Menu

Yuk, Kenali Jenis-Jenis Program Relawan Berdasarkan Kegiatannya!

Siapa disini yang berminat banget ikutan program relawan, tapi nggak tahu harus ikutan program yang kayak gimana?

Biasanya, program relawan dilakukan atas dasar misi sosial. Tapi, aslinya ada banyaaak banget jenis-jenis program relawan di muka bumi ini, yang berdasarkan kegiatannya dapat dikelompokkan menjadi lima, yaitu:

Relawan administrasi

Secara klasik, administrasi berarti keperluan yang menyangkut catat-mencatat surat-menyurat. Tapi, kalau di kegiatan relawan, sifatnya lebih ke kegiatan yang lebih formil dan merupakan bagian dari suatu kesatuan unit yang harus dijalankan agar dapat mencapai tujuan. Kegiatan relawan administratif bisa ditemukan di hampir semua organisasi atau lembaga yang menawarkan program relawan, terutama dalam kegiatan yang di balik meja.

Contoh program: hampir semua lembaga dan organisasi membuka lowongan dalam program ini. Jatohnya, sih, lebih seperti program magang yang nggak dibayar!

1

Relawan edukasi

Dari namanya pasti udah ketebak, deh, ya, kalau kegiatan ini banyak melibatkan kegiatan ajar mengajar. Tapi ternyata nggak cuma sekadar menjadi guru atau tenaga pengajar untuk anak-anak di daerah yang membutuhkan, kegiatan relawan edukatif juga meliputi penyuluhan spesifik megenai topik tertentu untuk memberikan pemahaman terhadap isu yang terjadi dalam lingkungan tersebut serta memberikan solusi aplikatif sekaligus membudayakannya kepada mereka.

Contoh program: Greenpeace Indonesia, YAIDS, Indonesia Mengajar

Relawan konservasi

Kepedulian terhadap sekitar nggak harus selalu dalam bentuk bantuan pada sesama manusia aja, kok. Kalau kamu juga turut peduli dengan pelestarian lingkungan seperti binatang dan tumbuhan, kamu bisa banget ikutan program relawan konservasi. Pastinya program konservasi ini menitikberatkan permasalahan titik kepunahan suatu spesies dalam bentuk penangkaran atau eksplorasi lebih jauh untuk meneliti ekosistem tertentu.

Contoh program: WWF, Profauna Indonesia

Relawan humanis

Bisa dibilang kegiatan inilah yang membuat kata relawan terdengar familiar di telinga kamu. Kegiatan relawan ini meliputi aksi kemanusiaan yang lebih mendalam seperti penyelamatan pengungsi dan rumah sakit, masyarakat daerah rawan dan terpencil, anak-anak kurang beruntung, korban bencana alam, epidemi penyakit menular, sampai penjaga perdamaian. Kamu yang berminat untuk mengikuti program ini pastinya harus memiliki skill, keyakinan dan komitmen yang ekstra.

Contoh program: PMI, United Nation Volunteer

2

Relawan acara

Kegiatan relawan satu ini bersifat jauh lebih fleksibel dan seasonal karena hanya diadakan dalam waktu-waktu tertentu oleh suatu pihak, dan tentunya bersifat lebih profesional karena menyangkut program kerja dari suatu lembaga atau organisasi korporat yang lebih besar. Tapi, bukan berarti tanggung jawab yang didapatkan nggak kalah berat, ya!

Contoh program: Volunteer konferensi seperti yang diselenggarakan TedX dan Tech in Asia, atau volunteer festival lokal seperti Pesta Rakyat atau Pekan Raya Jakarta.

***

Biar makin afdol, jangan lupa pilih program dengan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang kamu punya, ya.

Selamat menentukan pilihan!

(sumber gambar: shutterstock.com, workingabroad.com, 

LATEST COMMENT
Intan Nur Septiani | 7 jam yang lalu

Opem endorse @tane.id

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

doa kok diumbar kentoddd

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

pataatttt

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

doa kok diumbarr

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©