Menu

Cara Meyakinkan Orang Tua Supaya Boleh Kuliah di Luar Kota Atau Luar Negeri

Pengen kuliah di luar kota atau luar negeri, tapi masih terganjal restu ortu? Jangan gampang nyerah, sob! Masih ada waktu untuk meyakinkan mereka, kok.

Trik ngambek, apalagi sampai mengancam ortu nggak efektif meluluhkan hati mereka, bos. Salah-salah malah mami-papi makin sensi, trus makin mengekang kamu lagi. Beuh!

Kamu perlu menyusun langkah yang efektif, seperti ini, so.

Pertama,  punya tujuan yang jelas. Maksudnya,  tujuan kenapa kamu ingin kuliah di luar kota atau luar negeri. Apakah untuk bisa kuliah di universitas bergengsi, mengambil jurusan tertentu yang nggak ada di kotamu, ingin bisa mandiri, atau lainnya.

Kalau tujuan dan alasan kamu masih nggak jelas, misalnya “Ya, kerena pengen aja.”, hampir dipastikan SIM (surat izin merantau) dari ortu nggak bakalan keluar.    

Kedua, tunjukkan kalau kamu bisa dipercaya. Saya pernah ngobrol-ngobrol dengan  para ortu yang anaknya masih SMA. Nah, ada ortu yang salah satu anaknya bercita-cita kuliah jurusan Arsitektur ITB. Si ortu sendiri masih ragu apakah akan mengizinkan. Soalnya, dia merasa anaknya masih gampang terpengaruh.

Percaya deh, orang tua akan lebih mudah melepas kamu merantau jika mereka percaya sama kamu. Maka buat deh diri kamu bisa dipercaya. Mulai dari memenuhi kewajiban kamu tanpa disuruh, kayak belajar, ibadah, tugas di rumah, sampai makan. Kalau makan aja masih perlu diingetin, tidur ditemenin,  ya udah lah ya.

Kedua, track record kamu selama di SMA. Apakah kamu masih suka ikut-ikutan teman dan tren tanpa disortir, atau kamu sudah bisa mengambil tindakan dan keputusan yang positif.

Yang pasti sob, godaan untuk melanggar kepercayaan ortu bakal selalu ada. Semakin kamu bisa mengatasi godaan, semakin dewasa lah kamu. Buktikan kalau kamu memang dewasa dan terpercaya.

Ketiga, berusaha lah sungguh-sungguh. Beneran deh, kalau kamu memang niat banget kuliah ke luar kota atau luar negeri dan bekerja keras untuk mencapai itu semua (baca: belajar giat, getol cari info, semangat mencari beasiswa), orang tua pun bakal menghargai dan tergerak hatinya.

Seandainya nih, kamu sampai dapat beasiswa atau undangan dari kampus di luar kota/luar negeri, ortu pasti bakal menghargai usaha kamu. Daaan semoga segera memberi izin.

Keempat, cari “backingan. Maksud backingan di sini adalah orang terpercaya yang bisa membantu kamu meyakinkan orang tua. Misalnya, Om-Tante atau kakak sepupu. Lebih oke lagi jika orang tersebut tinggal di kota tempat tujuanmu. Bakalan lebih pas untuk meyakinkan mama-papa.

Kelima, banyak-banyak diskusi dengan ortu. Jangan hindari ortu lantaran kamu kzl nggak mendapat izin merantau. Justru dekati mereka.

Share informasi yang kamu dapatkan tentang studi yang kamu inginkan ke mereka dan promosikan manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan kuliah di luar kota/negeri.. Selain itu, cari tahu apa yang memberatkan ortu melepas kamu.

Pokoknya, kamu harus lebih gencar daripada agen MLM. Bujuk terus shay, jangan kasih kendor. Hehehe!

***

Kalau niat kamu memang baik dan usaha kamu gencar, mudah-mudahan cita-cita kamu melanjutkan studi ke tempat impian segera mendapat restu ortu dan dilancarkan. Tapi kalau orang tua masih bimbang bin galau, suruh aja baca Youthmanual, hihihi!

(sumber gambar: huffingtonpost.com)

LATEST COMMENT
Betta Agustina | 4 jam yang lalu

Kurang suka menghitung tapi suka lebih suka cari kesalahan atau suka memacahkan masalah

13 Ciri Kamu Cocok Kuliah di Jurusan Teknologi dan Komputer
Dwisat Wulandari | 6 jam yang lalu

Iya bener tuh lebih baik UTBK diadakan tahun depan biar siswa gak pusing "

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©