Inspirasi Kegiatan Berfaedah yang Bisa Kamu Lakukan Selama Gap Year

Pembaca jurnal Youthmanual yang tahun ini ngambil gap year, cung tangan tinggi-tinggi!

Kita salut banget, lho, sama kamu yang berani mengambil keputusan untuk “cuti” setahun sebelum melanjutkan studi. Gap year memang bukan kegiatan yang bisa diikuti oleh sembarang anak muda, karena kamu haruslah memahami apa tujuan kamu dalam mengambil gap year, dan tentunya berani mengambil risiko karena gap year masih dipandang negatif di negara kita.

Eniwei, kamu udah tahu, belum, hal apa aja yang bakal kamu lakukan selama gap year?

Kegiatan yang bisa kamu lakukan selama gap year memang nggak ada batasnya. Tapi, agar gap year kamu semakin berfaedah, ada baiknya kalau kamu menyesuaikan kegiatan tersebut dengan tujuan kamu mengikuti gap year itu sendiri. Asal jangan sampai gap year kamu diisi dengan leyeh-leyehan setahun penuh, lho, ya.

Jadi, kenali dulu apa yang kamu butuhkan dan hal apa yang ingin kamu kejar selama mengikuti gap year. Dengan begitu, kamu bisa memilih jenis kegiatan mana yang paling tepat dengan kebutuhan, dan bagiamana kegiatan tersebut bisa membantu kamu mencapai tujuan yang sudah kamu tetapkan.

So, kalau kamu masih ingin mengenal diri sendiri lebih dalam, sebaiknya kamu…

1. Pergi travelling. Jalan-jalan keliling dunia selama gap year itu manfaatnya jauh lebih besar dari sekadar nambahin stok foto aestethic kamu aja, lho. Travelling memberikan kamu kesempatan untuk melihat dunia dari sudut pandanng yang berbeda, sehingga kamu bisa menemukan jati diri kamu sering berjalannya waktu dan pengalaman kamu selama berkelana. Psst, kamu juga bisa memperkaya pengalaman multikultural kamu lewat kegiatan ini, lho!

2. Ikut program volunteer. Kegiatan ini cocok banget buat kamu yang ingin mengalami bagaimana rasanya berkontribusi dan memberikan manfaat kepada lingkungan. Lewat program volunteer, kamu bisa memahami diri dan tujuan hidup kamu di masa depan dengan berbagai kegiatan seru yang bisa kamu sesuaikan dengan bentuk kontribusi apa yang bisa kamu berikan.

1

Kalau kamu ingin mengeksplorasi minat dan bakatmu lebih dalam, sebaiknya kamu…

1. Ikut kursus kemampuan sesuai hobi. Kalau kamu merasa hobi dan minatmu belum terasah dan terdalami denga baik, nggak ada salahnya, lho, kalau kau ikutan les atau kursus spesifik yang bisa mengembangkan kemampuanmu dalam bidang spesifik. Siapa tahu, jalan kesuksesan kamu bermula dari hobi kamu!

2. Apply magang/pekerjaan part time. Mau mengasah skill di bidang yang lebih spesifik? Coba, deh, apply magang atau pekerjaan apa pun yang bisa kamu lakukan dengan kompetensi yang sudah kamu miliki saat ini. Eits—jangan salah, meskipun kamu baru bisa mendapatkan pekerjaan blue collar, pengalaman yang akan kamu dapatkan sesungguhnya jauh lebih berfaedah dari yang kamu bayangkan, lho!

2

Kalau kamu sudah mengenal diri kamu tapi masih butuh persiapan ekstra untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sebaiknya kamu…

1. Intensif belajar di bimbingan belajar. Kece banget, nih, kalau kamu sudah bisa merancang masa depan kamu ketika gap year. Agar lebih maksimal, boleh banget, nih, kamu belajar intensif di bimbingan belajar kamu untuk mempersiapkan diri memasuki jurusan pilihan di perguruan tinggi idaman.

Daripada kamu buru-buru dan ngasal pilih jurusan kuliah dengan persiapan yang nggak maksimal dan ujung-ujungnya malah keterima di jurusan cadangan yang ternyata nggak cocok dengan kamu, lebih baik ambil risiko menunda setahun daripada menyesal di kemudian hari, ‘kan?

Semangat, ya!

(sumber gambar: independent.co.uk, cdn.com, blogspot.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1