Menu

Di Mana Tempat yang Tepat Untuk Mencari Informasi Seputar Beasiswa?

Nggak cuma diperuntukkan bagi pelajar/mahasiswa yang memiliki keterbatasan dana untuk melanjutkan pendidikan, beasiswa juga bisa dimanfaatkan oleh kamu yang berprestasi. Saik!

Tapi, bukan berarti beasiswa bisa sekonyong-konyong menghampiri kamu begitu aja kayak hujan turun dari langit, lho, ya. Beasiswa hanya akan datang pada kamu yang nggak malas untuk mencari tahu informasi seputar beasiswa ke sana ke mari. Kalau kamu nggak usaha, jangan harap kamu bisa dapetin informasi—apalagi beasiswanya!—dengan mudah.

Kamu yang masih awam dan nggak tahu apa-apa pasti merasa kebingungan harus mulai mencari informasi beasiswa mulai dari mana. Padahal, kalau kamu emang niat dan bersungguh-sungguh, informasi beasiswa bisa kamu dapatkan dari mana saja, seperti…

1. Guru BK

1

Selain konsultasi soal jurusan kuliah, guru BK juga bisa kamu “ganggu” untuk mendapatkan informasi seputar beasiswa, lho, sob.

Makanya, kalau kamu punya waktu senggang, kayak jam istirahat, jangan segan-segan untuk mampir ke ruang BK dan tanya-tanya info beasiswa terkini. Ingat minta informasinya harus tetap sopan dan beretika, ya!

2. Sub bagian akademik kampus

Untuk kamu para mahasiswa, sub bagian akademik adalah tempat paling tepat untuk kamu mencari tahu soal informasi seputar beasiswa—mulai dari beasiswa internal kampus, beasiswa pemerintah, sampai beasiswa dari perusahaan-perusahaan yang sudah bekerjasama dengan kampus kamu.

Nah, yang bikin fasilitas satu ini sering diabaikan adalah komentar mengenai pegawai sub bagian akademik yang “katanya” kurang bersahabat gara-gara bete ngeladenin mahasiswa yang kebanyakan nanya anu-itu. Padahal nggak juga, kok. Kalau kamu bertanya dengan baik dan memperlihatkan kesungguhan, dijamin mereka bakal berbagi informasi dengan senang hati.

3. Mading sekolah/kampus/organisasi

Never underestimate the power of mading. Meski kesannya basi dan ketinggalan zaman banget, mading tetap menjadi sarana komunikasi paling vital di lingkungan sekolah ataupun kampus. Ditambah posisi mading yang selalu ditempatkan di titik-titik strategis, nggak mungkin, deh, rasanya kalau kamu sampai melewatkannya.

Mulai sekarang, kalau kamu niat banget untuk nyari beasiswa, biasakan untuk peka dengan lingkungan sekolah atau kampus kamu, ya. Kalau ada mading di Lorong-lorong gedung atau sekitar kantin, luangkan sedikit waktu kamu untuk melihatnya. Siapa tahu info seputar beasiswa idaman kamu ada di sana!

4. Kedutaan besar/pusat kebudayaan negara asing

4

Kalau ini, sih, wajib banget dipantengin sama kamu yang ingin melanjutkan studi di luar negeri. Soalnya, perkara info beasiswa dari negara asing, sih, paling update jika kamu nyari langsung di tempatnya.

Eits, bukan berarti kamu harus dateng langsung ke kedutaan besar atau ngerogoh kocek yang dalem buat nyamperin negaranya, sob! Dari sekian banyak kedutaan besar dan pusat kebudayaan negara asing yang ada di Indonesia, kamu cukup kunjungi laman web-nya. Di sana ada banyaaak banget informasi beasiswa dari pemerintah setempat.

5. Program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan

Sekarang udah banyak banget, lho, perusahaan-perusahaan bonafide yang memberikan bantuan biaya edukasi sebagai bentuk tanggung jawab sosial mereka terhadap lingkungannya. Nah, boleh banget, nih, kamu kepoin beberapa perusahaan besar yang terkenal dengan pemberian beasiswa sebagai program CSR-nya.

Eniwei, kamu harus paham kalau nggak semua perusahaan memberikan beasiswa yang bentuknya bantuan biaya akademik. Ada juga perusahaan yang memberikan beasiswa buat kamu-kamu yang memiliki prestasi non akademik (seperti olahraga atau perlombaan business plan), dan nggak jarang juga ada perusahaan yang memberikan bantuan biaya edukasi agar kamu bisa “kembali untuk mengabdi” alias setelah lulus kerja di sana.

6. Pameran Pendidikan

Selain menampung eksibisi lembaga edukasi formal dan non-formal, pameran pendidikan juga menyediakan layanan informasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi atau di negara tertentu. Canggih!

Emang, sih, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan jika ingin menggali informasi seputar beasiswa di pameran pendidikan. Tapi, dengan banyaknya pengetahuan yang bisa kamu dapatkan dan pengalaman tatap muka langsung dengan sumbernya, rasanya jelas worth it banget dengan biaya dan usaha yang kamu kerahkan.

7. …atau di internet

7

Gaes, jangan lupa kalau kamu hidup di era digital—dimana internet sudah menjadi sumber informasi paling aktual yang bisa kamu dapatkan. Jadi, jangan cuma gadget-nya aja jang canggih, tapi yang makenya juga nggak boleh kalah canggih, ya. Hihihi.

Dengan bantuan mesin pencari, kamu bisa masukkan kata kunci apa aja untuk mencari informasi yang kamu inginkan, seperti ‘beasiswa jurusan xxx’, ‘beasiswa universitas yyy’, atau ‘beasiswa negara zzz’. Mau cari beasiswa berdasarkan bentuk atau sumbernya, kata kunci dan informasi yang akan kamu dapatkan nggak ada batasnya, sob!

***

Psst, sebentar lagi, kamu nggak perlu pusing menclak-menclok sana-sini untuk kepoin info seputar beasiswa, lho, gaes. Di Youthmanual, kamu akan bisa mencari tahu informasi beasiswa dari A-Z. Nantikan fitur premium “Cari Beasiswa” Youthmanual dalam waktu dekat, ya!

(sumber gambar: bpl.org, abcnews.com, usnews.com, jalantikus.com)

LATEST COMMENT
Maulida Nur Perdani | 4 jam yang lalu

bantu jawab ya.. kalau memang hanya minat di rumpun soshum, ambil soshum saja bisa kok, gak harus ipc ^^

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Anisa | 13 jam yang lalu

Kk aku kan dari jurusn ipa, tapi pas mau kuliah mau ngambil soshun, itu apakah harus utbk nya sohsun atau ipc kk?

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Tisam Ali | 20 jam yang lalu

Apakah masih bisa diubah? Jika ya, silakan coba di prodi yang lain. Namun apabila telah telanjur dan tidak bisa diubah, maka saran saya coba jalani. Bulatkan tekad untuk menjalani perkuliahan. Dari situ, kamu benar-benar dapat mengetahui apakah salah jurusan atau ternyata bisa dijalani.

Balada Salah Jurusan Kuliah dan Solusinya. Nggak Harus Pindah Jurusan, Kok!
Tisam Ali | 20 jam yang lalu

Hai Kristin, untuk teknis pengisian, bisa kamu tanyakan ke pihak kampus. Kebanyakan kampus sudah menerapkan pengisian berbasis komputer secara online. Ada pula yang masih mengisi secara manual (tertulis).

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©