50 Beasiswa S1 Luar Negeri Terpopuler Bagian 1: Amerika Serikat, Kanada, dan Asia

Sekarang, kesempatan buat kuliah ke luar negeri jauh lebih besar dibandingkan beberapa tahun lalu. Masalah biaya kuliah ke luar negeri (yang mihil bingit!) pun juga nggak jadi soal karena banyaknya program beasiswa yang ditawarkan berbagai pihak.

Nah, buat yang punya cita-cita berkuliah di luar negeri, pastinya bersyukur banget, nih, karena keterbatasan informasi dan biaya nggak lagi menjadi hambatan. Berikut Youthmanual rangkum 25 dari 50 beasiswa S1 luar negeri terpopuler di seluruh dunia untuk kuliah di benua Asia dan Amerika Serikat. Siapa tahu ada yang nyantol di hati! Hihihi.

Asia

1. The Khazanah Asia Scholarship in Collaboration with Ancora Foundation (Malaysia)

Masa pendaftaran: pertengahan tahun (Juli/Agustus) - akhir tahun (November/Desember)

1

Program beasiswa yang diselenggarakan Ancora Foundation dan Yayasan Khazanah ini menargetkan pelajar-pelajar berprestasi yang ingin melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi terbaik di Malaysia. Tujuannya adalah untuk mencetak pemimpin-pemimpin jempolan di bidang ekonomi, industri, teknologi, informatika, dan multimedia.

2. ASEAN Undergraduate Scholarship (Singapura)

Masa pendaftaran: Februari - April

National University of Singapore (NUS) menawarkan bantuan dana pendidikan bagi para pelajar terbaik se-Asia Tenggara untuk melanjutkan studi di NUS, yang merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Singapura dan dunia. Beasiswa yang ditawarkan berlaku semua program studi, kecuali program studi Kedokteran, Kedokteran Gigi, Musik, dan Hukum dengan kuota yang terbatas karena persaingannya yang begitu ketat.

3. NUS Science and Technology Undergraduate Scholarship (Singapura)

Masa pendaftaran: September - Desember

Sama seperti ASEAN Undergraduate Scholarship, beasiswa satu ini juga diselenggarakan oleh NUS, khusus untuk bidang sains dan teknologi. Bagi para lulusan SMA/sederajat yang memiliki minat besar dalam bidang MIPA dan teknologi, kamu bisa memilih salah satu dari 15 program studi yang ditawarkan oleh beasiswa ini.

4. Brunei Darussalam Government Scholarship (Brunei Darussalam)

Masa pendaftaran: November - Januari

Program beasiswa ini diselenggarakan oleh Pemerintah Brunei Darussalam bagi pelajar internasional yang ingin berkuliah di berbagai universitas favorit di Brunei Darussalam. Beasiswa ini meyediakan pembiayaan kuliah gratis hingga akhir masa studi, uang saku, tunjangan buku dan akomodasi, hingga tunjangan perawatan gigi.

5. Chulangkorn Exchange Scholarship for Asean Students (Thailand)

Masa pendaftaran: Februari - April

Chulangkorn International Scholarship diselenggarakan oleh Departemen Manajemen Komunikasi Universitas Chulangkorn, yang ditujukan bagi calon mahasiswa dari negara-negara ASEAN yang ingin melanjutkan studi ke Universitas Chulangkorn. Psst, kuota yang disediakan hanya untuk 4 orang aja per tahunya, lho!

6. KPMG Asean Scholarship

Masa pendaftaran: Februari - April

6

KPMG adalah salah satu perusahaan jasa profesional dalam bidang konsultan keuangan, audit, dan perpajakan terbesar di dunia, yang tersebar di 144 negara. Demi membantu para anak muda di ASEAN untuk mengejar mimpinya, KPMG menyelenggarakan program beasiswa jenjang S1. Buat kamu yang udah kuliah di tahun pertama juga masih terbuka kesempatan buat mendaftarkan diri untuk beasiswa ini, lho!

7. MOFA Scholarship Program (Taiwan)

Masa pendaftaran: Februari - Maret

Pemerintah Taiwan melalui Kementerian Pendidikan memberikan kesempatan bagi para calon mahasiswa di seluruh dunia untuk menyambung pendidikannya di Taiwan. Nggak cuma biaya pokok pendidikan, tapi calon penerima juga akan diberikan tunjangan hidup sampai masa akhir studi.

8. Huayu Enrichment Scholarship (Taiwan)

Masa pendaftaran: Februari - Maret

Sedikit berbeda dari beasiswa lainnya, Huayu Enrichment Scholarship memberikan kesempatan bagi kamu yag ingin mengasah kemampuan berbahasa Mandarin dan meningkatkan pemahaman mengenai budaya negara Taiwan. Tentu aja hal ini akan menjadi nilai tambah buat kamu yang ingin berkarier di perusahaan multinasional yang kini mensyaratkan tenaga kerjanya untuk menguasai bahasa Mandarin sejak diberlakukannya MEA.

9. The Hong Kong Special Administrative Region Government Scholarship (Hong Kong)

Masa pendaftaran: Februari - April

Kamu tertarik untuk berkuliah di Hong Kong? Kalau iya, kamu bisa banget manfaatin beasiswa yang disediakan oleh Pemerintah Hong Kong untuk para mahasiswa internasional yang berkuliah di sana. Untuk dapat mendaftarkan diri, kamu sudah harus menjadi mahasiswa aktif di salah satu perguruan tinggi di Hong Kong terlebih dahulu sebagai persyaratan utama.

10. SEAMOLEC Scholarship (Cina)

Masa pendaftaran: Januari - April

SEAMEO Regional Open Learning Center (SEAMOLEC) adalah salah satu pusat pendidikan di bawah The South East Asian Minister of Education Organitation (SEAMEO) yang berfokus dalam bidang riset, pengembangan, pelatihan, informasi, dan teknologi. Beasiswa yang diselenggarakan oleh SEAMOLEC dikhususkan bagi para lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan vokasi ke satu-satunya kampus yang berfokus pada bidang animal science and technology, yaitu Jiangsu Agri-Animal Husbandry Vocational College.

11. Jasmine Jiangsu Tertiary Education Scholarship for Southeast Asia (Cina)

Masa pendaftaran: Januari - Mei

11

Selain pendidikan vokasional, Pemerintah Provinsi Jiangsu juga menyelenggarakan program beasiswa bagi lulusan SMA/sederajat di Asia Tenggara untuk menempuh pendidikan tinggi di berbagai Univeristas yang Ada di Jiangsu, China. Program ini terdiri dari 43 beasiswa parsial dan 44 beasiswa penuh dalam bidang sosial dan sains.

12. China Government Scholarship (Cina)

Masa pendaftaran: Januari - April

CGS merupakan beasiswa dari pemerintah Cina untuk para pelajar internasional yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi jenjang sarjana, pascasarjana, atau penelitian di negara Cina. Program ini terdiri dari beasiswa Bilateral Program, Great Wall Program, Cina University Program, ASEAN University Network Program, dan World Meteorological Organizational Program.

13. Korean Government Scholarship Program (Korea)

Masa pendaftaran: Juli - September

KGSP diselenggarakan oleh Pemerintah Korea Selatan bekerja sama dengan National Institute for International Education (NIIE) dan ditujukan untuk lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan studi ke Korea Selatan. Bentuk beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa penuh, yang artinya semua biaya (mulai dari biaya kuliah sampai biaya hidup) ditanggung pemerintah setempat sampai kamu lulus. Wow!

14. Arts Major Asian Scholarship Program (Korea)

Masa pendaftaran: Mei - Juli

Program ini adalah program beasiswa oleh institusi pendidikan terkenal di Korea Selatan, yaitu Korea National University of Arts (K’ARTS). Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa pendidikan sarjana dan magister yang berminat mendalami bidang seni (termasuk musik, vokal, teater, akting, penyiaran, film, animasi, multimedia, tari, seni rupa) di universitas terkait. Beasiswa ini juga sebagai dukungan pada program pertukaran pelajar di bidang pendidikan dan mempererat persahabatan antar negara-negara Asia.

15. Monbukagakusho Scholarship (Jepang)

Masa pendaftaran: April - Mei

Beasiswa ini deselenggarakan oleh pemerintah Jepang setiap tahunnya, dan terbuka untuk yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang D-II hingga S3. Beasiswa Monbukagakusho memiliki peminat yang sangat banyak, maka dari itu, nggak heran kalau seleksinya juga sangat ketat. Bagi lulusan SMA/sederajat, beasiswa yang bisa kamu pilih adalah beasiswa program undergraduate (S1), program college of technology (D-III), atau pogram specialized training college (D-II)

16. Mitsui - Bussan Scholarship Program (Jepang)

Masa pendaftaran: Maret - April

16

Mitsui-Bussan Scholarship merupakan program besiswa yang didanai oleh Mitsui & Co., bekerjasama dengan Kemendikbud Indonesia yang diadakan setiap tahun. Tujuan beasiswa ini adalah agar penerima beasiswa dapat mempelajari budaya Jepang, dan diharapkan untuk dapat berkontribusi dalam pembangunan negara asal setelah menyelesaikan studi.

17. Otsuka Toshimi Scholarship (Jepang)

Masa pendaftaran: April - Mei

Beasiswa ini ditujukan bagi para pelajar asing yang berasal dari negara-negara di Asia, Afrika, Timur Tengah, dan sebagian negara Eropa. Pendaftar adalah mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di salah satu universitas yang adal di Jepang untuk program studi Kedokteran, Farmasi, Ilmu Gizi, Manajemen, atau Olahraga pada jenjang S1 atau S2.

18. Nitori International Scholarship Foundation (Jepang)

Masa pendaftaran: Agustus - November

Nitori International Scholarship memiliki kuota sebesar 80 pendaftar per tahunnya untuk mendapatkan kesempatan berkuliah di Jepang. Selain beasiswa S1, beasiswa ini juga tersedia untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S2, dengan jumlah tunjangan per bulan rata-rata sebesar 110.000 - 150.000 yen/bulannya.

19. General Scholarship Scheme (India)

Masa pendaftaran: Desember - Januari

Pemerintah India melalui Indian Council of Cultural Relation (ICCR) menyediakan beasiswa bagi warga Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di India. Kuota yang disediakan nggak lebih dari 20 orang, mulai dari jenjang S1 sampai S3. Program studi yang bisa dipilih adalah Seni, Teknik, Tata Niaga, Sains, Pertanian, Sastra, dan Arsitektur.

Amerika

20. Fulbright Global Undergraduate Exchange Program (AS)

Masa pendaftaran: Maret - April

Melalui lembaga American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF), pemerintah Amerika Serikat memberikan berbagai jenis beasiswa kepada anak muda Indonesia. Dari berbagai macam beasiswa yang ditawarkan, yang tersedia untuk mahasiswa S1 adalah Global Undergraduate Exchange Program, yaitu program petukaran pelajar selama satu tahun yang dibiayai penuh oleh pemerintah setempat.

21. Young Southeast Asian Leaders Initiative (AS)

Masa pendaftaran: Sepanjang bulan Mei

21

YSEALI adalah program pertukaran pelajar yang diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2013, dengan tujuan untuk menemukan bibit-bibit pemimpin muda dari ASEAN dan memfasilitasi mereka dengan kuliah singkat dan intensif di salah satu universitas unggulan di Amerika Serikat. Selain itu, YSEALI juga ditujukan untuk memperkaya penerima beasiswa dengan pemahaman mengenai negara Amerika Serikat dan meningkatkan kemampuan kepemimpinan mereka.

22. AU Emerging Global Leader Scholarship (AS)

Masa pendaftaran: Desember - Januari

Salah satu perguruan tinggi di Amerika Serikat, American University, menawarkan beasiswa untuk 61 gelar S1 bagi para mahasiswa internasional, serta 50 program sertifikasi lainnya yang bisa diikuti siapa pun yang ingin menempuh pendidikan di universitas ini. Sesuai namanya, program ini ditujukan kepada calon mahasiswa berbakat yang memiliki prestasi akademik serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.

23. International Entrance Scholarship Humber College (Kanada)

Masa pendaftaran: April - Mei

Program beasiswa perguruan tinggi ini dibuka setiap tahunnya bersamaan dengan pendaftaraan calon mahasiswa baru, sehingga calon pendaftar tidak perlu mendaftar secara terpisah. Beasiswa ini bersifat parsial, yang artinya tidak mencakup biaya lain diluar biaya pokok dan tunjangan studi (buku).

24. International Leader of Tomorrow Award (Kanada)

Masa pendaftaran: Agustus - Desember

University of British Columbia (UBC) sebagai salah satu universitas riset tertua di dunia menjaring pelajar-pelajar terbaik di berbagai negara untuk berkontribusi dalam dunia riset dengan memberikan beasiswa ILOT Award, yang menekankan pada prestasi akademik, kepemimpinan, keaktifan berorganisasi, dan prestasi non-akademik lainnya untuk layak mendapatkan bantuan dana studi dari universitas yang bersangkutan.

25. York University Scholarship (Kanada)

Masa pendaftaran: Maret - April

York University menyediakan 3 jenis beasiswa, yaitu Global Leader of Tomorrow Award, York’s United World College Scholarship, dan International Entrance Scholarship of Distinctio denga nominal bantuan dana yang berbeda-beda. Tenang, masing-masing program bisa diperpanjang sampai empat tahun masa studi, kok!

(sumber gambar: goabroad.com, wslconsultants.com, bba.ac.th, feature.cucas.edu.cn, beasiswamext.or.id, blogspot.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 30 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1