Menu

50 Beasiswa S1 Dalam Negeri Terpopuler (Bagian 1)

Siapa, nih, yang baru aja masuk kuliah, atau berencana untuk masuk kuliah tahun depan?

Dewasa ini, ada banyaaak banget bantuan biaya kuliah alias beasiswa yang ditawarkan oleh berbagai pihak khusus untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi setelah lulus SMA. Siapa pun—termasuk kamu!—berkesempatan untuk mendapatkannya, asalkan kamu sebagai calon penerima mampu memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Berikut Youthmanual rangkum 25 dari 50 daftar beasiswa S1 dalam negeri paling populer yang berasal dari lembaga serta ikatan dinas untuk dapat kamu cari tahu lebih dalam. Siapa tahu ada yang pas dengan kebutuhan kamu!

Beasiswa Lembaga/Yayasan/Organisasi/Perusahaan Swasta

1. Beasiswa Astra

astra

PT Astra Internasional Tbk. melalui Yayasan Toyota Astra menyediakan program beasiswa setiap tahunnya, yang salah satunya berupa biaya pendidikan untuk para lulusan SMA/sederajat. Nggak cuma itu, para alumni penerima beasisa ini pun juga akan berkesempatan untuk bekerja perusahaan terkait, lho!

2. Beasiswa BFI Finance

Beasiswa ini merupakan bentuk dari CSR PT PFI Finance Indonesia Tbk.. Penerima beasiswa berhak menerima paket lengkap pembayaran biaya kuliah, uang saku dan tunjangan lainnya hingga akhir masa perkuliahan. Dan setelah menyelesaikan perkuliahan, penerima beasiswa akan langsung mendapatkan jaminan bekerja di BFI dan menjadi peserta dalam Management Trainee Program (MTP). Ntap!

3. Beasiswa BCA Finance

Program Beasiswa BCA Finance Peduli memberikan bantuan dana beasiswa bagi puluhan mahasiwa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu setiap tahunnya. Kalau kamu tertarik, beasiswa ini mampu menanggung beban kuliah kamu sampai delapan semester. Kurang kece apa, coba?

4. Beasiswa Champion (Nasional & Regional)

Beasiswa Champion merupakan program beasiswa unggulan yang ditawarkan oleh Tanoto Foundation. Jika tipe beasiswa nasional nggak mengharuskan penerimanya untuk bekerja di Royal Golden Eagle (RGE), tipe beasiswa regional merupakan beasiswa ikatan dinas yang mewajibkan penerimanya untuk bekerja di perusahaan terkait.

5. Beasiswa Sampoerna Foundation

Beasiswa satu ini nggak cuma bakal nge-cover biaya kuliah, tapi juga uang saku, dana tunjangan buku, sampai tunjangan internet sampai penerimanya lulus kuliah. Selain dari web resminya, informasi mengenai beasiswa ini biasanya langsung disebarkan oleh pihak Sampoerna Foundation ke sekolah-sekolah yang menjalin kerjasama.

6. Djarum Beasiswa Plus

Kelebihan dari Djarum Beasiswa Plus adalah selain mendapatkan uang tunjangan, para penerima juga akan mendapatkan berbagai pelatihan soft skill yang berguna untuk mempersiapkan mereka menjadi pemimpin masa depan. Beasiswa ini diperuntukkan hanya bagi perguruan tinggi yang bekerjasama dengan Djarum Foundation.

7. Beasiswa STAR BPKP

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang dikelola oleh pemerintah didukung oleh pinjaman dari Asian Development Bank untuk menyelenggarakan beasiswa State Accountability Revitalization (STAR) yang tersedia untuk jenjang S1. Serunya, beasiswa ini diselenggarakan di 14 perguruan tinggi negeri unggulan di Indonesia, lho!

8. Beasiswa Orbit Ainun Habibie

orbit

Yayasan Amal Abadi Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie adalah salah satu bentuk nyata komitmen Ibu Hasri Ainun Habibie terhadap masa depan sumber daya manusia Indonesia yang memiliki potensi yang sangat besar, namun terkendala oleh masalah ekonomi keluarga. Beasiswa ini terdiri dari 3 macam, yaitu Beasiswa Reguler, Beasiswa Unggulan, dan Beasiswa Ultima.

9. Beasiswa Bank Indonesia

Selain melaksanakan tugas pokoknya di bidang moneter, perbankan dan sistem pembayaran, Bank Indonesia (BI) juga memiliki kepedulian terhadap komunitas sebagai wujud social responsibility-nya dalam bentuk pemberian beasiswa. Tujuan dari beasiswa ini adalah selain untuk menjamin keberlangsungan hidup para mahasiswa berprestasi, tapi juga meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi di Indonesia.

10. Online Scholarship Competition MetroTV

Kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia hadir untuk memberikan kemudahan bagi kamu agar bisa melanjutkan pendidikan hingga S1 dengan menggunakan beasiswa yang ada di setiap universitas favorit masing-masing. Dengan OSC, peserta beasiswa nggak lagi perlu datang ke kampus/universitas untuk mendaftarkan diri dan mengikuti tes secara langsung.

11. Beasiswa Aktivis Nusantara (Bakti Nusa)

Bakti Nusa merupakan beasiswa dalam bentuk program investasi sumber daya manusia yang diberikan kepada para aktivis mahasiswa, bertujuan membentuk negarawan pemimpin, berkarakter, kontributif, dan berprestasi, dan berperan aktif di tengah masyarakat. Jadi nggak cuma pendanaan aja, penerimanya juga berhak mendapatkan fasilitas pengembangan diri lain yang berguna untuk mengasah soft skill.

12. BUTIK CIMB Niaga

Program BUTIK CIMB Niaga adalah program kemitraan CIMB Niaga dan Kemendikbud yang secara bersama-sama memberikan beasiswa bagi mahasiswa wirausaha muda. Program BUTIK CIMB Niaga menawarkan pemberian biaya pendidikan, biaya hidup dan subsidi modal usaha.

13. Beasiswa Yayasan Internasional WMF

Wells Mountain Foundation (WMF), sebuah yayasan amal asal Amerika Serikat menyediakan dukungan dana bagi para mahasiswa berprestasi untuk menyelesaikan pendidikan tinggi setiap tahunnya. Nggak tanggung-tanggung, total dana yang diberikan untuk satu orang penerima bisa mencapai US$ 3000!

14. Beasiswa CSR Pembangunan Jaya

Beasiswa CSR Pembangunan Jaya diperuntukkan untuk mahasiswa yang berprestasi di lingkungan perguruan tingi terpilih di indonesia. Beasiswa pembangunan jaya ini tersedia untuk mahasiswa dan mahasiswi berprestasi di lingkungan perguruan tinggi terpilih (negeri ataupun swasta) dengan akreditasi minimal B.

15. Beasiswa Van Deventer-Maas Stichting

vdms

Yayasan nonprofit yang berasal dari Belanda ini telah memberikan dukungan bagi pendidikan masyarakat Indonesia, terutama bagi para mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di salah satu dari kurang lebih 36 perguruan tinggi unggulan yang ada di Indonesia. Selain dari web resminya, kamu juga bisa mengulik informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini di bagian kemahasiswaan kampus kamu.

16. Program Bantuan Biaya Pendidikan BIDIKMISI

Beasiswa Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan buat calon mahasiswa yang nggak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik, baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Untuk informasi yang lebih mendalam, baca pembahasan Youthmanual mengenai beasiswa BIDIKMISI di sini.

17. Beasiswa BBP-PPA

Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristedikti) menyediakan beasiswa bantuan biaya pendidikan peningkatan prestasi akademik (BPP-PPA) bagi mahasiswa yang tengah menjalani kuliah diploma maupun sarjana di perguruan tinggi negeri dan swasta. Beasiswa ini dimaksudkan bisa membantu biaya pendidikan mahasiswa demi kelancaran studi, dan tentunya ditujukan untuk mahasiswa dengan prestasi akademis yang jempolan.

Untuk informasi yang lebih mendalam, baca pembahasan Youthmanual mengenai beasiswa BBP-PPA di sini.

Beasiswa Ikatan Dinas

Di Indonesia, ada beberapa kementrian atau instansi yang menyediakan beasiswa dalam bentuk ikatan dinas. Maksudnya, penerima beasiswa dari kementrian atau instansi tersebut nggak hanya mendapatkan keuntungan berupa pendidikan berkualitas dengan biaya yang ditanggung penuh, tapi juga jaminan pekerjaan pada kementrian atau instansi terkait atau rujukan dari pihak pemberi beasiswa setelah lulus nanti.

Dilansir dari portal resmi Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Panitia Seleksi Siswa Pendidikan Ikatan Dinas, kementrian atau instansi yang menyediakan beasiswa ikatan dinas sampai saat ini antara lain:

18. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

19. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

20. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

stan

21. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

22. Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM) Akamigas Cepu

23. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

24. Beasiswa Ikatan Dinas Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia

25. Beasiswa Ikatan Dinas di Bawah Naungan Kementrian Perhubungan

Meskipun ada delapan instansi resmi, kamu hanya boleh mendaftarkan diri pada satu instansi. Secara umum, alur pendaftaran untuk semua beasiswa di atas memiliki kesamaan. Tapi, masing-masing kementrian atau instansi memiliki syarat dan ketentuan yang spesifik sehingga kamu juga harus menyesuaikan dengan minat dan bakat yang kamu punya.

***

Youthmanual telah mengumpulkan ribuan informasi seputar profesi, program studi, dan kampus unggulan, serta panduan persiapan kuliah yang komprehensif dalam laman Eksplorasi. Eksplorasi ribuan informasi program studi, karier dan profesi, dan kampus selengkapnya di sini.

Baca juga:

(sumber gambar: aias.org, blogspot.com, nwetonsix.com)


LATEST COMMENT
Amaliza Dillivera | 5 jam yang lalu

Kak kalo ikut tes mandiri udah pasti lolos apa engga?

3 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri: SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri
Tisam Ali | 3 hari yang lalu

Iya benar Cornila, mengambil ketiga tesnya dan materinya sama.

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©