10 Bacaan Penting Untuk Anak Kelas 12

Kelas 12 adalah masa krusial dalam hidup, karena di masa itu, kamu harus memilih jurusan kuliah, yang bakal mempengaruhi masa depan kamu. Trus, kalau sudah menentukan pilihan, kamu juga harus berjuang mati-matian supaya diterima kampus dan jurusan idaman tersebut. Berat, sob!

Di sisi lain, masa kelas 12 adalah kesempatan terakhir kamu untuk menikmati momen sebagai anak SMA. Hiks! Kalau kamu anak kelas 12, berikut bacaan-bacaan yang memuat info-info yang penting kalian ketahui. Klik link pada sub-judul untuk membaca artikel lengkapnya, gaes!

1. 10 Universitas Negeri Paling Diminati di Tahun 2015

Daftar perguruan tinggi negeri (PTN) yang paling diminati tahun lalu bisa jadi acuan kamu-kamu yang mengincar masuk PTN tahun ini. Seenggaknya, kamu jadi tahu gambaran peminat dan persaingan di universitas yang kamu tuju.

2. 4 Alasan Kenapa Kamu Patut Mempertimbangkan Kuliah Program Diploma

Kalau kamu lagi nyari-nyari jurusan kuliah yang pas, mungkin kamu bisa mempertimbangkan program Diploma. Memangnya program Diploma bagus, ya? Lulusannya bisa bersaing sama lulusan program Sarjana nggak, nih? Baca dulu, deh, keuntungannya kuliah Diploma di artikel ini!

3. Pro-Kontra Lintas Jurusan: Anak IPA Ngambil Jurusan Kuliah IPS, Adil Nggak, Sih?

meme ipa ips

Di artikel ini, kamu bisa baca jeritan hati anak IPS, komentar anak IPA, serta beberapa fakta lapangan tentang peluang jurusan IPA untuk masuk kuliah jurusan IPS.

4. Serba-Serbi Passing Grade Perguruan Tinggi Negeri

Tahu nggak, sih, kalau angka “passing grade” jurusan itu nggak resmi? Passing grade, tuh, cuma angka perkiraan dan TIDAK dikeluarkan oleh universitas, lho. Bahkan ada PTN  beken yang bikin pengumuman di website-nya, bahwa mereka nggak pernah mengeluarkan info apapun tentang passing grade.

Sebenarnya passing grade, tuh, apa, sih? Kalau nggak resmi, kenapa passing grade seringkali jadi patokan? Apakah selama ini kita tertipu? Oh, nooo…

5. 7 Ide Seru Untuk Foto Buku Tahunan Sekolah

foto buku tahunan

Sudah foto buku tahunan? Kalau belum—dan kamu masih nge-blank mau bikin foto gaya apa—berarti kamu perlu cekidot 7 ide seru foto buku tahunan di sini!

6. 3 Ide Acara Kelulusan Sekolah yang Nggak Kalah Seru Dari Prom Night

Sebentar lagi lulus-lulusan, nih, sob! Biasanya, di akhir tahun ajaran, anak kelas 12 mengadakan pesta kelulusan. Nah, prom night adalah salah satu pesta kelulusan yang umum diadakan, bahkan jadi tradisi untuk banyak sekolah.

Tapi kalau sekolah kamu nggak mau—atau nggak bisa—mengadakan prom night, ada banyak alternatif acara kelulusan yang nggak kalah seru, kok! Tengok ide-idenya di artikel ini.

7. Pro-Kontra Kuliah di Dua Jurusan Secara Bersamaan

Pas lagi hunting jurusan kuliah, mungkin aja kamu tertarik dengan dua jurusan sekaligus dan mau coba menjalani keduanya, seperti para alumni di artikel ini.

Kuliah di dua jurusan bersamaan memang bisa dijalani, sih, tapi tentunya dengan segala konsekuensi, kehebohan, serta keseruannya!

8. 9 Kutipan dan Fakta Paling Berfaedah Untuk Hidup Kamu

kutipan kocak

Namanya juga anak kelas 12, ya. Pastinya kamu harus belajaaaar melulu beberapa bulan terakhir doang ini. Mungkin kamu suntuk? Mungkin kamu lelah? Dijamin, berbagai kutipan dan fakta ini bakal bikin kamu “seger” lagi. Hihihi!

9. Alasan Umum Kenapa Kita Gagal SBMPTN dan Tips Menghadapinya

Artikel yang penting disimak, nih, gaes, supaya kamu terhindar dari kesalahan-kesalahan umum yang bisa bikin kamu gagal SBMPTN. Tiap tahun, kesalahan-kesalahan umum ini sering banget bikin peserta kecele, lho!

10. Biaya Kuliah S1 Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta dan Sekitarnya

youthmanual - biaya kuliah

Kalau kamu berniat kuliah di Jakarta atau sekitarnya, kamu perlu riset, nih, biaya kuliah di berbagai perguruan tingginya. Cek artikel ini untuk info seputar biaya perkuliahan perguruan tinggi swasta top di Jakarta dan sekitarnya.

(sumber gambar: imgzine.com, memegenerator.com, alteregophotography.com, @findear, fusion.net)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1