Hal-Hal yang Perlu Kamu Lakukan di Tahun Terakhir Supaya Masa Sekolah Kamu Lebih Berarti

Apa aja, sih, hal-hal penting yang harus kamu lakukan supaya tahun terakhir kamu di sekolah bisa dimaksimalkan dengan baik?

1. Terlibat berbagai kegiatan sekolah

Setelah tiga tahun—atau mungkin enam tahun kalau SMP kamu juga berada di sekolah yang sama—kamu pasti udah tahu dong kegiatan apa aja yang menarik perhatian kamu. Nah, tahun ini coba untuk nggak cuma jadi penonton aja, tapi juga ikut menjadi panitia atau peserta.

Misalnya, coba ajukan diri untuk ikut kegiatan bakti sosial bareng anak-anak OSIS meskipun kamu bukan anggota OSIS.

Memberikan kontribusi ke sekolah meskipun itu adalah hal kecil, bikin kamu punya sesuatu untuk dikenang dan dibanggakan.

2. Luangkan waktu bersama teman-teman kamu

Banyak yang bilang kalau udah kelas 12, kamu dan teman-teman bakal sibuk masing-masing mengurus urusan pribadi. Ada yang sibuk serah terima jabatan di organisasi, ada yang sibuk try out masuk universitas favorit, atau ada yang panik mempersiapkan ujian akhir.

Meskipun begitu, kebersamaan bareng teman-teman di kelas 12 tetap harus dijaga, gaes. Kalau kamu nggak punya waktu buat sering nongkrong bareng, maka buat satu waktu dengan durasi yang lebih lama dan diisi dengan kegilaan yang lebih seru.

Misalnya, coba buat video cerita dengan tema yang unik bersama geng atau malah teman sekelas. Makan di tempat favorit kalian bersama-sama dan jangan lewatkan kesempatan untuk saling bertukar mimpi. Suatu hari, kalian pasti terharu kalau memutar video ini.

3. Bangun hubungan baik dengan guru

Mungkin deket-deket guru adalah hal paling bikin males yang harus kamu lakukan di sekolah. Tapi percaya, deh, ini bermanfaat banget! Kedekatan kamu dengan guru bakal bikin kamu selalu diingat oleh beliau. Akhirnya, guru tersebut jadi nggak ragu untuk ngasih kamu nilai bagus. Tentunya kamu juga harus tetap rajin menyelesaikan tugas-tugas, ya.

Saat kuliah nanti, kamu bakal merasakan betapa bermanfaatnya membangun hubungan yang baik dengan dosen. Makanya, latihan dari sekarang sama guru-guru di sekolah, sob!

Kamu nggak perlu memaksakan dekat-dekat sama guru yang nggak kamu suka. Paling nggak, coba dekati guru favorit kamu, trus minta saran soal masa depan yang mungkin bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa bilang terima kasih dengan tulus di setiap sesi ngobrol, supaya guru tersebut tetap semangat membantu kamu sampai kelulusan nanti.

4. Jujur sama pasangan kamu

Kalau kamu udah punya cinta monyet di sekolah, maka kelas 12 adalah masa yang tepat buat ngobrolin soal perasaan kamu. Bilang bahwa kamu mau fokus untuk mempersiapkan diri masuk universitas unggulan dan kamu mau kalian berdua saling membantu mewujudkan mimpi itu.

Jangan sampai mepetnya waktu kelulusan malah bikin hubungan kalian jadi penuh drama, penuh rasa cemburu, menghabiskan terlalu banyak waktu dan akhirnya malah bikin nggak fokus. Nikmati kebersamaan dengan saling support, atau putus aja sekalian kalau ternyata pasangan kamu bukan orang yang mau diajak maju dan berkembang ke arah positif.

Menurut saya, masa depan kamu masih panjang, lho. Kehilangan pasangan di usia ini bukan hal besar.

5. Jangan kasih kendor

Belajar tetap nomor satu, gaes. Meskipun banyak kegiatan yang ikuti dan ngumpul sama teman tetap jalan, nilai-nilai di kelas HARUS tetap kamu jaga.

Nggak usahlah sibuk ngurusin adik kelas yang banyak tingkah. Ingat, zaman sekarang udah nggak musim gencet-gencetan. Mendingan gunakan waktu kamu buat hunting beasiswa kuliah atau mencari tahu tentang passing grades universitas incaran kamu.

***

(sumber gambar: wattpad.com, instagram.com/masasma)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 9 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 19 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1