Kisah Peraih Beasiswa Universitas Prasetiya Mulya, I Wayan Rona

Pesimis lanjut ke jenjang perguruan tinggi lantaran galau mikirin mahalnya biaya kuliah? Kenalan dulu yuk sama I Wayan Rona. Anak muda asal Bali ini membuktikan bahwa ia bisa sukses lanjut kuliah dan mendapatkan beasiswa dengan hanya bermodalkan kegigihan dan semangat belajar. Gimana caranya?

Cerita Rona Meraih Beasiswa

I Wayan Rona atau yang akrab disapa Rona, lahir di Desa Julah, Buleleng, Bali. Kebanyakan orang di desanya menganggap aktivitas merantau adalah hal yang tabu.

"Karena tak mau merantau, banyak yang akhirnya  memilih berprofesi sebagai buruh tani,” jelas lulusan SMAN Bali Mandara ini.

Meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi tampaknya sulit bagi Rona, apalagi ia nggak berasal dari keluarga yang mampu. Tak menyerah dengan kendala finansial dan tantangan masyarakat, Sang Ibu terus menyemangati Rona agar ia mampu mencapai cita-citanya.

“Ibu saya hanya lulusan SMP, tapi beliau punya mimpi besar untuk anak-anaknya. Suatu saat, saya bilang ke Ibu pengen jadi orang sukses. Ibu pun mendukung asalkan saya bisa dapat beasiswa,” Rona bercerita. Ia pun bertekad untuk memperoleh pendidikan terbaik dan mewujudkan mimpinya menjadi Sarjana Ekonomi.

Buka Mata, Buka Telinga

Jalan Rona dalam  mengejar peluang kuliah Ekonomi terbuka ketika ia melihat selebaran yang terpampang di perpustakaan sekolahnya.

“Ketika lagi main ke perpustakaan sekolah, ada selebaran yang sudah agak lecek, tapi cukup bikin saya penasaran. Dari selebaran itulah saya bisa mengetahui  informasi beasiswa full 4 tahun dari Universitas Prasetiya Mulya,,” ia berkisah.  

Singkat cerita, Rona berangkat mengikuti seleksi masuk Prasetiya Mulya dan berhasil terpilih sebagai satu-satunya penerima beasiswa full 4 tahun dari Prasetiya Mulya. Bermodalkan kegigihan dan semangatnya, Rona berhasil membuktikan bahwa ia punya kesempatan untuk sukses. Kini, ia pun sedang menunggu wisuda pada bulan Desember 2018 nanti.
Kalau Rona bisa, kalian juga bisa!

***

Kali ini, Youthmanual akan berbagi informasi tentang program beasiswa yang disediakan oleh Universitas Prasetiya Mulya. Program beasiswa dari kampus yang dikenal dengan nama Prasmul ini memberikan bebas biaya kuliah hingga Rp250 juta, lho!

Pilihan Beasiswa dari Prasetiya Mulya

Pada tahun 2018 ini, Prasmul menawarkan 5 kategori beasiswa yaitu Bakti Indonesia Scholarship, Young Scholar Indonesia Scholarship, READI Project Scholarship, Achievement Scholarship, dan Jalur Prestasi Scholarship.

prasetya mulya

1. Bakti Indonesia Scholarship

Bakti Indonesia Scholarship merupakan jenis beasiswa yang didapatkan Rona. Program ini membuka kesempatan bagi siswa-siswi berprestasi dari Sabang hingga Merauke, untuk menempuh studi di 14 jurusan unggulan di Prasetiya Mulya secara gratis.

Tak tanggung-tanggung, penerima beasiswa dalam kategori ini memiliki kesempatan untuk bebas biaya kuliah selama 4 tahun lamanya, ditambah tunjangan hidup dan akomodasi. Setelah menyelesaikan pendidikan selama 4 tahun, penerima beasiswa juga memiliki kesempatan bekerja di Prasmul melalui ikatan dinas minimal 2 tahun lamanya. Menarik, ya?

Untuk meraih kesempatan tersebut, kalian harus menjalani serangkaian proses seleksi beasiswa yang ditentukan oleh Prasetiya Mulya. Tes ini juga akan menentukan besaran benefit yang diraih oleh penerima beasiswa. Berikut tahapannya:

  • Lulus tes seleksi masuk Prasetiya Mulya dengan kategori baik sekali.
  • Mengikuti rangkaian tes beasiswa lanjutan yang terdiri dari: esai, focus group discussion, presentasi dan interview.
  • Memiliki prestasi akademik dan non akademik (opsional).
  • Melampirkan surat rekomendasi dari guru beserta surat keterangan tidak mampu dari kelurahan bagi kandidat Bakti Indonesia Scholarship.

2. Young Scholar Indonesia

Selain Bakti Indonesia Scholarship, teman-teman juga bisa lho membidik Young Scholar Indonesia Scholarship. Keduanya serupa,  namun beasiswa ini nggak hanya diperuntukkan bagi siswa berprestasi keterbatasan finansial serta nggak mengharuskan adanya ikatan dinas.

3. READI Project

Bagi teman-teman yang tertarik menjadi, beasiswa READI Project pas banget untuk kalian coba. Universitas Prasetiya Mulya telah menanda-tangani kerja sama dengan Project READI yang diinisiasi oleh University of Waterloo Kanada dan Otoritas Jasa Keuangan. Project READI akan menyediakan dukungan kepada Universitas Prasetiya Mulya dalam memberikan beasiswa bagi siswa-siswi terpilih untuk mengambil bidang studi S1 Business Mathematics dengan peminatan Matematika Aktuaria selama dua tahun pertama masa perkuliahan.

4. Bidikmisi

Selain beasiswa di atas, Prasmul juga bekerjasama dengan Kemenristekdikti dalam menghadirkan program Bidikmisi. Serba-serbi Bidikmisi bisa kamu cek di sini.

5. Achievement Scholarship & Financial Aid

Selain untuk calon mahasiswa, Prasmul juga memberikan kesempatan mahasiswa yang sudah aktif kuliah untuk mendapatkan beasiswa. Terdapat beasiswa Financial Aid bagi mahasiswa Prasmul yang mengalami kendala finansial pada saat menjalani masa perkuliahan. Trus, bagi mahasiswa Prasmul yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik menonjol, akan berkesempatan mendapatkan Achievement Scholarship.

Itu dia beragam beasiswa yang ditawarkan Universitas Prasetiya Mulya bagi anak muda terbaik di seluruh Indonesia. Selain bisa meraih kesempatan bebas biaya kuliah hingga 250 juta, program beasiswa juga bisa memberi banyak manfaat, antara lain memacu diri untuk lebih berprestasi, meringankan beban orang tua, serta membentuk pribadi yang lebih mandiri.

Untuk informasi lebih lanjut terkait persyaratannya, kamu bisa langsung cek di www.prasetiyamulya.ac.id  dan email: [email protected]. Jangan ragu untuk mencoba meraih beasiswa ya, gaes!

(sumber gambar: dok. Universitas Prasetya Mulya)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1