Menu

Jadwal Pendaftaran Peguruan Tinggi Swasta 2018 dan Hal yang Perlu Kamu Ketahui Soal Seleksi Masuk PTS

Bagi yang berencana kuliah tahun ajaran 2018, perguruan tinggi swasta mulai membuka pendaftaran, lho. Artinya, kamu mesti bersiap! Catat jadwal pendaftaran berbagai PTS berikut ini, dan jangan sampai peluang masuk kampus incaran terlewat. Good luck!

1. Universitas Bina Nusantara 

Jadwal Pendaftaran:

Binus Bekasi: 29 April 2018 - 12 May 2018

Binus Jakarta Utara (Online Learning): 19 April 2018 - 05 May 2018

Binus Jakarta (School of Design): 17 March 2018 - 03 May 2018

Binus Jakarta (International): 17 March 2018 - 03 May 2018

Binus Jakarta (Business School): 05 April 2018 - 02 May 2018

Binus Tangerang (School of Engineering): 20 April 2018 - 10 May 2018

Binus Malang (Online Learning): 21 April 2018 - 12 May 2018

Formulir pendaftaran: Rp300,000 - Rp. 600,000

Materi ujian:

* Soal tertulis logika, abstraksi (non verbal), dan tes verbal (untuk semua jurusan)

* Tes Interview (untuk jurusan Manajemen Perhotelan, Pariwisata, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

* Tes Talent (untuk Jurusan Marketing Komunikasi dan Komunikasi Massa)

* Tes Gambar (Untuk jurusan DKV, Desain Interior, dan Arsitektur)

Kisaran biaya kuliah keseluruhan hingga lulus: Rp138 juta – Rp205 juta.

Catatan:

  • Pendaftar diminta menyertakan fotokopi rapor dari kelas 10 sampai 12.
  • Saat hari ujian datang 30 menit sebelum ujian. Jika terlambat lebih dari 30 menit setelah tes berlangsung akan didiskualifikasi.
  • Jika dinyatakan lulus, selanjutnya diminta membayar uang kuliah awal.
  • Uang kuliah yang sudah dibayarkan dapat dikembalikan jika calon maba diterima di PTN (dan tidak jadi masuk Binus). Namun uang pendaftaran sebesar Rp4,000,000 tidak dikembalikan.

Informasi lebih lanjut: http://admissions.binus.ac.id/

2. Universitas Pelita Harapan

Jadwal:

* Pendaftaran: 15 September, 17 November, 19 Januari, 9 Maret, 9 Mei, dan 22 Juni  2018 (Jakarta)

Ujian Masuk:  7 Oktoberm 9 Desember, 3 Februari, 24 Maret, 18 Mei, dan 13 Juli 2018 (Jakarta)

* Pendaftaran: 17 November (luar Jakarta)

Ujian Masuk: 9 Desember

* Pendaftaran prodi Kedokteran: 4 Oktober, 6 Desember, 31 Januari, dan16 Mei

Ujian prodi Kedokteran: 7 Oktober, 9 Desember, 3 Februari, dan 18 Mei

Kisaran biaya kuliah keseluruhan hingga lulus: Rp135 juta – Rp208 juta (non Kedokteran) dan untuk prodi Kedokteran Rp580 juta sampai Rp634 juta.

Catatan:

  • Nggak semua mesti ikutan ujian masuk, hanya beberapa kasus seperti homeschooling dan pendaftar jurusan Kedokteran.
  • Karena nggak ada tes calon mahasiswa baru akan diseleksi melalui isian formulir yang dikirim, termasuk dokumen nilai rapor SMA.
  • Khusus calon maba Kedokteran harus mengikuti tes masuk.
  • Ada juga jalur beasiswa untuk mereka yang memiliki prestasi akademik, berprestasi di bidang olahraga, dan nggak mampu dari segi finansial.

Informasi lebih lanjut: https://www.uph.edu/id/pendaftaran/pendaftaran-program-sarjana/prosedur.html

3. Universitas Trisakti 

Jadwal:

* Pendaftaran Program Seleksi Siswa Berprestasi (PSSB): 1 November – 11 Agustus 2018

* Pendaftaran Ujian Seleksi Masuk (Reguler):  17 Desember, 21 Januari, 11 Februari, 11 Maret, 11 April, 13 Mei, 3 Juni, 15 Juli, dan 12 Agustus 2018

* Ujian: Satu hari setelah pendaftaran, yaitu 18 Desember, 22 Januari, 12 Februari, 12 Maret, 12 April, 14 Mei, 4 Juni, 16 Juli, dan 13 Agustus 2018

Materi Ujian:

* Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi: Pengetahuan Umum, Matematika, Bahasa Inggris

* Fakultas Kedokteran: Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, Biologi

* Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, Sistem Indormasi: Matematika, Bahasa Inggris, Fisika

* Teknik Geologi, Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan: Matematika, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia

* Arsitektur: Matematika, Bahasa Inggris, Fisika, tes gambar

* Arsitektur Lanskap: Pengetahuan umum, Matematika, Bahasa Inggris, Fisika

* Desain Komunikasi Visual, Desain Produk: Pengetahuan umum, Bahasa Inggris, tes gambar

* Fotografi: Pengetahuan umum, bahasa Inggris, tes tertulis

Kisaran biaya kuliah total hingga lulus: Rp135 juta – Rp181 juta (non Kedokteran) dan Rp548 juta – Rp598 (Kedokteran)

Catatan:

  • Pada ujian saringan masuk, calon maba bisa memilih 2 program studi.
  • Ada pula jalur prestasi, yang diseleksi berdasarkan nilai rapor SMA serta prestasi kulikuler dan ekstrakulikuler.

Informasi lebih lanjuthttp://www.spmb.trisakti.ac.id/

4. Telkom University 

Jadwal:

Undangan Seleksi Mitra (USM): 22 Januari – 4 Mei 2018

Jalur Prestasi Akademik: 16 April – 11 Mei 2018

Pengumuman: 14 Desember

Kisaran biaya kuliah total hingga lulus: Rp56 juta – Rp202 juta

Catatan:

  • Pendaftar wajib menyertakan rapor semester 1-4 dengan syarat nilai rata-rata minimal 70.
  • Akan ada tahap pendaftaran selanjutnya, yang akan diumumkan kemudian. Jadi kamu mesti rajin cek-ricek situs mereka.

Informasi lebih lanjut: https://smb.telkomuniversity.ac.id

5. London School of Public Relations 

Jadwal:

Pendaftaran terbagi dalam beberapa gelombang:

* 20  November – 8 Desember. Tes 9 Desember

* 18 Desember  - 12 Januari. Tes 13 Januari

* Februari – 9 Maret. Tes 10 Maret

* 12 Maret – 6 April Tes 7 April

* 9 April – 18 Mei. Tes 19 Mei

Jadwal Juni-Agustus diinfokan kemudian.

Formulir pendaftaran: Rp250,000

Kisaran biaya kuliah hingga lulus: Rp130 juta

Materi ujian:

Pengetahuan Umum, Matematika, Bahasa Inggris.

Catatan:

  • Ada jalur Penelusuran Minat dan Bakat dengan seleksi nilai rapor semester 3 dan 4 (kelas 11). Syaratnya, nilai rata-rata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Fisika (untuk anak IPA), Ekonomi/Akuntansi (untuk IPS), Bahasa Asing Lainnya (untuk Bahasa) minimal 75.
  • Ada pula jalur prestasi dengan menyertakan piagam prestasi dan surat pengantar dari sekolah.
  • Saat tes berlangsung calon maba juga akan sekaligus mengikuti tes narkoba dengan biaya Rp100,000.

Informasi lebih lanjut: http://lspr.edu/

6. Universitas Pamulang 

Jadwal:

Belum ada jadwal resmi, namun berdasarkan penerimaan tahun lalu, pendaftaran dibuka 3 gelombang, yaitu:

Periode Maret - April

Periode April - Juni

Periode Juni - Agustus

Biaya pendaftaran: Rp100,000

Materi ujian:

* Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia (Untuk peserta semua jurusan)

* Tes materi sesuai jurusan yang dipilih, misalnya, tes subjek Akuntansi untuk jurusan Akuntansi, tes yang berkaitan dengan Teknik Elektro (Fisika) untuk jurusan Teknik Elektro, dan lain sebagainya.

Kisaran biaya kuliah total hingga lulus: Rp14 juta - Rp21 juta

Catatan:

  • Setelah tes tertulis akan ada tes urine untuk seluruh peserta.
  • Uang kuliah persemester bisa diangsur selama sebulan. Nilainya sekitar Rp200,000-Rp300,000 per bulan.

Informasi lebih lanjut: http://pmb.unpam.ac.id/

7. Universitas Surabaya 

Jadwal:

* Pendaftaran jalur tanpa tes: hingga 10 Mei 2018

* Pendftaran jalur tes: 10 Mei 2018

* Ujian jalur tes: 13 Mei 2018

Biaya pendaftaran: Rp350,000

Materi ujian:

* Tes Potensi Akademik (untuk semua jurusan)

* Khusus jurusan Kedokteran, selain TPA ada Tes Kesehatan, Tes Psikologi, Wawancara

Kisaran biaya kuliah total hingga lulus: Rp143 juta - Rp169 juta

Catatan:

  • Untuk jalur tanpa tes, dilihat dari nilai rapor atau prestasi olahraga.
  • Hanya yang SMA-nya terdaftar di Universitas Surabaya yang bisa ikutan jalur tanpa tes. Cek di sini.

Informasi lebih lanjut: https://daftar.ubaya.ac.id/

***

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat mendaftar ke perguruan tinggi swasta

1. Biasanya, pendaftaran dan tes dibuka beberapa gelombang. Tapi kalau kamu sudah punya pilihan, mendingan segera daftar. Sebab biasanya, akan ada potongan biaya untuk pendaftar awal.

2. Jalani tes dengan sebaik-baiknya, gaes. Jangan “yang penting lolos”. Why? Di beberapa kampus, calon maba dengan hasil tes yang oke mendapatkan bonus berupa diskon biaya kuliah. Lumayan banget, mengingat biaya kuliah di PTS yang relatif tinggi.

3. Masing-masing kampus memiliki materi tes yang berbeda. Kamu perlu cari tahu apa saja tes yang akan kamu jalani. Kadang tesnya bukan hanya menjawab soal tertulis, lho, tapi juga berupa wawancara, praktik, hingga bikin esai.

4. Keuntungan mendaftar di PTS adalah jadwalnya sudah dimulai sejak awal. Jadi kamu bisa colong start. Saat teman-teman lain ketar-ketir mempersiapkan ujian masuk perguruan tinggi, kamu sudah lebih tenang (bila diterima, ya). Alhasil kamu bisa fokus dengan UN, buku tahunan sekolah, acara perpisahan, dan menikmati masa-masa kelas 12-mu dengan paripurna. Uhuy!

5. Gimana kalau pengen daftar PTS tapi masih ngarep diterima PTN? Kamu bisa mencobanya setelah pengumuman penerimaan PTN. Dengan catatan, kalau masih dibuka, lho. Makanya, kamu perlu tahu banget jadwal kampus incaran.

Bisa juga kamu daftar duluan, tapi jika lulus kamu akan diminta untuk membayar uang pangkal/uang semester awal. Nah uang tersebut bisa dikembalikan hanya jika kamu diterima di SNMPTN dan SBMPTN, dan nggak jadi masuk PTS. Oya, kadang uang yang dikembalikan nggak seluruhnya.

6. Cek situs kampus yang kamu incar secara berkala untuk mengetahui apakah ada update atau perubahan informasi.

Baca juga:

(sumber gambar: Youtube BuzzFeedBlue)               

LATEST COMMENT
Maulida Nur Perdani | 1 jam yang lalu

bantu jawab ya.. kalau memang hanya minat di rumpun soshum, ambil soshum saja bisa kok, gak harus ipc ^^

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Anisa | 11 jam yang lalu

Kk aku kan dari jurusn ipa, tapi pas mau kuliah mau ngambil soshun, itu apakah harus utbk nya sohsun atau ipc kk?

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Tisam Ali | 18 jam yang lalu

Apakah masih bisa diubah? Jika ya, silakan coba di prodi yang lain. Namun apabila telah telanjur dan tidak bisa diubah, maka saran saya coba jalani. Bulatkan tekad untuk menjalani perkuliahan. Dari situ, kamu benar-benar dapat mengetahui apakah salah jurusan atau ternyata bisa dijalani.

Balada Salah Jurusan Kuliah dan Solusinya. Nggak Harus Pindah Jurusan, Kok!
Tisam Ali | 18 jam yang lalu

Hai Kristin, untuk teknis pengisian, bisa kamu tanyakan ke pihak kampus. Kebanyakan kampus sudah menerapkan pengisian berbasis komputer secara online. Ada pula yang masih mengisi secara manual (tertulis).

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©