Menu

7 Perguruan Tinggi Kedinasan dengan Persaingan Tertinggi di Tahun 2018

Buat kamu yang sekarang sedang duduk di bangku SMA dan sederajat, pasti, sedang bingung-bingungnya, nih, tentang mau kuliah dimana dan mengambil jurusan apa. Eh, tapi, jangan salah, lho, gaes! Meskipun banyak dari kamu yang masih bingung mau sekolah dimana dan jurusan apa, akan tetapi, pasti, ada beberapa temanmu yang sudah mantap memilih suatu universitas dan juga jurusannya.

Waktu saya masih duduk dibangku SMA, saat saya masih bingung-bingungnya mau memilih jurusan dan universitas, ada sebagian teman-teman saya yang sudah mantap memilih perguruan tinggi kedinasan.

Hah? Apa tuh perguruan tinggi kedinasan? Buat kamu yang belum tahu, perguruan tinggi kedinasan adalah lembaga pendidikan tinggi negeri yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Misalnya, nih, kamu pasti nggak asing banget, kan, dengan nama STAN yang sekarang sudah berubah nama menjadi Politeknik Keuangan Negara (PKN)?

Nah, PKN ini merupakan perguruan tinggi yang dinaungi oleh Departemen Keuangan. Selain PKN, pernahkah kamu mendengar Sekolah Tinggi Ilmu Statistika atau STIS? Nah, STIS ini dibawah naungan Badan Pusat Statistik yang tentunya dimiliki oleh pemerintah.

Tahukah kamu? Perguruan tinggi kedinasan ini pun memiliki daya minat yang cukup tinggi, lho. Berikut daftar perguruan tinggi kedinasan dengan tingkat persaingan yang tinggi!

1. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan 

Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan

Dilansir dari website Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMANPAN RB), Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan lah yang memiliki tingkat persaingan yang paling ketat.

Kamu harus tahu, gaes! Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan atau ATKP Medan ini hanya menyediakan empat puluh enam kursi. Banyaknya orang yang mendaftar ialah 1.110 pelamar. Wah, dari 1.110 pelamar, kursi yang hanya disediakan hanya empat puluh enam kursi? Berarti 1.064 lainnya harus siap-siap gugur dari proses penyeleksian.

2. Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun

Akademi Perkeretaapian Indonesia

Persaingan terketat lainnya yaitu di Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun. Calon mahasiswa yang melamar ke API Madiun sekitar 4.339 pelamar. Namun, formasi yang disediakan oleh API Madiun hanyalah 96 formasi.

Tingkat persaingannya ialah 1:45 atau artinya dari empat puluh lima orang hanya ada satu orang yang akan di terima. Berarti dari 4.339 pelamar, 4.243 pelamar harus siap-siap gugur dari tahap seleksi. Wah-wah.

3. Politeknik Imigrasi

Persaingan terketat lainnya yaitu Politeknik Imigrasi yang dimana kamu harus berkompetisi melawan 10.080 pelamar! Wah banyak banget, ya, gaes? Nah, dari sekian banyaknya pelamar, Politeknik Imigrasi hanya menyediakan 300 kursi saja. Artinya, perbandingan dalam persainganmu ialah 1:34. Nah, berarti dari 10.080 pelamar, 9780 pelamar harus siap-siap gugur, nih.

4. Sekolah Tinggi Meteorologi,Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Posisi keempat didikuli oleh Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG). Dari 7.804 pelamar. Pelamar yang diterima hanyalah 250 kursi. Artinya, dari 7.804 pelamar, 7.554 lainnya harus siap-siap gugur di tahap penyeleksian.

5. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (Politeknik Statistika)

politeknik statistika

Yup, Politeknik Statistika merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dinaungi oleh Badan Pusat statistik alias BPS. Perguruan tinggi kedinasan yang satu ini pun menjadi salah satu perguruan tinggi kedinasan yang memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi.

Politeknik Statistika ini memiliki sebanyak 17.886 pelamar. Dari segitu banyak pelamar, kamu harus tahu, gaes, yang diterima hanyalah 600 pelamar saja. Bisa dikatakan bahwa 17.286 lainnya harus siap-siap gugur dari tahap penyeleksian.

6. Politeknik Keuangan Negara 

politeknik keuangan stan

Nah, yang selama ini Politeknik Keuangan STAN selalu menjadi favorit pelamar, tingkat persaingannya yaitu 1:20. Perguruan tinggi kedinasan yang dinaungi oleh kementerian keuangan ini memiliki 147.702 pelamar yang akan memperebutkan 7.301 formasi. Bisa dikatakan, dari 147.702 pelamar, 140.401 pelamar lainnya harus siap-siap gugur dari tahap penyeleksian.

7. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

institut pemerintahan dalam negeri

Yang terakhir, sekolah favorit dan juga yang memiliki tingkat persaingan yang tinggi ialah IPDN. IPDN membuka formasi sebanyak 2.000 kursi, sedangkan calon mahasiswa yang ingin bergabung di IPDN sebanyak 46.062 pelamar. Berarti dari 46.062 pelamar, 44.062 pelamar lainnya harus siap-siap gugur dari tahap penyeleksian.

***

Nah, kalau kamu memilih salah satu dari ketujuh perguruan tinggi kedinasan di atas, kamu harus lebih sering-sering belajar, ya. Selain itu, kamu juga harus menjaga kesehatanmu sejak dini agar kamu bisa lolos tes kesehatannya. Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: infoblora.com, wordpress.com, defantri.com, sipepito.com, api.ac.id, jawapos.com)  

LATEST COMMENT
Aufa B | 3 jam yang lalu

Lebih baik ikut utbk jarena ada beberapa univ yg mandiri juga menggunakan kombinasi dengan nilai utbk

Jadwal Lengkap SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri 2019
Aufa B | 3 jam yang lalu

Nama tesnya utbk, jalur masuknya sbmptn

Jadwal Lengkap SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri 2019
Witri syafrida femelia | 8 jam yang lalu

min saya ikut utbk soshum dan saintek namun nilai soshum saya lebih tinggi, saat mendaftar sbmptn saya ingin ambil program studi soshum untuk kedua pilihannya apakah bisa min?atau harus ambil jurusan satu saintek dan satu soshum?

Serba-Serbi SBMPTN 2019, Cek Informasi Lengkapnya!
Dela Amelianta Ginting | 10 jam yang lalu

Kak maksud dari" jangan menempatkan prodi dgn kriteria kelulusan skor tinggi di bwh prodi yg skor lukusnya relatif rendah" itu kyk mana ya..

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©