5 Kelebihan Berkuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan

Tahukah kamu? Perguruan Tinggi Kedinasan merupakan perguruan tinggi yang nggak kalah menarik, lho, jika dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Negeri. Peminatnya pun sama-sama banyak dan hal tersebut akhirnya membuat Perguruan Tinggi Kedinasan ini memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi. Contohnya, Politeknik Keuangan Negara atau STAN, peminatnya menembus angka seratus ribu, lho, lebih tepatnya yaitu 147.702 pelamar. Lalu, bagaimana dengan daya tampungnya? PKN STAN hanya memberikan daya tampung sekitar  tujuh ratus kursi, lebih tepatnya yaitu 7.301 kursi saja.

Wah, duh? Terus sisanya gimana, dong? Ya, sisanya yaitu sekitar 140.401 pelamar lainnya harus siap-siap gugur dari tahap seleksi masuk PKN STAN. Nggak cuma PKN STAN aja, ada enam sekolah kedinasan lainnya yang memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi, mau tahu? Baca di 7 Perguruan Tinggi Kedinasan dengan Persaingan Tertinggi di Tahun 2018.

Well, pasti, dalam satu angkatanmu pasti ada saja teman-temanmu yang ingin melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan. Nah, kamu sempat kepikiran, nggak, sih, kenapa banyak sekali orang-orang yang ingin masuk Perguruan Tinggi Kedinasan? Padahal, kan, Perguruan Tinggi Kedinasan terbilang cukup disiplin dan memiliki aturan yang ketat. Biasanya, nih, orang-orang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Kedinasan karena perguruan tinggi tersebut memiliki banyak sekali kelebihan. Ada apa saja, sih, kelebihannya?

1. Biayanya relatif murah bahkan gratis

Yup, karena Perguruan Tinggi Kedinasan merupakan perguruan tinggi yang dinaungi oleh lembaga pemerintah, maka, biaya pendidikannya relatif murah dan bahkan ada yang gratis, lho.

Nggak hanya gratis, biasanya para mahasiswanya akan mendapatkan uang saku. Duh, enak banget, kan? kamu nggak perlu mikirin lagi biaya per semester dan malahan, kamu bisa memenuhi kebutuhan harianmu. Dimana lagi yang bisa seperti ini selain di Perguruan Tinggi Kedinasan? Hehe.

2. Nggak hanya belajar tentang hal-hal akademik saja

Nah, kalau kamu bersekolah di perguruan tinggi swasta atau Perguruan Tinggi Negeri, pastinya, kamu akan belajar hal-hal yang sifatnya lebih akademik. Pelajaran yang bersifat akademik maksudnya ialah pelajaran-pelajaran yang diarakahkan terutama pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengatuan, teknologi dan/atau seni tertentu.

Tapi, kalau kamu berkuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan, kamu nggak hanya belajar tentang hal-hal yang bersifat akademik aja, gaes! Loh? Terus belajar apa lagi, dong, ya? Selain kamu belajar tentang ilmu akademik, kamu pun tentunya belajar untuk mengasah soft skill-mu seperti lebih disiplin, tegas, mandiri dan sebagainya.

3. Prospek kerja lebih terjamin

prospek kerja terjamin

Yap, setelah kamu lulus dari Perguruan Tinggi Kedinasan, ilmu yang kamu dapat, bisa diaplikasikan langsung di dunia kerja. Karena Perguruan Tinggi Kedinasan dinaungi langsung oleh kementerian-kementerian, bisa saja, lho, kamu langsung direkrut untuk bekerja di salah satu divisi kementerian tersebut.

Wah, keren banget, kan, gaes? Setelah kamu lulus kuliah, kamu nggak perlu pusing-pusing lagi untuk memikirkan dimana kamu akan bekerja, masuk ke divisi apa dan sebagainya, karena, dengan berkuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan, prospek kerjamu akan lebih terjamin.

4. Punya teman dari berbagai wilayah

Kamu sudah tahu, kan, kalau peminat Perguruan Tinggi Kedinasan itu banyak banget? Pasti pelamarnya pun nggak hanya dari satu wilayah saja, melainkan dari berbagai wilayah di Indonesia. Meskipun kamu memilih untuk masuk PKN STAN yang berlokasikan di Bintaro, namun sainganmu tetap se-Indonesia, lho! Maka dari itu, kamu harus mulai berlatih untuk seleksi masuk PKN STAN, ya!

Nah, kalau kamu diterima di PKN STAN atau Perguruan Tinggi Kedinasan lainnya, pasti kamu akan memiliki teman dari berbagai penjuru wilayah di Indonesia! Wah, asik banget, kan, gaes? Dengan kamu memiliki teman dari berbagai penjuru wilayah di Indonesia, sama saja seperti kamu memiliki second home di berbagai wilayah di Indonesia ketika kamu sedang ber-travelling, hehe.

5. Memiliki skill yang bisa diterapkan di dunia kerja

skill yang bisa diterapkan di dunia kerja

Yes, indeed! Yang satu ini bener banget, gaes. Karena di Perguruan Tinggi Kedinasan kamu nggak cuma belajar tentang ilmu akademik, kamu pun akan belajar tentang skills dan ilmu-ilmu yang bisa langsung diterapkan di dunia kerja.

***

Wah, ternyata Perguruan Tinggi Kedinasan memiliki banyak kelebihan yang tentunya menguntungkanmu, ya, gaes. Nah, lima kelebihan di atas bisa menjadi bahan untuk pertimbanganmu dalam memilih perguruan tinggi, lho. Jadi, gimana, nih? Apakah kamu berminat untuk berkuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan?

Baca juga:

(Sumber gambar:infokampus.news, santinorice.com, merdeka.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1