujian nantinya.

Hari gini masih pakai sistem SKS untuk belajar buat ujian? Kasihan tubuh dan otak kamu, lho!

2. Menentukan jurusan kuliah

Ini dia salah satu kegalauan paling mainstream dari mereka yang sudah menginjak tahun terakhirnya di SMA. Mau masuk jurusan apa? Pertanyaan itu rasanya menggema terus-terusan di tempurung kepala di mana pun dan kapan pun kita berada. Cielah, lebay.

Tapi serius lho, gaes. Menentukan jurusan kuliah bukan perkara sepele yang bisa langsung kelar dalam sehari semalam. No, no. Buat sebagian orang, menentukan jurusan kuliah bahkan lebih bikin puyeng daripada menentukan pendamping hidup. Nih, pertama, untuk menentukan jurusan kuliah pastinya kamu harus menyesuaikan dengan minat dan kemampuan, lalu kamu juga harus bisa menyelaraskan ini dengan pendapat orang tua kamu, setelah itu tentunya kamu pun harus tau ketika lulus dari jurusan tersebut, apa peluang kerja yang bisa kamu dapatkan.

So, gaes, mulai deh tuh rancang masa depanmu dari sekarang dengan memilih jurusan kuliah yang benar-benar sesuai dengan kamu. Salah jurusan itu nggak enak, lho, FYI aja.

3. Memilih kampus

Setelah memilih jurusan, hal selanjutnya yang harus kamu persiapkan adalah memilih kampus. Youthmanual paham banget kok kalau bagi sebagian orang, masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih menjadi pilihan utama—dan bahkan satu-satunya. Kualitasnya yang dianggap lebih baik dan biaya pendidikan yang cenderung lebih murah menjadi alasan-alasan yang membuat banyak orang rela “babak belur” belajar demi masuk PTN idaman.

Tapi, ini nggak berarti Perguruan Tinggi Swasta (PTS) itu jelek lho ya. Banyak juga kok PTS yang memiliki kualitas jempolan, plus biaya pendidikan yang terjangkau—bahkan gratis bagi sebagian mahasiswa terpilih. Sampoerna University misalnya, selain memiliki program studi yang berkualitas dan sangat sesuai dengan perkembangan zaman—seperti Pemasaran Digital!—PTS yang satu ini juga memiliki program yang dinamakan SU Merit Awards. Program yang terdiri dari serangkaian tes ini akan memungkinkan kamu untuk menempuh pendidikan sarjana di Sampoerna selama 4 tahun dengan biaya yang gratis, tis, tis! Tuh, siapa bilang cuma PTN aja yang berkualitas?

4. Menyusun CV

Baru lulus SMA masa udah harus bikin CV? Weits, jangan salah, gaes. CV itu dokumen penting yang bakalan sering banget kepake di bangku kuliah nanti. Mulai dari untuk mendaftar organisasi, kepanitiaan, kegiatan relawan, hingga magang maupun bekerja, kamu pasti akan membutuhkan si CV ini. Jadi, nggak salah kalau kamu mulai belajar bagaimana cara menyusun CV yang baik dan benar dari sekarang.

Selengkapnya tentang panduan membuat CV yang baik, bisa kamu cek di sini!

***

Gimana, gaes? Dari hal-hal di atas, yang mana nih yang udah kamu lakukan? Meski tampaknya tahun terakhir SMA itu merupakan masa-masa paling melelahkan, tapi yakin deh, kamu pasti bakal kangen hectic-nya masa-masa ini ketika lulus nanti.

Seperti kata lagunya almarhum Chrisye: Tiada masa paling indah, masa-masa di sekolah~

Artikel ini merupakan hasil kerjasama Youthmanual dengan Sampoerna University.

Baca juga:

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1