Menu

Ingin Jadi Ketua OSIS Kece? Ini 8 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Agar Kepilih

Saat sekolah, rasanya nggak ada posisi organisasi yang lebih membanggakan dibanding ketua OSIS. Betul nggak, gaes? Hehehe.

Iya wajar sih, ketua OSIS merupakan ujung tombak penghubung antara murid dan guru. Selain harus punya mental baja, ketua OSIS juga dituntut untuk punya tanggung jawab yang lumayan berat terhadap kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah.

That's why, yang dipilih jadi ketua OSIS pun nggak bisa sembarangan orang. Calon ketua OSIS biasanya harus menjalani serangkaian tes dan uji kampanye di depan seluruh warga sekolah.

Nah, menjadi ketua OSIS emang bukan hal yang mudah, lho, gaes. Tapi kalo kamu udah berambisi untuk mencalonkan diri jadi ketua OSIS di tahun depan, pastikan persiapanmu matang. Hal-hal berikut ini (selain visi, misi dan program kerja) juga nggak kalah penting kamu perhatikan buat memperbesar kemungkinanmu menang nantinya, lho.

1. Cari alasan kenapa kamu harus jadi ketua OSIS

leadership

Tanyakan pada dirimu sendiri kenapa kamu harus maju sebagai ketua OSIS? Jawaban dari pertanyaan itu bakal mengarahkanmu membuat visi dan misi, yaitu rencana ke depan yang akan dilakukan ketika terpilih sebagai ketua OSIS nanti.

Pastikan alasan yang kamu miliki itu untuk kepentingan OSIS, jangan karena ambisi pribadimu sendiri, ya, gaes.

2. Memperluas jaringan pertemanan

perluas pertemanan

Kamu harus menjaring sebanyak mungkin suara agar para siswa lain memilihmu sebagai ketua OSIS. Gimana caranya?

Caranya adalah masuki semua lini pergaulan yang ada. Tampung setiap aspirasi yang mereka inginkan. Jadilah kandidat ketua OSIS yang supel terhadap semua orang. Gampang, ‘kan?

3. Munculkan slogan yang mudah diingat

membuat slogan

Setiap kandidat ketua OSIS pasti punya brand yang harus dijual. Brand itulah yang terwujud dalam bentuk slogan kampanye, gaes. Pastikan bahwa slogan tersebut mudah diingat dan merepresentasikan visi dan misi yang kamu usung.

Contohnya bisa seperti “Make SMA X Great Again! Choose Kandidat X!”, “Kandidat X adalah Kita”, “Bersama Kita Memajukan Sekolah” dan masih banyak yang lainnya.

4. Menjadi diri sendiri

be yourself

Meski kamu harus menjadi orang yang paling diinginkan masyarakat sekolah agar terpilih sebagai ketua OSIS, tapi menjadi dirimu sendiri itu juga sangat penting, lho. Jangan karena ingin maju sebagai ketua OSIS, kamu yang tadinya periang di hadapan semua orang jadi terlihat serius.

Mengubah citra jadi baik itu penting, tapi berpura-pura jadi orang lain itu nggak baik sama sekali, gaes.

5. Siapkan pidato kampanye yang ciamik

pidato

Saat pemilihan ketua OSIS, setiap kandidat (setidaknya sekali) akan menyampaikan pidato di hadapan masyarakat sekolah. Untuk menghadapi hal ini, kamu harus menyiapkan teks dari jauh-jauh hari dan berlatih terus menerus biar lancar jaya.

6. Pelajari Skill Public Speaking

public speaking

Waktu mempersiapkan catatan pidato kampanye sih, semuanya terasa fine-fine aja. Tapi begitu berdiri di hadapan seluruh masyarakat sekolah, kamu tiba-tiba nervous dan nggak ngerti mau ngomong apa. Wah, nggak asik banget kan? Bisa-bisa kampanye-mu gatot aka gagal total cuma gara-gara kamu gugup dan nggak bisa menyampaikan program-programmu dengan baik.

Makanya, selain mempelajari segala hal seputar calon jabatanmu, kamu juga harus belajar public speaking. Seenggaknya, coba belajar cara mengatur pernafasan, intonasi, sampai cara ngomong yang jelas dan nggak membosankan.

Percaya deh, setelah pemilihan ketua OSIS selesai pun, skill-skill itu tadi bakal terus kamu butuhkan sampai kapanpun.

7. Bikin Program yang Asyik

ekskul kece

Udah jadi hukum alam, kalo anak muda cenderung suka semua hal yang seru dan fun. Maka, mengemas program positif dengan cara yang menarik dan asyik sangat dibutuhkan.

Misalnya merencanakan eskul baru yang lagi populer di kalangan anak muda atau bikin acara-acara kreatif yang masih jarang ada di sekolah lain. Hal-hal kayak gini bakal gampang banget diterima oleh masyarakat sekolah.

Tapi ingat ya, gaes, program-program-mu harus positif dan bermanfaat.

8. Tujukkan Prestasi Buat Memotivasi, Bukan Buat Pamer

prestasi

Sebagai calon ketua OSIS, tentunya kamu harus bisa jadi contoh yang baik buat semua temanmu. Misalnya dengan menunjukkan track record prestasi yang membanggakan.

Nggak ada salahnya menunjukkan beberapa prestasi yang pernah kamu capai. Asalkan, kamu menyampaikannya dengan niat untuk memotivasi teman-temanmu. Kalo kamu menyampaikannya sambil pamer sih, teman-teman-mu juga bakal malas dan malah jadi ilfeel sama kamu kalii.

***

Nah, gitu deh kira-kira tipsnya, gaes. Buat kamu yang lagi bersiap ikut seleksi calon ketua OSIS tahun 2019, semangat ya!

 

Baca juga: 

(Sumber gambar: youtube.com, iifon.org, superradio.id, francobritishchamber.com, dictio.id, steemit.com, digest.bps.org.uk, prageru.com, warnaluna.com, selfknowledgesite.wordpress.com)

LATEST COMMENT
Ahmad Faidoli Siregar | 6 jam yang lalu

Apa bisa modal jago gambar kita masuk jurusan arsitektur?

5 yang harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Arsitektur
Cindy Tan | 9 jam yang lalu

Semoga lolos dan keterima SBMPTN ke UI 2019

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Hawwa 'Ainaa | 11 jam yang lalu

Saya sma jurusan ipa, apakah bisa masuk fsrd lewat jalur snmptn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau bertanya. Boleh nggak mengambil 1 prodi saja di 2 PTN berbeda?

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau tanya. Boleh nggak mengbila 1 prodi pada 2 PTN yang berbeda? Sekian terima kasih!

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©