Bagaimana Cara Meyakinkan Ortu Tentang Jurusan Kuliah Pilihan Kamu?

Kalau tahun ini kamu menginjak kelas 3 SMA,  siap-siap ya, sob! Bukan hanya siap-siap melewati berbagai macam ujian sampai akhirnya tembus perguruan tinggi, tetapi juga siap-siap menentukan jurusan kuliah.

Sedihnya, setelah kamu susah payah mendefinisikan passion serta menentukan jurusan kuliah yang mau kamu ambil, terkadang orangtua nggak merestui.

Gimana, dong, cara meyakinkan orangtua?

Contoh 1:

Sejak masuk SMA, kamu ingin banget menjadi produser televisi, dan menciptakan program-program TV yang seru dan berkualitas. Meski begitu, ayah kamu belum sepenuhnya merestui kamu untuk masuk jurusan kuliah Penyiaran.

Solusinya gimana, dong?

Beri tahu alasannya.

Kalau kamu sudah mantap memilih sebuah jurusan kuliah, kamu harus bisa meyakinkan orangtua atas pilihan kamu, dengan cara menjelaskan tentang jurusan tersebut selengkap-lengkapnya dan sebaik-baiknya.

Jelaskan hal-hal yang dipelajari dalam jurusan tersebut, prospek kariernya, sampai strategi kamu untuk menembus jurusan kuliah tersebut. Siapkan penjelasan sebaik mungkin. Riset sedalam-dalamnya, kumpulkan informasi dari mahasiswa dan alumni jurusan tersebut, dan—kalau bisa—sajikan hasil riset tersebut ke orangtua kamu dengan PowerPoint yang niat (serius!).

Tunjukkan bahwa pilihan jurusan kamu adalah yang terbaik, dan kamu benar-benar serius akan mengejarnya, Kalau kamu bisa menjelaskan jurusan pilihan kamu dengan baik, bisa jadi orangtua kamu malah akan mendukung kamu sepenuh hati!

Contoh 2:

Kamu ingin jadi dokter. Meski begitu, kamu dan orangtua kamu sama-sama tahu bahwa untuk menjadi dokter, kamu harus menempuh pendidikan yang cukup lama, berat, dan mahal. Orangtuamu pun khawatir kalau kamu nggak sanggup, lalu berhenti di tengah jalan.

Solusinya gimana, dong?

Buat kesepakatan.

Yakinkan orangtua kamu bahwa kamu akan belajar dengan sebaik-baiknya dan akan meraih prestasi akademik yang bagus selama kuliah. Buat kesepakatan dengan orangtua kamu. Misalnya, kalau nanti kamu nggak bisa mempertahankan nilai akademik, kamu akan rela pindah jurusan, dengan biaya dari kantongmu sendiri.

Hal ini akan membuat kamu belajar menjadi lebih dewasa. Ketika kamu berani menentukan sikap, kamu juga harus siap bertanggungjawab, dong. Setiap pilihan ada konsekuensinya, sob!

Contoh 3:

Kamu ingin melanjutkan pendidikan di sekolah seni, namun ibu kamu menolak mentah-mentah, karena beliau menganggap sekolah seni nggak memiliki prospek di masa depan.

Solusinya gimana, dong?

Tunjukkan bakat kamu.

Kalau kamu sudah menjelaskan dan membuat kesepakatan, tetapi jurusan kuliahmu tetap nggak didukung orangtua, tunjukkan aksi kamu. Perlihatkan ke orangtua bahwa kamu ingin masuk suatu jurusan bukan hanya untuk gaya-gayaan, tetapi karena kamu memang berbakat dalam bidang tersebut.

Cara menunjukkan bakat ada banyak. Misalnya, untuk contoh kasus ini, yang pasti kamu harus berkarya sebanyak-banyaknya, ikut lomba, ikut pameran, atau sekedar meminta seniman profesional untuk mengomentari karya kamu.

Intinya, tunjukkan bahwa kamu memilih suatu jurusan bukan hanya karena punya minat yang tinggi, namun juga bakat untuk bisa berhasil di jurusan tersebut.

Contoh 3:

Kamu ingin sekali jadi insinyur. Bahkan sejak SMA, kamu sudah rajin ikutan ekskul elektro dan sering memenangkan lomba. Masalahnya, kamu seorang perempuan, dan menurut orangtua kamu, jurusan teknik hanya cocok untuk laki-laki. Mereka justru menyarankan kamu untuk memilih jurusan yang prospeknya lebih “bersahabat” untuk perempuan.

Solusinya gimana, dong?

Bicarakan dengan baik.

Komunikasi, komunikasi, komunikasi. Jelaskan ke orangtua bahwa zaman sudah berubah, dan nggak ada lagi diskriminasi terhadap insinyur perempuan. Tunjukkan juga bahwa kamu adalah anak muda yang tangguh, dan nggak akan melempem kalau nanti dihadang oleh berbagai masalah di industri teknik. Apalagi zaman sekarang, tokoh-tokoh insinyur perempuan di Indonesia makin banyak.

Jangan lupa, saat meyakinkan orangtua, bicaralah dengan baik dan sopan. Walaupun kalian sangat bertolak belakang, terus bicara dalam jalur kesopanan, ya.

Semoga berhasil!

(sumber gambar: middleearthnj.wordpress.com, huffingtonpost.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1