Menu

Ini Dia Perguruan Tinggi Swasta dengan Jurusan Kedokteran Terakreditasi A di Indonesia!

Jurusan Kedokteran (Pendidikan Dokter) bisa dibilang salah satu jurusan terfavorit para siswa. Dari tahun ke tahun, persaingan masuk jurusan ini terbilang cukup ketat—nggak cuma di perguruan tinggi negeri (PTN) tapi juga di perguruan tinggi swasta (PTS).

Lho, memangnya jurusan kedokteran di PTS bagus-bagus?

Weits, jangan salah! Nggak cuma PTN aja lho yang jurusan kedokterannya terkenal top dan kesohor di seluruh penjuru negeri. Perguruan Tingi Swasta berikut ini juga memiliki jurusan kedokteran yang nggak kalah berkualitas dengan PTN!

Penasaran PTS apa aja yang memiliki jurusan kedokteran yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT? Simak daftarnya di bawah ini ya!

1. Universitas Pelita Harapan 

Selain terakreditasi A, Universitas Pelita Harapan juga terkenal dengan Fakultas Kedokterannya yang telah bertaraf internasional. Berada di bawah Fakultas Kedokteran, jurusan kedokteran di Universitas Pelita Harapan ini memiliki Rumah Sakitnya sendiri, lho, yaitu RS Umum Siloam. Tata cara pendaftaran kedokteran UPH adalah sebagai berikut:

  1. Calon mahasiswa melakukan registrasi akun secara di laman Online Admission Page UPH
  2. Melakukan pendaftaran  dengan melengkapi Biodata Diri, Biodata Keluarga, Latar Belakang Pendidikan, dan mengunggah Dokumen Identitas.
  3. Membeli formulir pendaftaran
  4. Memantau hasil pendaftaran di Dasbor Siswa

2. Universitas Islam Indonesia 

Universitas Islam Indonesia memiliki jurusan kedokteran yang juga terakreditasi A nih oleh BAN-PT. Sebagai salah satu universitas swasta tertua di Indonesia, UII memang terkenal dengan jurusan kedokterannya nih. Mahasiswanya diajarkan dengan menggunakan metode Problem Based Leraning, di mana mereka belajar berdasarkan masalah yang ada. Berada di bawah Fakultas Kedokteran, begini tata cara pendaftaran kedokteran UII:

  • Calon mahasiswa membeli formulir pendaftaran online di admisi.uii.ac.id
  • Melakukan pemberkasan di kampus UII
  • Ujian CBT di kampus fakultas kedokteran
  • Ujian Tahap II (bagi yang dinyatakan lulus ujian CBT)
  • Pengumuman hasil seleksi

3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya 

UNIKA Atma Jaya juga memiliki jurusan kedokteran yang patut untuk diacungi jempol. Terakreditasi A oleh BAN-PT, fakultas kedokteran ini memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang terbilang cukup lengkap. Selain laboratorium dan perpustakaan, Kedokteran Atma Jaya juga memiliki Rumah Sakit Kependidikannya sendiri yang terletak di Pluit, Jakarta Utara.

kedokteran atma jaya

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga memiliki jurusan Kedokteran yang terbilang mumpuni. Kampus kedokterannya terletak di Jalan Lingkar Selatan, Kasihan, Bantul – Yogyakarta. Jurusan Kedokteran UMY seringkali disandingkan dengan jurusan yang sama di Universitas Islam Indonesia. Untuk area Yogyakarta, Jawa Tengah, dan sekitarnya, kedua universitas swasta ini memang terbilang universitas swasta dengan jurusan kedokteran terfavorit.

UMY menyediakan dua jalur seleksi untuk calon mahasiswanya, yaitu jalur tes dan jalur prestasi. Untuk program studi kedokteran sendiri salah satu persyaratannya adalah peserta merupakan alumni SMA lulusan IPA.

5. Universitas Tarumanagara 

Universitas Tarumanegara terkenal sebagai salah satu universitas swasta dengan jurusan Kedokteran terfavorit di kalangan siswa. Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara melaksanakan kurikulum berbasis kompetensi dengan pendekatan belajar berdasarkan SPICES, yaitu: Student centered, Problem based, Integrated, Community oriented, Early exposure, dan Systematic. Meski biaya yang dikeluarkan mahasiswa Kedokteran Untar terbilang lebih mahal dibanding kampus-kampus lainnya, tapi kualitas pendidikan yang didapatkan pasti akan sebanding.

***

Itu dia daftar Perguruan Tinggi Swasta dengan jurusan Kedokteran yang terakreditasi A di Indonesia. Ingin cari tau lebih banyak mengenai PTS-PTS lain ataupun jurusan terkait, plus profesi yang mumpuni di masa depan? Yuk berkunjung ke laman Eksplorasi Youthmanual! Kamu bisa menemukan ribuan informasi terlengkap dan terpercaya mengenai kampus, jurusan, dan profesi di sana. Klik di sini untuk memulai eksplorasimu!

Baca juga:

(sumber gambar: atmajaya.ac.id)

LATEST COMMENT
Lia Marliana | 18 jam yang lalu

Kak kalo udah pilih pendaftaran jalur mandiri di link bidik misinya nantinya langsung di panggil oleh kampus atau ada link dr kampus yg harus kita isi?

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
M Rian Nasrullah Al-fath | 2 hari yang lalu

Mungkin kek ekonomi pembangunan ya,kali ya aku jg kurang tau

66 Program Studi Baru di SBMPTN 2019 dan Daya Tampungnya
zahara fonna | 2 hari yang lalu

Pilihan 1: kedokteran (unsyiah) Pilihan 2: biologi (unsyiah) Bisa gak kira kira?

Strategi Menentukan Pilihan Program Studi Pertama, Kedua, dan Ketiga pada SBMPTN
Andari Widanto Fitria Aisyah | 2 hari yang lalu

Memang ada psikologi saintek dan psikologi soshum. Nah, untuk selengkapnya kamu bisa baca di sini https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/bedah-jurusan-psikologi-soshum-ips-dan-psikologi-saintek-ipa-beserta-pilihan-kampusnya.

Hasil UTBK 2019: Mulai dari Nilai Tertinggi di Bidang Saintek Hingga Hal-Hal yang Harus Kamu Persiapkan Setelah Pengumuman Ini
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©