Menu

Cek Peringkat Skor UTBK Saintek & Peluang di SBMPTN 2019

Hasil UTBK Saintek keseluruhan sudah keluar dan skornya akan digunakan untuk mendaftar SBMPTN 2019. Bedah skormu atau sering disebut rasionalisasi skor UTBK untuk mengecek peluang lolos SBMPTN. Lihat pula peringkatmu dibandingkan peserta yang lain.

UTBK berlangsung sejak 13 April hingga 26 Mei lalu. Tiap orang bisa ikutan UTBK hingga (maksimal) 2 kali. Yang mau UTBK sekali aja juga boleh. Beda dengan penyelenggaraan SBMPTN sebelumnya, tahun ini peserta bisa mengetahui skor UTBK mereka. Nah, kamu bisa mengecek nih, bagaimana peta persaingan dan peringkatmu dibandingkan peserta yang lain. Simak informas UTBK Saintek berikut ini:

Jumlah peserta: kisaran  606.951-607.036 (yang ikutan dua kali dihitung dua, ya!)

1. Kemampuan Penalaran Umum

Nilai tertinggi: 891

Nilai 0,1 persen terbaik: 801 ke atas

Nilai 2.8 persen terbaik: 701 hingga 800

Nilai 18.8 persen terbaik: 601 hingga 700

Nilai 25 persen terbaik: 580 hingga 600

Nilai 50 persen: 513 hingga 579

Nilai 75 persen: 448 hingga 512

Nilai terendah: 98

2. Kemampuan Kuantitatif

Nilai tertinggi: 924

Nilai 0.03  persen terbaik: 901 ke atas

Nilai 1  persen terbaik: 801 hingga 900

Nilai 5.7 persen terbaik: 701 hingga 800

Nilai 20.7 persen terbaik: 601  hingga 700

Nilai 25 persen terbaik: 583 hingga 600

Nilai 50 persen: 509 hingga 582

Nilai 75 persen:  446 hingga 508

Nilai terendah: 244

3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Nilai tertinggi: 848

Nilai 0.002 persen terbaik: 801 ke atas

Nilai  1.2 persen terbaik: 701 hingga 800

Nilai  13 persen terbaik: 601 hingga 700

Nilai 25 persen terbaik: 563 hingga 600

Nilai 50 persen: 507 hingga 562

Nilai 75 persen:  450 hingga 506

Nilai terendah: 204

4.Kemampuan Memahami Bacaan & Menulis

Nilai tertinggi: 910

Nilai  0.0003 persen terbaik: 901 ke atas (Hanya ada 2 orang dari 600 ribuan peserta, gaes!)

Nilai 0.15 persen terbaik: 801 hingga 900

Nilai  2.9 persen terbaik: 701 hingga 800

Nilai 17.5 persen terbaik: 601 hingga 700

Nilai 25 persen terbaik: 573 hingga 600

Nilai 50 persen: 503 hingga 572

Nilai 75 persen:  437 hingga 502

Nilai terendah: 73

5. Matematika Saintek

Nilai tertinggi: 1.123

Nilai 0.04  persen terbaik: 901 ke atas

Nilai 0.43 persen terbaik: 801 hingga 900

Nilai 2.5 persen terbaik: 701 hingga 800

Nilai 12.3 persen terbaik: 601 hingga 700

Nilai 25 persen terbaik: 551 hingga 600

 Nilai 50 persen: 495 hingga 550

Nilai 75 persen:  444 hingga 494

Nilai terendah: 219

6. Fisika

Nilai tertinggi: 1.070

Nilai 0.01 persen terbaik: 901 ke atas

Nilai  0.3 persen terbaik: 801 hingga 900

Nilai  2.54 persen terbaik: 701 hingga 800

Nilai 13.2 persen terbaik: 601 hingga 700

Nilai 25 persen terbaik: 554 hingga 600

Nilai 50 persen: 493 hingga 553

Nilai 75 persen:  439 hingga 492

Nilai terendah: 227

7. Kimia

Nilai tertinggi: 1.067

Nilai  0.05 persen terbaik: 901 ke atas

Nilai  0.6 persen terbaik: 801 hingga 900

Nilai  3.4 persen terbaik: 701 hingga 800

Nilai 14 persen terbaik: 601 hingga 700

Nilai 25 persen terbaik: 556 hingga 600

Nilai 50 persen: 491 hingga 555

Nilai 75 persen: 431 hingga 490

Nilai terendah: 213

8. Biologi

Nilai tertinggi: 1.000

Nilai  0.009 persen terbaik: 901 ke atas

Nilai 0.29 persen terbaik: 801 hingga 900

Nilai  2.1 persen terbaik: 701 hingga 800

Nilai 12.5 persen terbaik: 601 hingga 700

Nilai 25 persen terbaik: 554 hingga 600

Nilai 50 persen: 495 hingga 553

Nilai 75 persen:  441 hingga 494

Nilai terendah: 237

***

* Dari data nilai keseluruhan UTBK di atas, kamu bisa mendapat gambaran performa kamu per materi ujian dibandingkan peserta yang lain.

* Performa nilai per subjek bisa berbeda. Misalnya nilai 554 pada Biologi masuk dalam 25 persen peserta terbaik. Sedangkan nilai 554 pada Kimia nggak masuk 25 persen terbaik.

* Perlu diingat bahwa peserta yang ikutan 2 kali UTBK dihitung sebagai 2. Jadi mungkin saja total 600 ribuan tapi orang yang ikutan hanya 300 ribuan orang.

* Semakin tinggi performa kamu di tiap subjek berarti semakin besar pula peluang kamu lolos SBMPTN 2019.

* Sebagian PTN juga menjadikan nilai UTBK untuk seleksi mandiri mereka.

* Tiap tahun, peserta yang lolos SBMPTN sekitar 20 persen (atau di bawahnya). Tahun 2018, 20.02 persen peserta saintek diterima. Maka kesempatan kamu akan lebih besar jika semua subjek di peringkat 25 persen terbaik (atau lebih baik lagi).

* PTN yang sangat kompetitif atau rata-rata skor masuk tertinggi untuk Saintek berdasarkan hasil SBMPTN 2018 lalu secara berurutan adalah:

  1. Institut Teknologi Bandung 
  2. Universitas Indonesia 
  3. Universitas Gadjah Mada 
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember 
  5. Universitas Airlangga 
  6. Institut Pertanian Bogor 
  7. Universitas Diponegoro 
  8. Universitas Sebelas Maret 
  9. Universitas Padjadjaran
  10. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta 

Sementara prodi Saintek yang diprediksi paling sulit ditembus pada SBMPTN 2019 bisa kamu cek di sini:

50 Prodi Saintek Paling Sulit Ditembus pada SBMPTN 2019

* Nilai UTBK nggak sesuai harapan? Gimana dong? Nggak usah daftar UTBK? Jangan menyerah gaes, apalagi kamu belum tahu hasilnya. Kamu bisa tetap mencoba karena keketatan dan tingkat kompetisi tiap PTN dan prodi berbeda. Siapa tahu saja, kamu berhasil masuk di PTN dan prodi pilihanmu. Sebaliknya, sayang banget jika sudah ikut UTBK tapi urung daftar SBMPTN hanya karena nggak pede.

* Data di atas hanya menunjukkan gambaran performa peserta UTBK secara keseluruan. Gimana dengan persaingan masuk ke jurusan kuliah yang diinginkan?

Kamu bisa mengetahui peringkatmu dibanding pesaing plus peluang masuk prodi dengan mengisi Prediksi SBMPTN Youthmanual. Di situ nggak hanya nilai kamu yang dianalisa dan dirata–ratakan. Tapi juga akan dilihat pilihan prodi pertama dan kedua, serta rangking kamu dibandingkan peserta UTBK yang memilih jurusan kuliah yang sama.

Cus, langsung  cek Prediksi SBMPTN 2019 kamu tanpa ribet. Klik di sini.

(sumber gambar: Vitaly Vlasov from Pexels)

 

 

LATEST COMMENT
Tisam Ali | 6 jam yang lalu

Apakah masih bisa diubah? Jika ya, silakan coba di prodi yang lain. Namun apabila telah telanjur dan tidak bisa diubah, maka saran saya coba jalani. Bulatkan tekad untuk menjalani perkuliahan. Dari situ, kamu benar-benar dapat mengetahui apakah salah jurusan atau ternyata bisa dijalani.

Balada Salah Jurusan Kuliah dan Solusinya. Nggak Harus Pindah Jurusan, Kok!
Tisam Ali | 6 jam yang lalu

Hai Kristin, untuk teknis pengisian, bisa kamu tanyakan ke pihak kampus. Kebanyakan kampus sudah menerapkan pengisian berbasis komputer secara online. Ada pula yang masih mengisi secara manual (tertulis).

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Syafara nur Jannah | 9 jam yang lalu

Kirain jurusan dokter forensik dibedain jurusan dokter pada umumnya

Mengenal Serba-Serbi Profesi Dokter Forensik
arinal izzay | 14 jam yang lalu

go visit : http://news.unair.ac.id/2018/09/10/manajemen-perhotelan-unair-siapkan-mahasiswa-hadapi-dunia-kerja/

Serba-Serbi Jurusan Perhotelan: Dari Mata Kuliah Hingga Prospek Kerja
Muhammad Qasthari | 20 jam yang lalu

Kalau kita ambil Geoteknik prospek kerja kedepan bisa ke tambang kan ya?

Serba Serbi Cabang Ilmu Peminatan yang Ada di Jurusan Teknik Sipil
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©