Menu

5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Para Pelajar Saat Daftar Kuliah

Saat ini, pelajar Indonesia yang sedang duduk di bangku kelas 12 sedang memasuki masa pendaftaran kuliah melalui UTBK. Yups, seperti yang sudah kamu ketahui, pada pelaksanaan SBMPTN 2019 hanya ada satu metode tes—yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer alias UTBK. Untuk informasi mengenai pendaftaran, pelaksanaan dan hal-hal lain mengenai UTBK, kamu bisa baca di sini.

Ngomong-ngomong, mempersiapkan diri saat memasuki masa pendaftaran kuliah itu perlu dilakukan sejak jauh-jauh hari. Kenapa? Soalnya, persiapan yang matang bisa membantu kamu diterima di kampus impian.

Selain melakukan persiapan mulai dari mencari kampus dan program studi apa yang ingin dituju, kamu juga perlu mengetahui apa saja yang boleh dan nggak boleh dilakukan, lho. Jangan sampai kamu melakukan 5 kesalahan yang biasa dilakukan anak SMA saat daftar kuliah berikut ini.

1. Menunda-nunda

Menjadi deadliner aka  sering menunda-nunda pekerjaan merupakan penyakit yang sering menjangkit anak muda. Sifat ini bisa jadi bumerang bagi diri sendiri, lho.

Misalnya, seperti SNMPTN yang baru berakhir beberapa waktu lalu. Kebanyakan dari kamu pasti berpikir tenggat waktu pendaftarannya masih lama, jadi kamu semakin mengulur waktu untuk mendaftar. Alhasil, menjelang penutupan SNMPTN, servernya jadi down karena banyaknya pelajar yang mendaftar di akhir waktu.

Nah, karena itulah, kamu harusnya sudah mengetahui sedari lama program studi apa yang ingin diambil, kampus mana yang ingin dituju, dan pelajaran apa yang harus kamu pelajari lebih dalam agar bisa lolos saat seleksi masuk kuliah.

Fyi, untuk kamu yang saat ini masih kelas 10 atau 11, mungkin kamu bisa membuat catatan tentang hal apa saja yang ingin kamu lakukan di kuliah dari mulai sekarang, gaes. Supaya bisa membantumu memilih program studi dan kampus yang paling tepat.

2. Kamu nggak tahu apa yang kamu mau

Mendaftar kuliah bisa menjadi hal yang bikin pusing kalau kamu nggak tahu apa yang diinginkan. Apalagi kalau kamu cuma ikut-ikutan sahabat atau pacar atau gebetan kamu. Duh, jangan sampai, deh, gaes! Kenapa?

Soalnya, ketika kamu sudah siap menjadi seorang mahasiswa, artinya kamu sudah siap menjalani kehidupan yang mandiri. Sudah bukan jamannya kamu masih ikut-ikutan sama sahabat, pacar, apalagi  cuma gebetan.

Ingat, gaes, kamu sendiri yang akan menjalani masa-masa kuliah. Sebaiknya kamu sudah mengetahui bidang apa yang ingin digeluti sejak awal serta bisa memutuskan apa yang terbaik untuk hidupmu ke depannya.

3. Terlalu memikirkan pendapat orang lain

Nggak bisa dipungkiri, kalau mau daftar kuliah pasti ada banyak saran dan arahan soal dunia perkuliahan dari orang tua atau anggota keluarga, teman, sampai guru. Mendengarkan pendapat mereka, sebenarnya nggak ada yang salah, sih.

Tapi nggak jarang, beberapa pendapat dari mereka itu cuma mitos belaka. Misal, kalau kamu mau masuk dunia sastra. Pasti orang tuamu akan berkata “lulusan sastra mau kerja apa?”

Padahal, nih, ya, gaes, lulusan program studi Sastra juga punya prospek karier yang cerah. Nggak percaya? Kamu bisa cari tahu mengenai prospek karier berbagai program studi di sini.

Trus, kalau kamu sudah memilih program studi dan kampus yang kamu rasa tepat, baru, deh, kamu konsultasikan pilihan-pilihan kamu dengan mereka. Dan yakinkan kepada mereka bahwa kamu bakal survive dan sukses dengan cara kamu sendiri.

4. Nggak memanfaatkan bantuan di sekolah

Seringkali kakak alumni SMA-mu yang kini telah berada di bangku kuliah akan kembali mengunjungi sekolah untuk memberikan sosialisasi mengenai program studi kuliah dan kampus mereka. Nah, manfaatkanlah kesempatan ini untuk bertanya sedetail mungkin ke kakak-kakak alumni soal seluk beluk perkuliahan.

Atau kalau semisal nggak ada kakak-kakak alumni yang datang ke sekolah, kamu juga bisa bertanya kepada guru BK atau guru pengajar yang kamu percaya—bila masih bimbang terkait program studi yang akan kamu ambil nanti. Yang pasti, kamu nggak sendiri dalam melalui masa-masa ini, kok. Hehehe.

5. Mendaftar ke kampus atau program studi kuliah yang salah

Ini merupakan kesalahan fatal yang masih dilakukan oleh banyak pelajar di luar sana. Kenapa bisa dibilang fatal?

Soalnya kamu akan terjebak di kampus dan program studi yang nggak sesuai dengan minatnya. Dan pada akhirnya, kamu akan memilih untuk pindah program studi.

Meski nggak ada yang salah dari pindah program studi ini. Tapi akan lebih baik kalau kamu sejak awal sudah memilih kampus dan program studi yang tepat dan sesuai dengan minat serta rata-rata nilaimu selama SMA.

***

Itu tadi 5 kesalahan yang sering dilakukan pelajar saat daftar kuliah. Buat kamu yang masih galau berat (padahal sudah tinggal berapa hari lagi masa pendaftaran), atau kamu masih nggak yakin dengan kedua pilihan program studi kuliah atau ragu dengan salah satunya, coba cek ke dirimu sendiri. Cari tahu minat, bakat, beserta rekomendasi program studi yang tepat buat kamu dengan metode terpercaya di sini.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: patch.com)

LATEST COMMENT
Intan Nur Septiani | 7 jam yang lalu

Opem endorse @tane.id

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

doa kok diumbar kentoddd

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

pataatttt

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

doa kok diumbarr

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©