Informasi Seputar Persiapan Kuliah untuk Penyandang Disabilitas

Persiapan kuliah memang merupakan momen yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Dari mulai mikirin jurusan apa yang mau diambil, universitas mana yang harus dipilih, lebih enak kost atau pulang pergi, sampai apa aja peralatan mahasiswa baru nanti.

Untuk semua anak muda, persiapan kuliah haruslah disikapi dengan serius. Nah, kali ini, Youthmanual mau khusus membahas informasi seputar persiapan kuliah untuk penyandang disabilitas, gaes. Penting untuk tahu apa aja hak kita sebagai mahasiswa dan fasilitas apa aja yang bisa membantu kita supaya optimal dalam menjalani masa perkuliahan.  

1. Percaya diri bahwa kamu bisa menjalani perkuliahan

Bagi para penyandang disabilitas, kuliah merupakan babak baru perjuangan kamu dalam mencari ilmu dan pengalaman. Nggak kayak SMA, kuliah mewajibkan kita lebih proaktif, punya inisiatif dan mau “nyemplung “ duluan. Persiapkan diri kamu untuk lebih mandiri dan percaya diri.

Sebuah penelitian dalam jurnal Harvard menyebutkan nggak sedikit penyandang disabilitas yang sukses menjalani masa perkuliahan dan lulus dengan gemilang. Itu karena mereka mau menyingkirkan rasa takut dan menganggap bahwa kondisi mereka jutru sesuatu yang amat spesial. Misalnya, banyak mahasiswa yang mengalami kelumpuhan yang nggak ragu-ragu naik shuttle bus ke kampus dan ikut aktif dalam diskusi di kelas.

Pokoknya, don’t let things block your spirit!

Kalau menurut Handry Satriago, CEO General Elctric Indonesia yang harus duduk di kursi roda sejak usia 17 tahun, setiap manusia dibekali kemampuan untuk beradaptasi dalam sebuah kondisi. Karena itu beliau mampu gelar Sarjana S1 nya dari IPB dalam bidang Teknologi Industri Pertanian (Agroindustrial Technology) pada tahun 1993, dan S2 (Cum Laude) Magister Management (MM) dari IPMI, Jakarta. Dual degree dgn MBA dari Monash University, Australia pada tahun 1997. Handry Satriago menamatkan S3 nya pada tahun 2010 di Universitas Indonesia, dengan meraih gelar Doktor dalam bidang Strategic Management.

2. Ketahui hak-hak kamu selama di kampus

Sebagai mahasiswa penyandang disabilitas, kamu nggak boleh berhadapan sama diskriminasi. Namun tentu aja, kamu berhak meminta cara atau fasilitas yang bisa memudahkan kamu dalam menjalani aktivitas perkuliahan. Misalnya, seseorang yang memiliki gangguan muskuloskeletal (kondisi yang mengganggu fungsi sendi, ligamen, otot, saraf dan tendon, serta tulang belakang) yang menghambat mobilitasnya mungkin bisa meminta tempat duduk lebih ke depan agar bisa jelas melihat dosen yang sedang mengajar.

Tentu aja, hak-hak seperti ini akan diberikan oleh orang-orang di lingkungan kampus kamu.

3. Cari tahu kampus yang cocok untuk kamu

Salah satu tips dari Mac Murray Disability Service di Illinois, Amerika Serikat, kunci kemudahan berkuliah bagi para penyandang disabilitas adalah mencari tahu kampus yang cocok. Tanya informasi dan bandingkan hasil research kamu soal beberapa kampus incaran.

Pikirkan kira-kira hambatan apa yang bakal kamu alami selama perkuliahan nanti, lalu diskusikan hal ini dengan pihak kampus. Apakah mereka bisa membantu mencari jalan keluar untuk hambatan tersebut. Cari jalan tengah dari apa yang bisa kamu lakukan dan yang pihak kampus tawarkan. Penting untuk kamu tahu lebih dulu apa yang mereka bisa lakukan. Soalnya, kalau sudah mulai masa perkuliahan, akan lebih sulit mengatur hal-hal seperti ini.

Universitas Indonesia (UI), misalnya, UI lewat Fakultas Psikologi menyediakan layanan bagi mahasiswa berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas yang membutuhkan pendampingan. Menurut Ketua Program Sarjana Fakultas Psikologi UI, Prof. Dr. Frieda Mangunsong, M.Ed., Psi. layanan tersebut tersedia bagi setidaknya 200 mahasiswa dari jenjang S1 Reguler, 50 mahasiswa S1 Paralel, dan 40 mahasiswa S1 Kelas Khusus Internasional (KKI). Pendamping atau fasilitator untuk mahasiswa penyandang disabilitas diseleksi terlebih dahulu oleh Fakultas Psikologi.

Termasuk soal seleksi masuk UI, yang nggak didasarkan pada kriteria yang terkait dengan keterbatasan fisik calon mahasiswa. Sejumlah mahasiswa penyandang disabilitas antara lain pernah atau masih belajar di Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI.

Selain UI, masih banyak kampus lain kayak Universitas Bina Darma (UBD) yang menyiapkan mata kuliah Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo). UNJ, UIN dan UPI juga menjadi pilihan bagi banyak penyandang disabilitas.

4. Jangan ragu berhubungan dengan komunitas

Transisi masa SMA ke kuliah bukan perkara mudah buat setiap anak muda. Makanya, jangan ragu untuk bertanya atau meminta bantuan. Nggak ada salahnya bkomunitas juga, gaes. berhubungan dengan komunitas supaya perjalanan kamu selama kuliah bisa dibimbing dengan baik.

Do not hesitate to say yes untuk setiap kesempatan yang datang ke kamu. Yuk, bersiap untuk memasuki babak baru perkuliahan di hidup kamu!

 

(Sumber gambar: ert.gr, una.edu)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1