Menu

Mencari Program Studi yang Sesuai dengan Kepribadian MBTI (Bagian 2)

Siapa disini yang masih asing dengan MBTI? Buat kamu yang masih asing dengan istilah yang satu ini, MBTI merupakan singkatan dari Myers-Birggs Type Indicator. MBTI ini merupakan sebuah psikotes untuk mengetahui bagaimana kepribadianmu berdasarkan ide yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers.

Nah, MBTI ini memiliki enam belas tipe kepribadian yang merupakan hasil dari interaksi dan preferensi, gaes. Enam belas tipe kepribadian MBTI ini, semuanya memiliki empat dimensi kecenderungan sifat dasar manusia. Kecenderungan sifat dasar manusia tersebut ialah, yang pertama, dimensi pemusatan perhatian yang terbagi menjadi Introvert (I) dan Ekstrovert (E). Kedua, dimensi memahami informasi dari luar terbagi menjadi Sensing (S) dan Intuition (N). Ketiga, dimensi menarik kesimpulan atau keputusan terbagi menjadi Thinking (T) dan Feeling (F). Keempat, dimensi pola hidup yang terbagi menjadi Judging (J) dan Perceiving (P).

Nah, setiap enam belas kepribadian MBTI, pastinya memiliki sifatnya tersendiri. Nah, karena setiap kepribadian memilikinya sifat-sifatnya tersendiri, kamu bisa mencocokannya dengan program studi-program studi yang sesuai dengan enam belas tipe kepribadian tersebut, lho. Mau tahu? Yuk disimak!

1. ISTJ – Introvert, Sensing, Thinking, Judging

istj

Jika kamu memiliki kepribadian ISTJ, kamu merupakan seseorang yang serius, tenang, stabil dan damai. Kamu adalah orang yang senang dikelilingi oleh fakta. Selain itu, kamu juga suka dengan hal-hal yang logis, objektif, praktis dan realistis. Kamu ialah seseorang yang dapat diandalkan dan bertanggung jawab. Menjadi pendengar yang baik dan setia pun menjadi kelebihan yang ada di dalam didirimu.

Kalau kamu memiliki kepribadian yang satu ini, program studi yang sesuai denganmu ialah Manajemen, Pendidikan Kepolisian, Ilmu Hukum, Kedokteran, Akuntansi  dan Sistem Informasi (Manajemen Informatika).

2. ISFJ – Introvert, Sensing, Feeling, Judging

isfj

Jika kamu seorang ISFJ, kamu ialah orang yang penuh dengan pertimbangan, hati-hati, teliti dan akurat. Kamu adalah seseorang yang serius, tenang, stabil namun memiliki perasaan yang sangat sensitif. Kamu pun merupakan seseorang yang ramah, perhatian pada perasaan dan kebutuhan orang lain. Kelebihanmu ialah kamu seorang pendengar yang baik, detail, teliti dan sangat bertanggung jawab.

Kalau kamu memiliki kepribadian yang satu ini, program studi yang sesuai denganmu ialah Arsitektur , Ilmu Keperawatan, Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan), Pendidikan Bimbingan Konseling dan Ilmu Perpustakaan.

3. ESTJ – Extrovert, Sensing, Thinking, Judging

estj

Kamu adalah orang yang praktis, realistis, berpegang pada fakta, dengan dorongan alamiah untuk bisnis dan mekanistis. Selain itu, kamu ialah seseorang yang sangat sistematis, procedural dan terencana. Disiplin, tepat waktu dan pekerja keras merupakan kelebihan dari kepribadianmu. Kamu pun seseorang yang suka mengorganisir sesuatu.

Kalau kamu memiliki kepribadian yang satu ini, program studi yang sesuai denganmu ialah Pendidikan Militer, akademi polisi, ilmu hukum, akuntansi dan Ekonomi.

4. ESFJ – Extrovert, Sensing, Feeling, Judging

esfj

Kalau kamu seorang ESFJ, kamu memiliki sifat yang hangat, banyak bicara, populer, bisa bekerjasama, suportif dan kamu merupakan seseorang yang aktif dalam kerja kelompok. Kamu pun merupakan seseorang yang suka melakukan suatu hal yang baik kepada orang lain. Santai, easy going, sederhana  dan tidak berpikir panjang pun menjadi suatu hal yang melekat pada dirimu.

Kalau kamu memiliki kepribadian yang satu ini, program studi yang sesuai denganmu ialah finance, Ilmu Keperawatan, Pendidikan Bimbingan Konseling dan kesekretariatan.

5. ISTP – Introvert, Sensing, Thinking, Perceiving

istp

Kamu adalah seseorang yang tenang, pendiam, cenderung kaku, dingin, hati-hati dan penuh pertimbangan. Selain itu, kamu juga seseorang yang logis, rasional, kritis, objektif dan mampu mengesampingkan perasaan. Kamu seseorang yang bisa menghadapi perubahan mendadak dengan cepat dan tenang. Kamu memiliki kelebihan yaitu memiliki sifat percaya diri, mampu menganalisa, mengorganisir dan problem solver yang baik.

Kalau kamu memiliki kepribadian yang satu ini, program studi yang sesuai denganmu ialah Kriminologi, Teknik Informatika, teknik, Penerbang (Pendidikan Pilot) dan Ilmu Keolahragaan.

6. ISFP – Introvert, Sensing, Feeling, Perceiving

isfp

Kamu adalah seoseorang yang berpikiran simpel dan prakis. Selain itu, kamu pun merupakan seseorang yang fleksibel, sensitive, ramah, tidak suka menjadi pusat perhatian dan rendah hati pada kemampuannya. Kamu pun seseorang yang cenderung suka menghindari konflik. Kamu yang memiliki kepribadian ISFP, dapat menunjukkan perhatian lebih banyak melakukan tindakan dibandingkan kata-kata.

Kalau kamu memiliki kepribadian yang satu ini, program studi yang sesuai denganmu ialah desain, Seni Rupa (Creative Arts), Psikologi, bimbingan konseling dan pendidikan guru.

7. ESTP – Extovert, Sensing, Thinking, Perceiving

estp

Kamu ialah seseorang yang spontak, aktif, enerjik, cekatan, cepat, sigap, antusias, fun dan penuh variasi.  Kamu pun komunikator yang baik, cenderung blak-blakan dan kharismatik. Kamu pun merupakan seseorang yang baik dalam memecahkan masalah.

Kalau kamu memiliki kepribadian yang satu ini, program studi yang sesuai denganmu ialah Manajemen Pemasaran (Marketing), bisnis dan ilmu ekonomi.

8. ESFP – Extrovert, Sensing, Feeling, Perceiving

esfp

Kamu yang merupakan seorang ESFP, pastinya, kamu adalah seseorang yang outgoing, easygoing, mudah berteman, bersahabat, sangat sosial, ramah, hangat dan menyenangkan. Kamu juga seseorang yang opimis, ceria, antusias dan fun. Kamu pun seseorang yang cenderung aware dengan keadaan sekitarmu. Kamu tipikal seseorang yang lebih menghindari konflik dan menjaga keharmonisan suatu hubungan.  

Kalau kamu memiliki kepribadian yang satu ini, program studi yang sesuai denganmu ialah Manajemen Perhotelan, Pariwisata, seni rupa dan desain.

***

Nah, dari kedelapan kepribadian di atas, adakah salah satunya yang menjadi kepribadianmu? Well, meskipun setiap kepribadian memiliki program studinya tersendiri, akan tetapi, bukan berarti hal tersebut sudah pasti, ya. Program studi tersebut didasari oleh kecenderungan sifa-sifat tiap kepribadian. Jadi, jangan batasi dirimu dengan masuk ke program studi yang hanya cocok dengan kepribadianmu saja, ya! Semangat!

Sumber gambar:

(Sumber gambar: pinterest.com, wordpress.com, pinterest.com, mbtionline.com)

LATEST COMMENT
Intan Nur Septiani | 7 jam yang lalu

Opem endorse @tane.id

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

doa kok diumbar kentoddd

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

pataatttt

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

doa kok diumbarr

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©