Menu

Persiapan SBMPTN Buat Mahasiswa yang Ingin Mengulang

 

 

 

Status sih, mahasiswa, tapi rencananya tahun ini “ngulang” ikutan SBMPTN lagi. Padahal kesibukan kuliah sudah menyita waktu dan energi. Sedangkan menghadapi SBMPTN juga nggak mudah dan butuh persiapan ekstra.

Keuntunganmu adalah pernah ikutan SBMPTN sebelumnya. Alhasil, kamu lebih berpengalaman dan tahu medan. Keuntungan lainnya adalah kamu sudah punya “backup” karena sudah kuliah. Jadi, nggak perlu pusing mikirin mau kuliah di mana seandainya nggak lolos SBMPTN.

Supaya keduanya--kuliah dan SBMPTN--lancar jaya, inilah poin-poin yang bisa kamu lakukan.

1. Mantapkan tujuan mengulang SBMPTN. Tujuan tiap orang bisa berbeda-beda, ada yang merasa salah jurusan hingga pengen pindah prodi, ada yang pengen mengejar mimpinya masuk ke PTN dan prodi idaman, ada pula yang berencana kuliah di dua jurusan sekaligus. Jangan sampai alasannya cuma demi gengsi atau sekadar penasaran pengen lolos SBMPTN.

Apapun alasanmu, pilih prodi yang benar-benar diminati dan sejalan dengan kemampuanmu. Jika kamu merasa salah jurusan atau mentok dengan prodi saat ini, maka kali ini pertimbangkan pilihanmu dengan matang. Kalau perlu, cukup memilih 1 atau 2 prodi yang benar-benar sesuai denganmu. Ngapain juga ‘kan, lolos di prodi yang nggak kamu banget, dan ujung-ujungnya nggak diambil? Ngambil jatah orang, tuh!

2. Perhatikan rangkaian jadwal SBMPTN, biar kamu nggak kelewatan dan bisa disesuaikan dengan kesibukan kuliahmu. Misalnya, jika waktu ujian SBMPTN bentrok dengan perkuliahan atau kegiatan mahasiswa, maka kamu bisa mengantisipasinya dari jauh hari. Nah, tanggal penting yang perlu dicatat adalah:

  • Kamis, 29 Maret. Informasi daya tampung tiap prodi dipampang di situs resmi SBMPTN.
  • Kamis, 5 April 2018 pukul 08.00 - Jumat, 27 April pukul 22.00 pendaftaran SBMPTN.
  • Selasa, 8 Mei 2018 ujian tulis SBMPTN.
  • Rabu dan atau Jumat, 9 Mei/11 Mei ujian keterampilan SBMPTN untuk yang mendaftar prodi tertentu (seni dan olahraga).
  • Selasa, 3 Juli pukul 17.00. Pengumuman hasil SBMPTN.

3. Evaluasi performa kamu pada SBMPTN lalu. Sebab dari kegagalan, kita bisa mendapatkan pelajaran serta nggak mengulangi kesalahan yang sama.

4. Cicil belajar materi ujian SBMPTN dari sekarang. Perlu ikutan kursus intensif atau semacamnya nggak, sih? Well, semua tergantung pada gaya belajar dan kesibukanmu. Biasanya, mahasiswa yang mau ikutan SBMPTN nggak mengambil les, karena kegiatannya sudah penuh. Jadi belajar sendiri dan ikutan berbagai tryout.

5. Di sisi lain, tetap perhatikan kuliahmu. Kerjakan tugas dengan baik, konsentrasi di kelas, dan siapkan diri menghadapi ujian di kampus. Karena berstatus mahasiswa kamu bertanggung jawab memastikan kuliahmu nggak keteteran.

6. Kalau melihat poin 5 dan 6, artinya selama bulan-bulan ke depan kamu bakalan disibukkan sama kuliah dan persiapan SBMPTN. Manajemen waktu mesti canggih, sob! Aktivitas nongkrong dan hura-hura mau nggak mau harus dikurangi dan "dimodifikasi".

Jika biasanya nongkrong di kafé sambil ngobrol ngalur ngidul atau buka-buka medsos *fakir wi-fi mode*, sekarang kamu bisa ngopi untuk diskusi bareng teman dan ngerjain tugas. Atau saat liburan sama keluarga dan teman, jangan lupa bawa laptop agar bisa tetap belajar. Jadi refreshing-nya dapet, tapi tetap bisa memanfaatkan waktu.

Untuk mendukung aktivitas tersebut, kamu perlu “investasi” gadget yang tepat, seperti Swift 7, laptop tertipis di dunia keluaran Acer. Laptop dengan OS Windows 10 ini dilengkapi dengan prosesor Intel generasi ke-7 Core i7, batere tahan hingga 10 jam, serta memiliki koneksi 4G LTE. Pas deh, buat kamu yang mobile dan punya banyak kesibukan.

acer swift 7

Gimana dengan koneksi internetnya? Tenang aja, teknologi wireless 802.11 ac dengan 2×2 MIMO bikin Swift 7 jempolan buat browsing, upload, download, hingga buka channel Youtube Youthmanual. *Promo*. Swift 7 memudahkan kamu untuk menyelesaikan proyek kampus sekaligus belajar buat SBMPTN.  Tambahan lagi, laptop ini memiliki slot kartu SIM nano dan Intel XMM 4G LTE ini serta eSIM (embedded SIM) yang memungkinkan kamu terkoneksi dengan mudah dan lancar di mana saja, tanpa perlu menukar kartu SIM. Laf banget, lah!

7. Pikirkan langkah yang akan diambil saat kamu berhasil menembus SBMPTN. Apakah akan mengundurkan diri dari kuliah yang dijalani saat ini dan kembali menjadi maba? Apakah akan cuti sementara? Apakah mengambil dua kuliah di waktu bersamaan? Pertimbangkan berbagai faktor sebelum memutuskan.

Semoga mendapatkan yang terbaik!

Baca juga:

(sumber gambar: publicbroadcasting.net)

LATEST COMMENT
Arif Alfon Gordon | 6 jam yang lalu

Jadi, ketika saya lulus sbm, harus saya lepaskan kak??

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
Achmad Choirul Huda | 9 jam yang lalu

Min jadi univ mau nerima kita dipilihan kedua kan? Banyak kabar hoax yg bilang gitu :(

Strategi Menentukan Pilihan Pertama dan Kedua pada SBMPTN 2019
Azizah Nur | 11 jam yang lalu

Bismillah maba oseanografi itb 2021:)). O iya kalo oseano di itb tesnya saintek atau soshum?

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
bae eristhaaak | 11 jam yang lalu

Wahh :') aku tahun ini gak keterima sma negeri walaupun nem bagus tapi karena zonasi dan kurangnya perkiraan. Tapi aku berusaha untuk yakin bahwa semua sekolah sama yang membuat beda adalah isinya atau diri kita sendiri walaupun bakalan masuk swasta semoga ini merupakan jalan terbaik dari tuhan.

Masuk SMA Favorit dan Unggulan, Penting Nggak, Sih?
Dipamustafa | 11 jam yang lalu

pentingan mana sih? daya tampungnya apa peluang(keketatan)?

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©